752 Sarjana dan Ahli Madya UNIKA Ruteng Diwisuda, Rektor: Songsonglah Masa Depan dengan Model 'Twin-Transformation' dan Kolaborasi Global

redaksi - Sabtu, 11 November 2023 12:04
752 Sarjana dan Ahli Madya UNIKA Ruteng Diwisuda, Rektor: Songsonglah Masa Depan dengan Model 'Twin-Transformation' dan Kolaborasi GlobalWisuda 752 lulusan Unika St Paulus, Ruteng, Aula Assumpta Paroki Katedral Ruteng, Sabtu (11/11). (sumber: SP/Jivansi)

RUTENG (Floresku.com) -  Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng menggelar wisuda pada Sabtu, 11 November 2023.  Momen penuh kebanggaan itu dilaksanakan untuk mengukuhkan 752 lulusan yang meraih gelar sarjana dan ahli madya.

Kegiatan yang berlangsung meriah dan khidmat di Aula Assumpta Paroki Katedral Ruteng itu dihadiri oleh ribuan peserta dan undangan yang terdiri dari para wisudawan, orangtua, dan undangan lainnya.

Rektor Unika Santu Paulus Ruteng, Dr. Maksimus Regus, S.Fil., M.Si  (Foto:SP/Jivansi)

Sidang Senat Luar Biasa Wisuda Sarjana yang mengusung tema “Menjadi Sarjana dan Ahli Madya Abad 21” itu dipimpin oleh Ketua Senat Unika Santu Paulus Ruteng, Dr. Sebastianus Menggo, M.Pd.

 Sementara pengukuhan para wisudawan dilakukan oleh Rektor Unika Santu Paulus Ruteng, Dr. Maksimus Regus, S.Fil., M.Si dan Wakil Rektor 1, Dr. Marselus Ruben Payong, M.Pd.

Twin Transformation

Dalam sambutannya di acara wisuda, Rektor UNIKA Santu Paulus Ruteng, Dr. Maksimus Regus, S.Fil., M.Si. membuka pintu wawasan baru bagi para lulusan dengan menekankan nilai-nilai transformasi, kolaborasi, dan karakter sebagai fondasi utama dalam membentuk generasi penerus yang tangguh dan beretika.

"Pertama, di Unika Santu Paulus Ruteng, kami percaya pada 'kekuatan pendidikan' untuk mengubah kehidupan, komunitas, dan masyarakat," ungkap Rektor Maksimus Regus. 

"Model 'twin-transformation' yang kami gagas melibatkan inisiasi perubahan kecil dalam tata kelola, bersamaan dengan mendobrak mitos 'perguruan tinggi sebagai menara gading intelektual.' Kami memandang perguruan tinggi sebagai agen pembaharuan masyarakat melalui kegiatan penelitian dan pengabdian," imbuhnya. 

Dalam dimensi kedua, Rektor menggarisbawahi upaya kampus untuk menyediakan ekosistem yang merangsang pemikiran kritis, kreativitas, dan pengembangan individu yang utuh. 

"Para lulusan, Anda telah memanfaatkan sepenuhnya semangat transformatif ini. Rasa haus akan pengetahuan dan kesediaan untuk beradaptasi telah mengubah Anda menjadi individu berprestasi seperti sekarang ini," ujar Rektor Maks dengan bangga.

Kolaborasi

Kemudian, Rektor melanjutkan dengan menyoroti kolaborasi sebagai pilar utama visi kampus Unika St Paulus. 

Dalam dunia yang semakin terhubung, kemampuan untuk bekerja sama diakui sebagai kunci sukses. 

"Kami telah memupuk semangat kolaboratif di kalangan mahasiswa, dosen, dan staf. Melalui proyek kelompok, studi interdisipliner, dan kegiatan ekstrakurikuler, kami mengajarkan pentingnya kerja tim, empati, dan pertukaran ide," jelasnya.

Rektor Regus menegaskan upaya kampus untuk merangkul konsep Kolaborasi Pentahelix dengan pemerintah, masyarakat, dunia usaha/industri, komunitas, dan media. "Inilah strategi-strategi terobosan dalam mempercepat transformasi kampus kami," tambahnya, merujuk pada tambahan program studi baru belakangan ini.

Terakhir, karakter menjadi kunci ketiga visi kampus UNIKA Santu Paulus Ruteng. "Karakter adalah inti dari siapa kami di tengah kehidupan. Kami menanamkan nilai-nilai integritas, etika, dan tanggung jawab sosial pada mahasiswa dan civitas akademika kami," jelas Rektor. 

"Pendidikan di sini tidak hanya membekali Anda dengan pengetahuan tetapi juga membina karakter Anda, membentuk Anda menjadi warga global yang bertanggung jawab," pungkasnya. (SP/Jivansi).

RELATED NEWS