Air Terjun Tengku Siwa, Lukisan Sang Khalik yang Tersembunyi di Hutan Sambor, Reok Barat, Manggarai

redaksi - Jumat, 18 Agustus 2023 19:14
Air Terjun Tengku Siwa, Lukisan Sang Khalik yang Tersembunyi di Hutan Sambor, Reok Barat, ManggaraiAir Terjun Tengku Siwa di Sambor, Desa Nggalak, Kecamatan Reok Barat. (sumber: Istimewa)

TURENG, REOK BARAT (Floresku.com) - Tengku Siwa, nama yang masih ‘asing’ di telinga banyak warga Flobamora.  Itu adalah nama sebuah destinasi wisata alam yang sangat mempesona di Sambor, Desa Nggalak, Kecamatan Reok Barat, Kabupaten Manggarai. 

‘Tengku’ dalam bahasa lokal  berarti jurang. Sedangkan ‘Siwa’  merupakan nama leluhur komunitas adat Sambor, Desa Nggalak, Reok Barat.   

Air terjun ini sudah dikenal akrab oleh warga Desa Nggalak sejak dahulu kala,  tetapi tidak banyak dikenal oleh warga di luar Kecamatan Reok Barat. 

Lokasi Air Terjun Tengku Siwa (Sumber: Google.com/Maps).

Itu lantaran lokasinya yang ‘tersembunyi’ di tengah hutan dan diaerah pebukitan yang cukup tinggi.

Untuk mencapai lokasi air terjun,  pengunjung melewati kampung Tureng. Dari Tureng, pengunjung dapat berkendaraan 2,4 km lagi ke titik dekat air terju. 

Selanjutnya memrlukan waktu sekitar 30 menit untuk menyusuri jalan setapak menuju lokasi air terjun. 

Sembari menelusuri  jalan setapak itu pengunjung dapat menikmati hiburan dari aneka ragam suara kicauan burung. 

Air Terjun Tengku Siwa

Lagi pula hawa di sepanjang jalan ke sana  sangat sejuk karena menebos hutan yang lebat yang ditumbuhi pohon- pohon besar. 

Setelah berhasil mencapai lokasi air terjun, dijamin  pengunjung akan terpesona, berdecak kagum dan betah. 

Aliran air di Tengku Siwa jatuh dari ketinggian  lebih dari 70 meter.  Air yang jatuh itu tampak seperti bentangan kain sutera bewrana putih cerah. 

Tidak sampai di situ saja. Putihnya buih air terjun Tengku Siwa tampak sangat eksotis  karena dipadu dengan latar belakang tebing batu berlumut tebal berwarna hijau muda.

Sungguh, Air Terjun Tengku Siwa ibarat ‘lukisan ilahi’ yang menggugah hati setiap pengunjung untuk melantunkan doa dan puji syukur kepada Sang Pencipta.

Oleh karena itu, bila Anda berkesempatan mengunjungi Desa Nggala di Reok Barat, sempatkan diri datang ke Air Terjun Tengku Siwa. (*)

RELATED NEWS