Bacaan-Bacaan Liturgis pada Misa, Selasa, 22 Oktober 2024

redaksi - Selasa, 22 Oktober 2024 07:10
Bacaan-Bacaan Liturgis pada Misa, Selasa, 22 Oktober 2024Para wanita bijaksana, selalu siap menantikan kedatangan 'pengantin' (sumber: Katolikku.com)

Selasa 22 Oktober 2024
Selasa dalam minggu ke-29 dalam Masa Biasa
Hari RayaSanto Yohanes Paulus II, Paus

Bacaan Pertama
Efesus 2:12-22

Jangan lupa bahwa kamu tidak memiliki Kristus dan dikucilkan dari keanggotaan Israel, orang-orang asing yang tidak mendapat bagian dalam perjanjian dengan Janji mereka; kamu terbenam di dunia ini, tanpa harapan dan tanpa Allah.

Tetapi sekarang di dalam Kristus Yesus, kamu yang dahulu jauh dari kita, telah dipertemukan kembali, oleh darah Kristus.

Karena Dialah damai sejahtera di antara kita, dan yang telah mempersatukan keduanya dan yang telah merubuhkan tembok pemisah, yang dahulu memisahkan mereka, dengan merubuhkan dalam diri-Nya sendiri perseteruan yang disebabkan oleh peraturan-peraturan dan ketetapan-ketetapan Hukum Taurat.

Dengan demikian, Ia menciptakan satu Manusia Baru di dalam diri-Nya dari keduanya dan dengan memulihkan perdamaian melalui salib, untuk mempersatukan keduanya dalam satu Tubuh dan mendamaikan mereka dengan Allah:

dalam diri-Nya sendiri Ia telah mematikan perseteruan itu. Kemudian Ia datang untuk membawa kabar baik tentang damai, damai bagi kamu yang jauh dan damai bagi mereka yang dekat. Melalui Dia, kita berdua memiliki jalan menuju Bapa dalam satu Roh.

Jadi kamu bukan lagi orang asing atau pendatang, melainkan warga negara seperti semua orang kudus, dan anggota-anggota keluarga Allah.

Kamu adalah bagian dari suatu bangunan yang memiliki para rasul dan para nabi sebagai fondasinya, dan Kristus Yesus sendiri sebagai batu penjurunya.

Karena setiap bangunan dibangun di atas-Nya, semuanya tumbuh menjadi satu bait suci yang kudus di dalam Tuhan; dan kamu juga, di dalam Dia, dibangun menjadi rumah tempat Allah tinggal, di dalam Roh.

Mazmur Tanggapan

Mazmur 84(85):9‐14

Tuhan berbicara tentang damai bagi umat-Nya.

Aku akan mendengar apa yang dikatakan Tuhan Allah,

suara yang berbicara tentang damai.

Pertolongan-Nya dekat bagi mereka yang takut akan Dia

dan kemuliaan-Nya akan diam di negeri kita.

Tuhan berbicara tentang damai bagi umat-Nya.

Kasih karunia dan kesetiaan telah bertemu;

keadilan dan damai telah berpelukan.

Kesetiaan akan tumbuh dari bumi
dan keadilan akan terlihat dari surga.

Tuhan berbicara tentang kedamaian bagi umat-Nya.
Tuhan akan membuat kita makmur
dan bumi kita akan menghasilkan buahnya.

Keadilan akan berjalan di hadapan-Nya
dan kedamaian akan mengikuti langkah-langkah-Nya.
Tuhan berbicara tentang kedamaian bagi umat-Nya.

InjilLukas 12:35‐38

Yesus berkata kepada murid-murid-Nya:

‘Pastikanlah kamu berpakaian rapi dan menyalakan pelitamu. Hendaklah kamu seperti orang-orang yang menanti-nantikan tuannya pulang dari pesta pernikahan, dan bersiap untuk membuka pintu segera setelah ia datang dan mengetuk.

Berbahagialah hamba-hamba yang didapati tuannya dalam keadaan terjaga ketika ia datang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ia akan mengenakan celemek, lalu mendudukkan mereka di meja dan melayani mereka.

Mungkin pada giliran jaga kedua ia datang, atau pada giliran jaga ketiga, tetapi berbahagialah hamba-hamba itu, jika ia mendapati mereka siap sedia.’***

Editor: redaksi

RELATED NEWS