Badan Pengurus Aliansi Wartawan Sikka Periode 2023-2025 Dikukuhkan

redaksi - Kamis, 02 Mei 2024 09:59
Badan Pengurus Aliansi Wartawan Sikka Periode 2023-2025 DikukuhkanBadan Pengurus, dan Anggota AWAS berfoto bersama sejumlah pejabat penting Kabupaten Sikka, Selasa (30/4). (sumber: Mardat)

MAUMERE (Floresku.com) -  Badan Pengurus Aliansi Wartawan Sikka (AWAS) untuk periode 2023-2025 resmi dikukuhkan pada Selasa 30 April 2024 lalu. Acara pengukuhan mengusung  tema "Pers Profesional, Sikka Bangkit".

Acara yang menjadi tonggak bersejarah pers di Kabupaten Sikka itu dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan dan tokoh penting Kabupaten Sikka, di antaranya Pelaksana Tugas (Pj) Bupati Sikka, Adrianus Firminus Parera, S.E, M.Si, Kapolres Sikka, AKBP Hardi Dinata H, S.I.K.,M.M, Danlanal Maumere Kolonel Laut (P) Ady Dharmawan S.I.P., P.S.C, serta Kepala Kejaksaan Negeri Sikka, Fatoni Hatam, S.H.,S.H.

Selain itu, hadir pula  PJU Polres Sikka, jajaran Forkopimda Kabupaten Sikka, pimpinan BUMN dan instansi pemerintah, perwakilan TNI AURI dan BIN Kabupaten Sikka, serta perwakilan dari berbagai media lokal dan nasional.

Acara ini tidak hanya sekadar seremonial, namun juga menjadi momen penting untuk meneguhkan komitmen AWAS dalam menjalankan tugasnya sebagai bagian dari pers yang profesional dan bertanggung jawab.

Melalui pengukuhan ini, AWAS menyatakan tekadnya untuk tetap berpegang teguh pada prinsip-prinsip kerja jurnalistik yang menjunjung tinggi kebenaran, keadilan, dan kepentingan masyarakat.

Susunan acara pengukuhan mencakup pembacaan keputusan rapat anggota mengangkat tim pembina AWAS, pembacaan sumpah dan janji profesi, serta penandatanganan berita acara pengukuhan pengurus AWAS periode 2023-2025.

Acara ditutup dengan doa perutusan oleh rohaniwan Katholik dan Muslim, sebagai bentuk harapan bersama untuk kesuksesan AWAS dalam menjalankan tugasnya.

Terbuka Dalam Bermitra

Penjabat Bupati Sikka, Adrianus Firminus Parera, SE., M.Si. (Alvin Parera), dalam sambutannya menekankan pentingnya komunikasi sebagai kunci dalam membangun kemitraan.

“Kemitraan adalah hubungan kerjasama untuk mencapai tujuan, bukan relasi antara atasan dan bawahan. Kunci supaya kemitraan berjalan dengan baik, dimulai dengan komunikasi. yang terbuka,” ungkapnya.

Kepada pengurus AWAS, Alvin berpesan agar senantiasa menjaga kekompakan dalam menjalankan roda organisasi untuk memberi warna dalam membangun Kabupaten Sikka.

Sementara itu, Vicky da Gomez dalam sambutannya memberi apresiasi atas kesiapan pengurus menyukseskan kegiatan tersebut. Ia berharap, pengurus tetap menjaga marwah organisasi AWAS.

Selain program penguatan di internal organisasi, Vicky berharap agar pengurus AWAS juga membuat program yang bersifat sosial kemasyarakatan sebagai bentuk aktualisasi AWAS di tengah masyarakat.

Vicky juga sempat menyentil soal sekretariat AWAS. Dimana sebelumnya, AWAS pernah diberikan sekretariat oleh Pemkab Sikka di salah satu unit bangunan di Pusat Jajanan dan Cinderamata (PJC) , namun diambil kembali. Ia berharap, hal itu menjadi perhatian di masa pemerintahan Alvin Parera selaku Penjabat Bupati Sikka saat ini.

Diketahui sejak  berdirinya pada 14 Februari 2014, keanggotaan AWAS terus bertambah. Hingga saat ini, jumlah anggota AWAS sebanyak 32 orang yang mewakili 28 perusahaan media. (Mardat). ***

 

RELATED NEWS