BAKTI Kominfo Gandeng Dekranasda Matim dan Bank NTT Gelar Seminar Digitalisasi bagi Pelaku UMKM

redaksi - Senin, 25 Juli 2022 22:12
BAKTI Kominfo Gandeng Dekranasda Matim dan Bank NTT Gelar Seminar Digitalisasi bagi Pelaku UMKMSuasana seminar 'Digitalisasi Negeri: Spesial Provinsi NTT 2022,' di Aula Koperasi Kredit Abdi Mangarai Timur (Kopdit AMT), Kelurahan Satar Peot, Kecamatan Borong. Senin, 25 Juli 2022. (sumber: Filmon Hasrin)

BORONG (Floresku.com)-Pelaku UMKM Manggarai Timur (Matim) hadiri seminar 'Digitalisasi Negeri: Spesial Provinsi NTT 2022,' di Aula Koperasi Kredit Abdi Manggarai Timur (Kopdit AMT), Kelurahan Satar Peot, Kecamatan Borong. Senin, 25 Juli 2022.

Kegiatan tersebut diselenggarakan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI Kominfo) yang menggandeng Dewan Kerajian Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Matim dan Bank NTT.

Ketua Dekranasda Kabupaten Manggarai Timur, Ny Theresia Wisang Agas mengatakan peningkatan sumber daya manusia menuju UMKM  'go digital' sangat penting, apalagi untuk pelaku UMKM. 

Digitalisasi sebetulnya memudahkan pekerjaan manusia khususnya pelaku UMKM dalam proses pemasaran.

"Komunikasi yang cepat dan mudah. Biaya marketing lebih murah dan efektif. Popularitas dan reputasi bisnis, kemudian pasar yang luas," jelasnya.

Seagian dari peserta seminar 'Digitalisasi Negeri: Spesial Provinsi NTT 2022,' di Aula Koperasi Kredit Abdi Mangarai Timur (Kopdit AMT), Kelurahan Satar Peot, Kecamatan Borong. Senin, 25 Juli 2022.

Namun menurut dia, jualan online melalui instagram misalnya, terkadang membuat konsumen tertipu.  

Oleh karena itu, ia meminta pelaku UMKM untuk memanfaatkan media digital dengan baik agar bisnisnya juga bisa berkembang dengan baik pula.

Lebih lanjut Theresia mengatakan dampak positif media sosial dapat meningkatkan kreativitas, link karabel bertambah, dan percaya diri.

Ia juga berpesan kepada pelaku UMKM supaya  mesi menyaring segala informasi terlebih dahulu, baru  di-share

"Untuk UMKM, saring sebelum sharing dan melepaskan produk," pungkasnya.

Salah satu pelaku UMKM, Rensi (Kripik Ma Ren) mengatakan kegiatan ini membantu para pelaku UMKM dalam memasarkan produk melalu media digital. 

"Karena di era digitalisasi dewasa ini, peran media sosial sangat efektif dalam menjangkau pasar," ungkapnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara kegiatan hari ini, apalagi pelaku UMKM Manggarai Timur telah resmi memiliki akun instagram.

Ia berharap agar pelaku UMKM bisa memasarkan produknya masing-masing melalui akun Instagram Komunitas UMKM Manggarai Timur dan akun pribadi. 

Selain itu, ia juga meminta pemerintah sebagai jembatan saat event-event ekspo.

"Semoga pemerintah menjembatani pelaku UMKM Matim dalam event-event ekspo, baik di tingkat nasional maupun daerah," ungkapnya. (Filmon Hasrin). ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS