Berdasarkan Kain Kafan Turin, Seniman Brasil Berhasil 'Melukis' Wajah Perawan Maria Seperti Ini

redaksi - Sabtu, 03 Februari 2024 13:55
Berdasarkan Kain Kafan Turin, Seniman Brasil Berhasil 'Melukis' Wajah Perawan Maria Seperti IniWajah Peraan Maria, dewasa (sumber: www.churchpop.com/katolikku.com)

BRASIL (Floresku.com) -Wajah cantik jelita Perawan Maria, Bunda Tuhan Kita Yesus Kristus yang digambarkan secara tradisional ternyata tak jauh berbeda dengan wajah hasil ‘rekayasa’ teknologi kecerdasan buatan (AI). 

Beberapa gambar wajah Perawan Maria yang ditampilkan di sini adalah  hasil karya seniman sekaligus guru asal Brazil yang terinspirasi dari Kain Kafan Suci.

Átila Soares da Costa Filho memiliki gelar dalam Desain Industri - Komunikasi Visual dari Universitas Katolik Kepausan Rio de Janeiro.

Ia juga memperoleh gelar pascasarjana dalam bidang Sejarah Seni, Filsafat, Sosiologi, Sejarah, Gereja Abad Pertengahan, Antropologi, Arkeologi dan Warisan.

Ia dikenal karena ketertarikannya pada tema keagamaan dan karya Leonardo Da Vinci.

Merekonstruksi Wajah Maria

"Nyonya Kain Kafan: Mencari Maria Sejati" adalah sebuah penelitian yang dilakukan oleh sang profesor untuk menciptakan kembali seperti apa wajah Bunda Yesus, yang terinspirasi oleh ciri-ciri wajah Manusia di Kain Kafan.

Versi hiper-realistis wajah Perawan Maria saat remaja (Kiri) dan Perawan Maria di usia 33 tahun (Kanan). (Gambar:Átila Soares/www.churchpop.com)

Profesor tersebut menekankan bahwa “eksperimen yang saya usulkan ini merupakan sebuah spekulasi, dengan mempertimbangkan legitimasi hipotetis Kain Kafan Suci sebagai peninggalan Kristiani, serta legitimasi Katekismus dan Teologi Roma.

“Penting juga untuk digarisbawahi bahwa Gereja tidak pernah secara resmi menyatakan Kain Kafan Suci sebagai keilahian, karena menganggapnya hanya sebagai bagian yang sangat penting karena mempromosikan manifestasi iman yang mendalam di antara para pengikutnya.”

Untuk sampai pada gambar akhir, Átila menjelaskan bahwa titik awalnya adalah "wajah pria di Kain Kafan, yang diperoleh pada tahun 2010 oleh desainer grafis Amerika pemenang Emmy, Ray Downing dan Studio Macbeth miliknya.

“Yang terakhir, dengan teknologi forensik tercanggih, menghasilkan perkiraan paling kredibel tentang seperti apa wajah orang tersebut ketika dia masih hidup.”

Dengan bantuan teknologi kecerdasan buatan, ia kemudian menciptakan "versi wanita", yang menampilkan "penyesuaian wajah dan beberapa perbaikan artistik manual yang saya lakukan – untuk lebih mendefinisikan wajah feminin dan etnik secara antropologis – hasilnya adalah seorang wanita berusia sekitar 30 tahun. "

Perawan Maria pada usia lima tahun (Kiri) dan Perawn Maria pada usia sekitar 11 tahun (kanan) (Gambar:Átila Soares/www.churchpop.com)

"Saya juga memutuskan untuk menghadiahkan Maria dengan riasan, karena beberapa pahlawan wanita terhebat dalam Alkitab dikenal memberikan perhatian khusus pada penampilan cantik mereka," sang artis menjelaskan.

“Lebih jauh lagi, kita tidak boleh mengabaikan fakta bahwa wanita di Timur Tengah secara historis menggunakan riasan – termasuk lipstik merah – untuk mencegah kekeringan pada kulit dan bibir. Hal ini bahkan dilakukan di Mesir Kuno – tempat Maria tinggal selama beberapa tahun. Tentu saja, dia bisa saja mengadopsi kebiasaan itu."

Átila Soaresa juga membuat rekonstruksi tambahan terhadap Maria pada usia yang berbeda:Maria pada usia lima tahun, Maria pada usia sekitar 11 tahun, dan 
Versi hiper-realistis Maria saat remaja, serta Versi hiper-realistis Maria saat dewasa.

Menurut sudut pandang ini, versi lain dari wajah Maria dapat diperoleh melalui piksel, byte, algoritma, lebih banyak matematika, beberapa pertimbangan antropomorfik, dan sentuhan artistik akhir.

“Ketika teknologi menakjubkan di abad ke-21 membahas tema-tema dan isu-isu kontroversial seperti iman dan hal-hal yang tidak terlihat, kita memahami mengapa Iman dan Sains tidak boleh dipisahkan.” (Sumber: www.katolikku.com) ***

RELATED NEWS