Bupati Sikka Beri Apresiasi kepada TNI Atas Program Rehab RTLH di Kabupaten Sikka

redaksi - Rabu, 03 Mei 2023 11:40
Bupati Sikka Beri Apresiasi kepada TNI Atas Program Rehab RTLH di Kabupaten SikkaBupati Sikka Robi Idong dan Dandim 1603/Sikka sedang membuka rumah hasil Program Rehab RTLH. (sumber: Mardat)

MAUMERE (Floresku.com) - Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo S.Sos.M.si mengapresiasi dan berterima kasih kepada TNI atas Program Rehab Rumah Tidak Layak Huni ( RTLH )RTLH Pangdam IX/Udayana.

Menurut Bupati Roberto Diogo warga masyarakat Kabupaten Sikka  antusias dan merasa dekat dengan TNI karena TNI sudah menyatu dengan rakyat. 

“Ini menjadi  sesuatu yang patut kita syukuri,” ujar bupati yang akrab disapa Robi Idong itu pada acara penyerahan rumah hasil Program Rehab RTLH di Koting, Selasa, 2 Mei 2023. 

 Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo S.Sos.M.si (Robi Idong). (Foto: Mardat)

Menurut Bupati Robi Idong, di Kabupaten Sikka masih banyak warga kurang mampu atau miskin. 

"Selaku kepala daerah saya sangat senang sekali karena TNI ikut berpartisipasi dalam merehap RTLH dengan anggaran yang terbatas dengan mengandalkan kekuatan dan kebersamaan dengan rakyat kemudian masalah ini bisa teratasi", ucap Robi Idong.

Keberadaan TNI sangat membatu sekali warga, “Terima kasih Panglima TNI, Pangdam IX/Udayana, Dandim 1603/Sikka, Koramil serta anggota Kodim 1603/Sikka.,” katanya lagi

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo dalam rapat koordinasi nasional berkaitan dengan percepatan atau pemberantasan kemiskinan, Pemerintah Daerah Sikka tidak sanggup untuk bekerja sendiri.

Jadi perlu adanya peran operatur negara termaksut TNI-POLRI dengan segalah kemampuan dan keterbatasan tetapi tetap kuat.

Maka pemerinta perlu kerja sama dengan TNI-POLRI agar bisa mempercepat dalam mempercepat memberantas kemiskinan ekstrim secara bersama-sama bisa dilakukan.

Dandim 1603/Sikka Letkol Czi Setiawan Nur Prakoso Utomo S.I.P. (Foto: Mardat).

Pada kesempatan itu Bupai robi Idong menyerahkan secara langsung kunci rumah kepada warga yang rumahnya masuk dalam Program Rehab Rumah Tidak Layak Huni ( RTLH ) RTLH Pangdam IX/Udayana.

Penyerahan kunci rumah itu, ditandai dengan pemotongan pita oleh Bupati Sikka yang turut disaksikan oleh Dandim 1603/Sikka Letkol Czi Setiawan Nur Prakoso Utomo S.I.P., Kapolres Sikka AKBP Filipe Dias Quintas S.I.K., Kajari Sikka Fatoni Hatam S.H.M.H., Danlanal Maumere di wakili Pasi Ops Lanal Maumere Kapten Laut (P) Fajar., Kasdim 1603/Sikka Kapten Inf Ida Bagus Wiriyawan., Para Perwira Staf Kodim 1603/Sikka., Para Danramil 1603/Sikka., Kapolsek Nelle Iptu Ansari., Camat Koting Yohanes Begeir S. Fil., Anggota Babinsa Desa Koting B Serda Orianus.,  anggota Babinkamtibmas Desa Koting B Aipda Sonny., PJ Desa Koting B Bpk Eki Edo Moko SE., Masyarakat Desa Koting B serta tokoh masyarakat.

Peresmian dan penyerahan kunci rehab RTLH program Pangdam IX/Udayana yang bertajuk Praja Raksaka Peduli Rakyat di wilayah Kodim 1603/Sikka ini, dilaksanakan di desa koting B Kecamatan Koting, Selasa 2 mei 2023.

Dalam sambutannya, Dandim 1603/Sikka Letkol Czi Setiawan Nur Prakoso Utomo S.I.P.    mengatakan program rehab RTLH adalah  program Pangdam IX/Udayana yang mana dengan anggaran yang tidak terlalu banyak serta dibantu oleh csr-csr bukan dari dana APBN.

Program rehab RTLH diserahkan ke kodim-kodim yang ada di Wilayah Nusa Tenggara timur, Nusa Tenggara Barat dan Bali.

"Bukan saja anggota kami yang kerja, tapi warga dan juga bahu-membahu sampai bisa selesai,” ungkap Dandim Nur Setiawan.

Di Sikka di targetkan empat  rumah yakni 2 rumah permanen dan 2 rumah semi permanen di empat lokasi yang berbeda di Kabupaten Sikka.

"Karena program ini dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat", tutur Dandim.

Sementara itu, keluarga penerima manfaat di Desa Koting B, Kecamatan Koting,  Hendrikus mengucapkan limpah terima kasih kepada  Dandim 1603/Sikka beserta anggotanya yang telah merehab rumahnya.

"Terima kasih banyak, sudah bangun rumah baru kami ," kata Hendrikus

Ia melanjutkan, hanyalah doa yang bisa ia panjatkan.

“Kiranya Tuhan memberkati segala karya dan pengabdian Pak Dandim dan semua anggotanya,” ujarnya. (Mardat) ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS