Camat Alok Serahkan Piagam Penghargaan dan Uang Pembinaan kepada Para Juara Lomba Kelurahan dan Desa Tingkat Kecamatan

redaksi - Senin, 09 Januari 2023 19:50
Camat Alok  Serahkan Piagam Penghargaan dan Uang Pembinaan kepada Para Juara Lomba Kelurahan dan Desa Tingkat Kecamatan Acara penyerahaan Piagam Penghargaan dan Uang Pembinan kepada para juara Lomba Kelurahan dan Desa tingkat Kecamatan Alok, Senin, 9 Januari 2023. (sumber: Mardat)

MAUMERE (Floresku.com) - Camat Alok, Rudolf M. Cherubim Newar, M.Tr.I.P yang biasa disapa Cherry Newar menyerahkan Piagam Penghargaan dan Uang Pembinaan  kepada para juara ‘Lomba Kelurahan dan Desa tingkat Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka Tahun 2022.’

Acara penyerahan Piagam Penghargaan dan uang Pembinaan tersebut berlangsung di Aula Kantor Camat Alok, Senin, 09 Januari 2023.

Camat Alok Cherry Newar  dalam sambutan mengatakan, “Kegiatan ini merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015, dalam pasal 4, butir ke 2 yaitu; perlombaan Kelurahan dan Desa.”

Acara penyerahaan Piagam Penghargaan dan Uang Pembinan kepada para juara Lomba Kelurahan dan Desa tingkat Kecamatan Alok, Senin, 9 Januari 2023.  (Foto: Mardat)

Oleh karenanya dia berpesan, bagi Kelurahan yang berada di urutan teratas, jangan lantas berbangga, dan bagi Kelurahan yang berada diurutan 2 dan seterusnya, jangan merasa kalah.

“Kita jangan jadikan perlombaan ini sekedar rutinitas semata. Setelah dapat hadiah, selesai dan habis. Tapi harus dijadikan evaluasi berkelanjutan dalam tugas demi meningkatkan kualitas penyelenggaran pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pemberdayaan masyarakat dan pelayanan kepada masyarakat demi mewujudkan terpenuhinya hak-hak masyarakat menuju Sikka Bahagia Tahun 2023”, tegasnya.

Cherry Newar mengakui bahwa dirinya memang baru 5 bulan menjalankan tugas sebagai Camat Alok, sehingga ia hanya dapat memantau  perencanaan dan pelaksanaan pembangunan 2022 pada penghujung tahun.

Acara penyerahaan Piagam Penghargaan dan Uang Pembinan kepada para juara Lomba Kelurahan dan Desa tingkat Kecamatan Alok, Senin, 9 Januari 2023.  (Foto: Mardat)

“Oleh karenanya, pada tahun 2023 ini, saya meminta dukungan dari semua kita, agar dapat menjadi tim yang kuat. Mari kita menjaga kekompakan. Hindari setiap gesekan yang dapat menghambat program kerja yang telah kita rancang bersama hingga dipenghujung tahun ini”, ajak Cherry Newar.

Untuk diketahui, terdapat ddua metode penilaian yang tetapkan oleh Tim Penilai Lomba Kelurahan dan Desa se-Kecamatan Alok, Tahun 2022.

Kedua metode peneilaian yang dimaksud adalah wawancara terstruktur dan kuisioner tertulis yang meliputi  8 aspek penilaian kelengkapan dan akurasi data administrasi, yaitu:1). Data Penduduk berdasarkan Tingkat Pendidikan, 2). Data Kesehatan Masyarakat, 3). Data Ekonomi Masyarakat, 4). Data Keamanan dan ketertiban, 5). Data Partisipasi Masyarakat, 6). Data Administrasi Pemerintahan, 7). Data Lembaga Kemasyarakatan,  dan, 8). Pemberdayaan Masyarakat.

Acara penyerahaan Piagam Penghargaan dan Uang Pembinan kepada  juara Lomba Kelurahan dan Desa tingkat Kecamatan Alok, Senin, 9 Januari 2023.  (Foto: Mardat)

Berdasarkan kriteria di atas dan hasil keputusan Tim Penilai Lomba, ditetapkan urutan juara sebagai berikut"

  1. Kelurahan Kabor berada di peringkat pertama dengan mengantongi nilai 32,5 dengan mendapatkan uang pembinaan Rp. 5 juta,
  2. Kelurahan Kota Uneng diperingkat kedua dengan nilai 30, mendapatkan uang pembinaan Rp 3 juta;
  3. Kelurahan Nangalimang diperingkat ketiga dengan perolehan nilai 28 mendapatkan uang tunai Rp, 2 juta; dan
  4. Kelurahan Madawat diperingkat keempat dengan nilai 27,5 mendapatkan uang tunai Rp1 juta.

Camat Cherry Newar  mengatakan penghargaan ini adalah bentuk apresiasi dari Camat Alok untuk meningkatkan kinerja para lurah bersama perangkatnya, di awal tahun 2023 ini.

“Mari kita ciptakan persaingan positif dalam hal kinerja pelayanan publik kepada masyarakat, meningkatkan partisipasi masyarakat untuk mendukung kerja pemerintah, menggali semua potensi yang ada di wilayah kelurahan/desa kita masing-masing untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat, kedepannya kita tetap melakukan penilaian dengan indikator yg berbeda lagi,' tegasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut di antaranya para ASN perangkat Kelurahan Kabor, Kota Uneng, Nangalimang dan Kelurahan Madawat, Tim Penilaian Lomba dan tamu undangan lainnya. (Mardat). ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS