Dandim 1603 dan Kapolres Pantau Pelaksanaan Pilkades Serentak di 17 Desa di Kabupaten Sikka

redaksi - Rabu, 20 Juli 2022 11:31
Dandim 1603 dan Kapolres Pantau Pelaksanaan Pilkades Serentak di 17 Desa di Kabupaten SikkaDandim 1603 dan Kapolres sedang memantau pelaksanaan Pilkades Serentak di 17 Desa di Kabupaten Sikka, Selasa, 19 juli 2022. (sumber: Mardat)

MAUMERE (Floresku.com) -Komandan Kodim (Dandim)  1603 Sikka Letko Inf Muhammad Jafar bersama Kapolres Sikka AKBP Nelson Filipe Diaz Quintas memantau langsung pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 17 Desa di Kabupaten Sikka, Selasa, 19 Juli 2022.

Dandim 1603 Sikka  Letkol Inf Muhammad Jafar mengatakan peninjauan Pilkades tersebut dalah salah satu tugas yang diembanoleh TNI AD melalui Kodim 1603 Sikka.

“Oleh karena itu kami harus memantau TPS-TPS Pilkades secara bersama. Agar terciptanya rasa aman dan nyaman di kalangan masyarakat. Kali ini kami bekerjasama dengan Polri dan Instansi terkait,” jelas Dandim.

“Ada sekitar 17  Tempat Pemilihan Suara (TPS) yang di kunjungi langsung  oleh Dandim 1603 Sikka di antaranya TPS Aibura, Langir, Rereroja dan beberapa yang lain. Berkat kerjasama masyarakat beserta tokoh  masyarakat setempat yang bekerjasama dengan TNI dan Polri Kesemua TPS tersebut menjadi kondusif dan aman,” kata Dandim.

Lebih lanjut Ia mengatakan kunjungannya ke beberapa tempat pemungutan suara (TPS) baik sebelum dan setelah pencoblosan untuk memantau proses pesta demokrasi tingkat desa itu serta memberi semangat bagi anggota yang sedang bertugas.

Kedatangan Dandim 1603 Sikka dan Kapolres Sikka juga disambut hangat oleh warga pemilih, calon kepala desa (Cakades) dan panitia pelaksana Pilkades.

Kapolres Sikka kepada media ini mengatakan saat mengunjungi TPS, ada aura positif tampak pada setiap Cakades dan  pada warga pemilih yang hadir.

“Pilkades saat ini adalah pesta rakyat, yang mana saat ini warga saya lihat banyak hadir membuktikan sukacitanya berperan untuk memilih,” ujar Kaplolres Sikka.

"Antusiasme warga mengikuti pemilihan ini, untuk menentukan pemimpin cukup tinggi dan mereka semua sudah paham tentang pesta demokrasi itu. Tidak ada riak-riak, semua berjalan lancar," katanya lagi.

Dia menyampaikan siapa pun nantiterpilik sebagai  kepala desa, itu merupakan kepala desa pilihan masyarakat dan yang kalah harus terima dengan lapang dada serta harus menyingkirkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Pantauan media ini, sebelum beranjak meninggalkan lokasi untuk laksanakan monitoring ke TPS lainnya, Dandim 1603 Sikka dan Kapolres Sikka menyempatkan diri berbaur dan bincang-bincang dengan warga.

Dandim 1603 Sikka dan Kapolres Sikka juga menghimbau warga masyarakat  untuk menjaga ketertiban dan keamanan. 

"Mari kita sama-sama menjaga desa kita karena siapa lagi yang akan menjaga kalau bukan kita semua," ucapa mereka.  (Mardat). ***

RELATED NEWS