Dua Siswi SMPK VIFI lolos KSN 2021 Ke Jenjang Nasional

redaksi - Kamis, 21 Oktober 2021 13:55
Dua Siswi SMPK VIFI lolos KSN 2021 Ke Jenjang NasionalMaria Korsini Fausta Du'a Djereng (kiri) dan Engelberta Puspa Seroja (kanan), siswi SMPK VIFI yang berhasil ke jenjang nasional dalam KSN 2021. (sumber: WhatsApp/FH)

MAUMERE (Floresku.com)- Engelberta Puspa Saroja dan Maria Korsini Fausta Du'a Djereng dari SMPK Virgo Fidelis (VIFI) Maumere lolos ke jenjang nasional dalam ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2021. 

KSN adalah sebuah kompetisi bergengsi yang diselanggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek) Republik Indonesia.

KSN 2021 tingkat SMP mengusung tema "Aku Hebat, Aku Sehat, Indonesiaku Kuat." KSN merupakan kegiatan kompetitif berskala nasional yang diselenggarakan di setiap sekolah di seluruh Indonesia dan menjadi salah satu wadah strategis untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran Matematika, IPA, dan IPS di setiap jenjang pendidikan.

Baca juga:Lestarikan Budaya Tenun Songke, Dekranasda Mabar Gelar Pelatihan Kecakapan Wirausaha

KSN membantu peserta didik untuk menjadi lebih kreatif dan inovatif. Selain itu, melalui kegiatan KSN, setiap peserta didik dibekali dengan kemampuan berpikir logis, sistematis, analitis, kritis, dan kreatif.

Sebelumnya, Engelberta Puspa Saroja dan Maria Korsini Fausta Du'a Djereng bersama beberapa teman lainnya dari SMPK VIFI berkompetisi puluha siswa dari sekolah lainnnya dalam ajang KSN tingkat Kabupaten Sikka. 

Waktu itu SMPK VIFI berhasil mencetak empat (4) peserta didik yang akhirnya melangkah ke jenjang provinsi.

Baca juga:SENDAL SERIBU, Rabu, 20 Oktober 2021: 8S: SETIA, SIAP SIAGA SELALU SETIAP SAAT SAMPAI SELAMANYA!

Empat (4) peserta didik tersebut adalah Edelbertha Ameliana (Kelas IX B), meraih Peringkat 2 Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Engelberta Puspa Saroja (Kelas VIII D), meraih Peringkat 2 bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Maria Korsini Fausta Du'a Djereng (Kelas VIII D), meraih Peringkat 3 bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Veronika Chelseana Resi (Kelas VIII A), meraih Peringkat 4 bidang Matematika.

Sekolah yang berada di bawah asuhan para Suster SSpS Provinsi Flores Bagian Timur ini terus menunjukkan wajah prestasinya hari demi hari. Usaha dan perjuangan tak pernah berhenti. 

Baca juga: Terkait Kondisi Cuaca Saat Ini, BMKG Mabar Sampaikan Peringatan Dini

Setelah berhasil ke jenjang provinsi, dua (2) dari empat (4) peserta didik SMPK Virgo Fidelis Maumere akhirnya lolos ke jenjang nasional mewakili Provinsi NTT untuk bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Dua (2) peserta didik tersebut adalah Engelberta Puspa Saroja dan Maria Korsini Fausta Du'a Djereng.

Kepala sekolah SMPK Virgo Fidelis Maumere, Sr. Emilia, Maria Tatiana Erti, SSpS mengaku bangga dengan prestasi akademik yang diraih oleh kedua peserta didik. Beliau memberikan ucapan selamat dan apreasiasi.

"Proficiat anakku berdua. Kalian luar biasa," ungkap Emilia dalam komentarnya di WA grup SMPK Virgo Fidelis, Rabu (20/10/2021).

Baca juga : Cegah Covid-19, Polsek Satarmese Laksanakan Vaksinasi Tahap I di Dua Kecamatan

Prestasi yang diraih oleh sekolah tentunya melalui usaha, ketekunan belajar dan bimbingan para pendidik. Wensenlaus Wio Wodon, S.Pd, Maria Yuminsia Londa, S.Pd, dan Angga Fransiskus, S.Pd selaku guru pembimbing dan pengasuh mata pelajaran IPA, mengaku bangga dan bahagia atas prestasi yang diraih oleh peserta didik.
"Kami merasa sangat bangga atas prestasi ini. Kiranya perjuangan dan ketekunan belajar tidak semakin surut, tetapi terus ditingkatkan. Potensi anak-anak harus diolah, harus dikembangkan terus," demikian kata Wens Wodon.

Sementara itu, Fausta Djereng, salah satu peserta didik kelas VIII D, mengaku senang dan bangga atas prestasi yang diraihnya.

"Saya merasa senang sekali karena bisa lolos ke jenjang nasional. Ini semua tidak terlepas dari usaha untuk belajar dengan giat dan bimbingan dari bapa dan ibu guru,"ungkap Fausta. *** (fh)

Editor: Redaksi

RELATED NEWS