Dubes Ukraina untuk Jepang: Hancurkan Waduk, Rusia Langgar Hukum Internasional

redaksi - Rabu, 14 Juni 2023 18:48
Dubes Ukraina untuk Jepang: Hancurkan Waduk, Rusia Langgar Hukum InternasionalRumah-rumah terendam di Kherson pada 7 Juni setelah bendungan Nova Kakhovka jebol. © Reuters. (sumber: Reuters)

TOKYO (Floresku.com)-- Penghancuran bendungan di Ukraina adalah tindakan Rusia dan "dilarang oleh konvensi internasional," kata Sergiy Korsunsky, Duta Besar Ukraina untuk Jepang.

"Sangat jelas bahwa [itu] dilakukan oleh Rusia," kata Sergiy Korsunsky kepada Nikkei pada hari Selasa (13/6). 

Dia menunjuk intelijen yang diterima oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy Oktober lalu yang mengindikasikan bahwa Rusia telah menanam bahan peledak di bendungan itu.

Sedikitnya 600 kilometer persegi wilayah Kherson di Ukraina terendam banjir setelah jebolnya bendungan Nova Kakhovka pada 6 Juni, kata gubernur wilayah itu pekan lalu.

Sergiy Korsunsky, Duta Besar Ukraina untuk Jepang (Sumber:asia.nikkei.com).

Ditanya apakah dia menganggapnya sebagai kejahatan perang, Korsunsky berkata, "tentu saja," menambahkan: "Ini sebenarnya seperti Anda menciptakan tsunami buatan di sungai."

Korsunsky juga mengutuk pasukan Rusia karena diduga menembaki warga sipil yang berusaha mengevakuasi daerah banjir.

"Ini genosida," katanya. Duta Besar Ukraina untuk Jepang Sergiy Korsunsky mengatakan tentara Ukraina bergerak "maju" dengan serangan balasannya. (Foto oleh Yutaka Miyaguchi)

Korsunsky mengatakan klaim Rusia bahwa jebolnya bendungan adalah hasil sabotase Ukraina adalah "omong kosong belaka".

"Jika Anda mendengarkan mereka, kami bunuh diri... kami membunuh anak-anak kami sendiri, menghancurkan kota, rumah sakit, sekolah kami sendiri. Mengapa kami meledakkan bendungan jika itu adalah kerugian besar bagi orang, ekonomi?" kata Korsunsky.

Zelenskyy telah mengkonfirmasi bahwa pasukan Ukraina telah melancarkan serangan balasan yang telah lama ditunggu-tunggu untuk merebut kembali wilayah yang diduduki Rusia.

"Kami membebaskan, jika saya tidak salah, sudah sekitar sembilan desa kecil," kata Korsunsky, sambil mengakui bahwa situasinya "sangat rumit".

Pasukan Rusia telah menyiapkan garis parit dan ranjau darat yang dibentengi untuk mengantisipasi serangan Ukraina. 

Meski sulit untuk ditembus, Korsunsky mengatakan militer Ukraina "bergerak maju" menggunakan tank, kendaraan lapis baja, dan peluncur roket yang disediakan oleh Barat.

"Kami memang mengalami kerugian, sayangnya, dalam peralatan dan personel dan itulah sebabnya kami mencoba untuk bergerak dengan sangat hati-hati," katanya.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida pada hari Jumat menjanjikan bantuan kemanusiaan sebesar $5 juta untuk Ukraina setelah runtuhnya bendungan tersebut. "Kami sangat berterima kasih," kata Korsunsky.

"Kami membutuhkan perumahan sementara untuk orang-orang, atau kami membutuhkan teknologi pembersih air... untuk ratusan ribu orang," katanya. 

"Sangat sedikit negara yang melakukan hal yang sama," katanya tentang janji Jepang.

Ada rencana untuk mengadakan konferensi tentang rekonstruksi Ukraina di Jepang awal tahun depan.

"Kami berharap Jepang memainkan peran pemimpin utama" dalam rekonstruksi Ukraina mengingat pengalamannya membangun kembali setelah Perang Dunia II dan bencana alam besar, katanya.

Jepang telah menerima lebih dari 2.000 pengungsi dari Ukraina. Sekitar 400 adalah mahasiswa yang belajar di universitas Jepang, dan banyak lainnya bekerja di hotel, penginapan bergaya Jepang, lapangan golf, dan restoran saat negara dibuka kembali untuk pariwisata.

"Saya tidak pernah mendengar satu keluhan pun" dari penduduk Ukraina mana pun di Jepang, kata Korsunsky. (Sil/asia.nikkei.com). ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS