Forum Anak Kecamatan Ruteng, Manggarai Resmi Dikukuhkan

redaksi - Minggu, 07 April 2024 16:04
Forum Anak Kecamatan Ruteng, Manggarai Resmi DikukuhkanPengukuhan Forum Anak Kecamatan Ruteng, Jumat (05/4). (sumber: Jivansi)

RUTENG (Floresku.com) - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  (DPPPA) Kabupaten Manggarai menfasilitasi pembentukan atau pengukuhan Forum Anak (FA) di Kecamatan Ruteng.

Pengukukan FA Kecamatan Ruteng Periode 2024-2-25 dilakukan  Camat Ruteng, Jumat 05 April 2024.

Pengukuhan ini merupakan hasil  kerja sama antara DPPPA, Wahana Visi Indonesia Area Program Manggarai dan Camat  Ruteng. 

Pengukuhan ini juga merupakan muara dari kegiatan penguatan kapasitas, pemilihan 
kepengurusan dan penyusunan program kerja FA yang telah dilaksanakan pada tanggal  2 sampai dengan 3 Maret 2024 di Pusat Spiritualitas Efata Santo Aloysius Ruteng.

Kepala DPPPA, Maria Yasinta Aso dalam sambutannya menyampaikan, FA mempunyai fungsi sebagai wadah partisipasi anak yang menampung aspirasi, suara,  pendapat, keinginan dan kebutuhan anak tentang pemenuhan hak anak serta  perlindungan khusus anak dalam proses pembangunan.

“Fungsi ini erat kaitannya  dengan kegiatan peningkatan kapasitas anak di bidang penanaman nilai-nilai luhur budaya bangsa, nasionalisme, patriotisme serta pengembangan karakter bangsa yang  disampaikan dalam suasana bermain, partisipatif dan rekreatif," ujarnya.

 Kadis DPPPA itupun berharap agar Forum Anak harus bisa menjadi corong suara 
bagi kawan-kawan di Kecamatan Ruteng untuk menyampaikan aspirasi yang akan 
menjadi salah satu pertimbangan dalam perumusan kebijakan di Kabupaten Manggarai  umumnya dan Kecamatan Ruteng Khususnya. 

"Forum Anak diharapkan dapat  mendorong pribadi dan sesama anak sebagai pelopor dan pelapor. Sebagai Pelopor,  anak bisa menginisiasi kegiatan-kegiatan yang positif di kalangan usia sebayanya. Dan sebagai pelapor, anak juga didorong untuk berani melaporkan atau berani berbicara (speak up) mengenai apapun termasuk kekerasan yang terjadi pada dirinya, lingkungan  keluarga, sekolah dan masyarakat", cetusnya.

Sementara itu, Camat Ruteng Hendrikus Hironimus Sukaria dalam pembicaraannya menegaskan,  Forum Anak merupakan utusan dari seluruh anak di Kecamatan Ruteng sehingga harus berani  bersuara dan melaksanakan tugas yang diemban sebagai Forum Anak, termasuk peran sebagai  pelopor dan pelapor di bidang lingkungan.

“Masalah sampah merupakan masalah yang erat kaitannya dengan kebiasaan/budaya  manusia. Forum Anak hendaknya menjadi pelopor untuk memutus kebiasaan masyarakat , khususnya anak. Forum Anak mengubah kebiasaan ini, dimulai dari diri Forum Anak itu sendiri dengan memberikan contoh dan menjadi model bagi anak-anak di kecamatan Ruteng, baik hari ini  maupun juga  kedepannya," pungkas Hendrikus.

Diketahui, Forum Anak yang dikukuhkan berjumlah 25 oragng siswa-siswi yang merupakan  utusan dari 12 sekolah SMPN dan SMAN serta SMAS se-kecamatan Ruteng. (Jivansi). ***

Editor: redaksi
Bagikan

RELATED NEWS