Jumlah Penumpang di Pelabuhan Lorens Say Maumere pada Musim Lebaran 2024 Naik 26 Persen

redaksi - Selasa, 14 Mei 2024 05:53
Jumlah Penumpang di Pelabuhan Lorens Say Maumere pada Musim Lebaran 2024 Naik 26 PersenManajer PT Pelindo (Persero) saat konferensi pers, Senin (13/5). (sumber: Mardat)

MAUMERE (Floresku.com) - PT Pelindo (Persero) Maumere mencatat jumlah penumpang dalam arus mudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah atau 2024 Masehi melalui  Pelabuhan Lorens Say Maumere mengalami lonjakan.

Jumlah  penumpang pada musim Lebaran Tahun 2024 mencapai 14.386 orang atau naik sekitar 26 persen  dari realisasi arus mudik lebaran di tahun 2023 yang tercatat sebanyak 11.382 orang.

Meningkatnya jumlah arus penumpang lebaran tahun ini dipengaruhi oleh adanya libur panjang lebaran dan cuti bersama secara ekonomis harga tiket kapal laut juga mudah dijangkau oleh masyarakat luas seperti yang ditetapkan oleh pemerintah sehingga penumpang kapal lebih cepat melaksanakan mudik sejak h-14 lebaran.

General Manager PT Pelindo (Persero) Maumere Erry Ardiyanto Kepada media ini menjelaskan “Demi mendukung kelancaran arus mudik lebaran PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3 Maumere telah menyiapkan beberapa fasilitas salah satunya Ruang tunggu, hiburan Televisi dan MCK yang ada didalam terminal demi kenyamanan bagi para calon penumpang.”

Lebih lanjut Erry menjelaskan bahwa pelayanan Lebaran diDukung penuh oleh instansi yang berada di Pelabuhan Lorens Say Maumere diantaranya Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Lorens Say Maumere, TNI/Polri, Basarnas, Kesehatan Pelabuhan dan beberapa instansi Lainnya.

Erry berharap agar para calon penumpang dapat memanfaatkan atau menggunakan fasilitas yang ada pada terminal penumpang dengan rasa nyaman sesuai Tema Mudik kali ini yaitu Mudik Ceria Penuh Makna.

Penjabat Bupati Sikka, Adrianus Firminus Parera juga sempat meninjauan Posko Pengamanan dan Pelayanan di Pelabuhan Lorens Say.

Bersama Forkopimda Kabupaten Sikka PJ Bupati memantau langsung arus kendaraan mudik lebaran Idul Fitri demi memastikan keamanan dan pelayanan kesehatan bagi para pemudik lebaran tahun 2024 di Kabupaten Sikka melalui jalur laut.

Ia memberikan semangat kepada petugas jaga untuk senantiasa memberikan pelayanan terbaik kepada pemudik. Sehingga para pemudik bisa melaksanakan perjalanan dengan aman dan nyaman.

Pj Bupati Sikka menuturkan bahwa pihaknya bersyukur arus mudik dan balik Lebaran tahun ini berjalan aman, tertib, dan lancar. Pj Bupati juga selalu melakukan pemantauan melalui posko pemantau pelabuhan, baik secara langsung maupun secara online melalui CCTV atau kamera pengawas yang ada di posko

“Tidak hanya memantau langsung kami juga memberikan apresiasi kepada tim yang tergabung di Posko Angkutan Lebaran 2024,  yang selalu siaga dan senantiasa melakukan pemantauan setiap saat baik untuk arus mudik maupun arus balik dan Ia memberikan semangat kepada petugas untuk senantiasa memberikan pelayanan terbaik kepada pemudik. Sehingga para pemudik bisa melaksanakan perjalanan dengan aman dan nyaman terima Kasih Pelindo Maumere beserta Jajaran,” pungkas Alfin Parera. (Mardat)***

Editor: redaksi

RELATED NEWS