Hadiri Acara Pancawindu, Ratusan Alumni St. Klaus-Kuwu Diterima Secara Adat Manggarai

redaksi - Kamis, 28 September 2023 19:22
Hadiri Acara Pancawindu, Ratusan Alumni St. Klaus-Kuwu Diterima Secara Adat ManggaraiUpacara penyambutan para alumni Lembaga Pendidikan St Klaus, Kuwu, Kamis (28/9). (sumber: Jivansi)

KUWU (Floresku.com) - Kamis, 28 September 2023. Waktu menunjukkan pukul 09.30 Wita, ratusan alumni lintas angkatan Lembaga Pendidikan Sekolah Menengah Swasta, SMP-SMA St. Klaus-Kuwu terlihat sudah memenuhi pelataran parkir. 

Rupanya, para alumni lembaga pendidikan yang berdiri tahun 1983 itu  ingin menghadiri dan mengikuti rangkaian acara perayaan puncak pesta Pancawindu  yang dilangsungkan pada Jumat, 29 September 2023.

Terlihat, para alumni yang datang dari pelbagai tempat dan bahkan negara  tersebut diterima secara adat Manggarai, berupa 'tuak curu' dan juga pengalungan. 

Tak hanya itu, usai ritus penyambutan tersebut, para alumni kemudian diarahkan menuju aula SMP St. Klaus-Kuwu, tempat dilangsungkannya acara temu alumni.

Tarsi Janggal, koordinator alumni lembaga pendidikan semi seminari yang kini berusia 40 tahun mengungkapkan, para alumni yang hadir tersebut datang dari pelbagai daerah. 

Mereka, kata Tarsi, rela meluangkan waktu dan tenaganya hingga melakukan perjalanan jauh guna menghadiri pesta pancawindu tersebut dan juga bernostalgia bersama dengan teman-teman angkatannya.

"Yang bisa hadir ini mungkin sekitar 300-an. Namun, yang tidak sempat hadir itu ada lebih banyak sekali. Jadi yang berkesempatan hadir ini, ada yang dari Eropa, Bali, Jakarta, Labuan Bajo, dan banyak tempatnya. Meski tidak semuanya hadir karena ada kesibukan yang tidak bisa ditunda namun mereka tetap memantau jalannya rangkaian kegiatan yang disiarkan melalui live streaming yang sudah disiapkan panitia sejak awal," ujarnya.

Dikatakan Tarsi, selama ini, para alumni sudah banyak terlibat dalam sejumlah kegiatan yang diadakan. Sehingga, lanjutnya, meskipun ada yang tidak hadir saat ini, tetapi mereka juga tetap mengambil bagian secara aktif dalam menyukseskan seluruh agenda.

"Nah, itulah yang menandakan bagaimana kebersamaan dan ikatan kita sampai saat ini terawat dan terjalin dengan baik," cetus Tarsi.

Sementara itu, Ketua Yayasan Ernesto, RD Fidelis Den kepada awak media mengungkapkan, selamat datang dan terima kasih kepada para alumni yang sudah terlibat dalam seluruh rangkaian persiapan menyukseskan pesta pancawindu.

"Saya tentunya mengapresiasi sekali untuk antusias dan partisiasi para alumni. Dan saya rasa bahwa almarhum Pater Wasser juga sangat senang melihat kehadiran dan kebersamaan para alumni dalam seluruh rangkaian acara Pesta Pancawindu ini," ungkapnya.

Dikatakannya, sejumlah agenda dalam rangka memeriahkan perayaan puncak pesta Pancawindu sebetulnya sudah berjalan selama ini, mulai dari gelaran pameran yang diisi dengan pentas seni  hingga acara penerimaan alumni yang dilangsung hari ini.

"Lalu kegiatan puncaknya itu adalah misa pancawindu yang digelar esok, tanggal 29 September 2023 yang sedianya kalau dirayakan seturut hari peringatan Bruder Claus itu tanggal 25 September. Namun karena ada satu-dua alasan lainnya, maka perayaannya kita gelar esok tanggal 29 September 2023," ujar RD Fidelis.

Untuk diketahui, misa syukur puncak pancawindu akan dilaksanakan pada Jumat, tanggal 29 September, bertempat di lapangan sepak bola SMP St. Klaus-Kuwu. 

Diketahui, pada misa puncak ini akan dilaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) antara Yayasan Ernesto dan Yayasan Bakti Alumni (YABAPA) sebagai tonggak awal dibangunnya kerjasama antara almamater dan para alumni untuk menjaga, merawat dan meningkatkan mutu pendidikan di SMP/SMA St. Klaus-Kuwu. (Jivansi). ***

RELATED NEWS