Himpun Dana untuk Biayai Kegiatan Rohani, OMK Paroki Hokeng Olah Kelapa Jadi Kopra

redaksi - Minggu, 16 April 2023 07:46
Himpun Dana untuk Biayai Kegiatan Rohani, OMK Paroki Hokeng Olah Kelapa Jadi Kopra OMK Paroki Marasta Hokeng di Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur sedang mengolah kelapa menjadi kopra. (sumber: Elen K.)

HOKENG (Floresku.com) -Aksi kreatif Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Maria Ratu Semesta Alam (Marasta) Hokeng di Desa Hokeng Jaya, Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur dapat menjadi insiprasi bagi OMK di paroki lainnya.

Pada Kamis, 14 April 2023 lalu mereka memanen kelapa untuk diolah menjadi kopra.

Kegiatan ini sudah berlangsung selama dua hari dihadiri puluhan anggota. Kaum pria bertugas membelah ribuan buah kelapa dengan parang, sementara perempuan duduk bersilah kaki mencungkil isi kelapa lalu dikumpulkan di atas terpal biru.

Koordinator Seksi Usaha Dana, Martha Trochi Hoi, mengatakan hasil menjual kopra akan dimanfaatkan untuk membiayai semua kegiatan kepemudaan, termasuk urusan rohani dan liturgi.

"Jumlah kelapa yang kami kerja kurang lebih 2.000 buah. Kelapa bisa diolah menjadi kopra dan hasilnya bisa diuangkan dan bisa menambah pendapatan khas OMK," katanya.

Ia mengatakan, semua kegiatan selama ini berjalan sukses berkat kekompakan sesama anggota komunitas yang didampingi para imam Serikat Sabda Allah atau dikenal SVD.

"Kami juga menyukseskan kegiatan pada bidang lainnya seperti, pendidikan dan kaderisasi, rohani dan liturgi, olaraga, bidang humas dan publikasi, maupun kegiatan positif lainnya," tutur Ochi, sapaan Martha Trochi Hoi.

Meski harga kopra saat ini masih anjlok, namun galih dana kopra menjadi salah satu unit usaha yang sangat menunjang lumbung kas OMK.

Ketua OMK Paroki Marasta Hokeng, Wilfridus Kabelen, mengatakan galih dana kopra bukan sekadar mencari rupiah, tetapi menumbuhkan spirit kemandirian orang muda itu sendiri.

"Apresiasi untuk teman-teman semuanya. Hal ini dapat menumbuhkan kerja sama untuk membina mental kita bahwa mendapatkan sesuatu tentu tidak mudah," katanya.

Ia sangat terkesan karena kegiatan galih dana kopra tak terlepas dari hakikat petani, termasuk segala perjuangan yang dilakukan kendati harga kopra belum selaras.

"Petani itu mata pencaharian kita sejak jaman leluhur sampai sekarang. Teman-teman seksi begitu semangat dan kreatif memanfaatkan segalah potensi untuk menambah sumber pendapatan kas omk," jelasnya.

Moderator OMK Paroki Marasta Hokeng, Pater Micky Bani, SVD mengaku gembira dengan semangat pantang menyerah yang dilakukan orang muda. 

Pastor  asal Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara ini berharap agar kekompakan semua anggota OMK terus bergelora demi gereka dan Tanah Air.

"Semoga ke depannya teman-teman bisa lebih kompak lagi karena ada beberapa yang belum hadir, mungkin mereka punya kesibukan lain tapi saya sangat senang melihat keaktifan teman-teman OMK yang begitu bersemangat," ungkapnya. (Elen K.)

RELATED NEWS