Imam Katolik Paling Senior SeNTT, Pater Alex Beding, SVD, Telah Berpulang, RIP

redaksi - Sabtu, 12 Maret 2022 09:22
Imam Katolik Paling Senior SeNTT, Pater Alex Beding, SVD, Telah Berpulang, RIPPater Alex Beding, SVD saat merayakan ulang tahun Imamat ke-70 di Ledalero, pada 24 Oktober 2021 lalu. (sumber: Tangkapan layar Youtube)

LEDALERO (Floresku.com)-Keluarga besar Serikat Sabda Allah (SVD) dan umat Katolik di Flobamora (Flores, Sumba, Tilor dan Alor) berduka karena pada hari ini Sabtu, 12 Maret 2022, pukul 04.00 dini hari, Pater Alex Beding SVD menghembuskan nafasnya yang terakhir, menghakhiri ziarahnya di dunia.

"Telah meninggal dengan tenang Pater Alex Beding SVD, di Rumah Sakit Susteran SSpS Kewapante, Maumere pada hari Sabtu (12/3), pukul 04.00 dalam usia 98 tahun hampir dua bulan, setelah dirawat selama beberapa hari disana," demikian bunyi pesan WhatsApp yang diterima media ini, Sabtu (12/3) pagi.

"Beberapa jam sebelum meninggal Pater Alex masih berbicara  melalui video call dengan pimpinan tertinggi atau superior general SVD,  Pater Paul Budi Kleden SVD, dari Roma," pesan Whatsapp itu menambahkan.

Pater Alex Beding Imam kelahiran Lamalera, Lembata, 13 Januari 1924. Setelah menempuh pendidikan di Seminari St Yohanes Berkmans, Todabelu, Mataloko ia masuk Seminari Tinggi St Paulus Ledalero, Maumere, Flores. Ia kemudian ditahbiskan menjadi imam Katolik di Nita pada 24 Oktober 1952. 

Selama hidupnya ia bekarya di sejumlah tempat, di antaranya  sebagai guru di Seminari Mataloko, kemudian berpindah ke Ende dan mendirikan Dwi Mingguan Dian.

Ia adalah tokoh yang  mengubah biro naskah Percetakan Arnoldus menjadi Penerbit Nusa Indah.

Almarhum yang telah merayakan ulang tahun imamat ke-70 tahun imamat dan 77 tahun berkaul dalam SVD pada Oktober 2021 lalu, suatu pencapaian yang langka dan menjadikan dirinya sebagai imam Katolik paling sepuh seIndonesia.

Pater Alex terkenal sebagai penerjemah buku dan artikel dari bahasa Belanda, Jerman atau Inggris ke dalam bahasa Indonesia.

Almarhum juga mengisi masa tuanya baik selama tinggal di Biara Santo Arnoldus Larantuka dan terakhir di Biara Simeon Ledalero, masih aktif menulis dan menerjemahkan buku.

Mantan guru bahasa Indonesia dan Rektor serta Prefek di Seminari Mataloko ini adalah saudara sulung dari almarhum Marsel Beding, mantan wartawan Kompas yang kemudian Anggota DPR RI.

Salah seorang adik almarhum adalah juga seorang Imam, Pater Bosco Beding SVD, yang meninggal karena kecelakaan lalu lintas di Jln Matraman Jakarta tahun 1989 ketika bertugas sebagai Sekretaris Komsos KWI dan anggota badan sensor film nasional.

Seorang adik almarhum, suster Benedicta Beding CIJ, almarhumah adalah pendiri panti asuhan Naungan Kasih yg terletak di Jalan El Tari Ende.

Menurut rencana, hari ini almarhum Pater Alex dimakamkan di pekuburan SVD, di Ledalero. Pater Provinsial, Lukas Jua SVD yang sedang menyelenggarakan sidang akan menghentikan sidang dan berangkat ke Ledalero pagi ini dan akan memimpin misa requiem pemakaman.
Selamat jalan Pater Alex Beding SVD. Requiescat In Pace (pfn). ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS