Indikasi Penyelewengan Dana Sekolah, Bupati Lembata Kerahkan Inspektorat

redaksi - Rabu, 03 November 2021 10:54
Indikasi Penyelewengan Dana Sekolah, Bupati Lembata Kerahkan InspektoratAcara 'Pelantikan Kepala Sekolah Kepala Sekolah TK/PAUD, SD, dan SMP' di kantor Bupati Lembata, Senin, 01 November 2021 (sumber: Paul K)

LEWOLEBA (Floresku.com) - Sambutan Bupati Lembata, Thomas Ola Langodai pada acara pelantikan Kepala Sekolah TK/PAUD, SD, dan SMP menyinggung soal ramainya informasi penyelewengan dana sekolah.

Bupati lembata Thomas Ola ingin agar para Kepala Sekolah yang dilantik agar mampu menjadi sapu pembersih kotoran korupsi di lingkungan sekolah.

"Kalian dipercaya karena kalian dianggap mampu menjadi sapu membersihkan sekolah dimana tempat kalian pimpin dari semua kotoran yang ada. Kotoran pertama, kotoran korupsi", tegasnya di Kantor Bupati Lembata, Senin, 01 Oktober 2021.

Thomas Ola menjelaskan, informasi penyelewengan dana sekolah mencoreng wajah pendidikan di Kabupaten Lembata.

Kepala Sekolah, kata Bupati Thomas Ola, seenaknya menggunakan Dana BOS, dana DAK, dan dana Komite tanpa melihat regulasi.

Terkait informasi miring yang tengah marak, Bupati Lembata memerintahkan Inspektorat Kabupaten Lembata untuk proses audit di semua sekolah.

"Saya minta Kepala Sekolah bekerja dengan integritas tinggi, dengan landasan yang bersih. Karea itu, semua sekolah harus di audit dulu oleh inspektorat. Jangan sampai yang kita lantik hari ini suatu waktu berurusan dengan aparat penegak hukum", tandasnya.

Lebih lanjut, Bupati Thomas Ola membutuhkan Kepala Sekolah yang jujur, bertanggung jawab, dan peduli lingkungan.  (Paul K.)***

Editor: Redaksi

RELATED NEWS