Jelang Lebaran, Harga Daging Sapi Stabil, Ayam Naik

MAR - Kamis, 28 April 2022 13:33
Jelang Lebaran, Harga Daging Sapi Stabil, Ayam NaikPenjual daging ayam di Pasar Minulyo (sumber: Dias Lusiamala)

PACITAN (Floresku.com) - Menjelang libur lebaran harga daging sapi masih tetap sama seperti harga diawal  Ramadan sedangkan harga ayam  mengalami kenaikan yang cukup signifikan. 

"Harga daging masih sama dari awal menjelang Ramadan sampai saat ini mau Lebaran harganya masih dikisaran Rp140.000/kg. Ya semoga saja jangan naik menjelang Lebaran ini soalnya kasihan juga sama masyarakat," kata Sumiatin, pedagang daging di Pasar Minulyo saat ditemui pada Rabu (27/04/2022).

Ketersediaan stok daging di Pasar Minulyo saat ini masih terpantau aman.Sejumlah pedagang memiliki stok daging sapi yang cukup untuk dijual hingga lebaran nanti.  Bagian daging sapi yang paling diminati oleh pembeli adalah bagian daging has dalam.

Sementara harga  daging ayam  naik dari yang sebelumnya Rp40.000/kg sekarang menjadi Rp45.000/kg untuk jenis ayam broiler. Sedangkan  ayam kampung dari semula Rp60.000/kg sekarang menjadi Rp65.000/kg. 

Menurut Sudarti salah satu pedagang ayam di Pasar Minulyo, kondisi pasar sekarang sepi, padahal sudah masuk waktu maleman (tradisi malam ganjil 10 hari menjelang Idulfitri). Biasanya menjelang lebaran pesanan daging ayam naik.  Sudarti menduga sepinya permintaan daging ayam bisa jadi diakibatkan efek karena beberapa harga kebutuhan pokok dan harga daging ayam yang naik.

Sedangkan menurut Hefi Kumala salah seorang pembeli daging sapi mengatakan bahwa baginya harga daging sapi masih tinggi. 

"Tetapi  bagaimana lagi kita juga butuh. Harapan saya semoga yang menetapkan kebijakan harga pasar bisa mengerti kondisi. Biar tidak menjadi beban pikiran, saat mau lebaran bahan-bahan pokok naik," tambah Hefi Kumala.

 

Tulisan ini telah tayang di halopacitan.com oleh Dias Lusiamala pada 28 Apr 2022 

Editor: MAR
Bagikan

RELATED NEWS