Kamis, 5 Januari 2023 Pukul 15.30 WIB, Paus Fransiskus Memimpin Misa Requiem untuk Paus Emeritus Benediktus XVI

redaksi - Rabu, 04 Januari 2023 11:31
Kamis, 5 Januari 2023 Pukul 15.30 WIB, Paus Fransiskus Memimpin Misa Requiem untuk Paus Emeritus Benediktus XVIJenazah Paus Emeritus Benediktus XVI disemayamkan di Basilika Santo Petrus, Vatikan. (sumber: Media Vatikan)

VATIKAN (Floresku.com) -Kantor Pers Takhta Suci merilis rincian Misa Requiem yang akan dipimpin oleh Paus Fransiskus pada hari Kamis untuk istirahat jiwa mendiang Paus Emeritus Benediktus XVI.

Vatikan telah menerbitkan ritus Misa Requiem untuk Paus Emeritus Benediktus XVI, yang akan dirayakan pada hari Kamis pukul 09.30 waktu Roma (15.30 WIB, red).

Buklet untuk Misa sebagian besar didasarkan pada Ritus Pemakaman Kristiani Paus Agung dengan beberapa modifikasi.

Matteo Bruni, Direktur Kantor Pers Takhta Suci, mengatakan kepada wartawan pada hari Selasa bahwa beberapa bagian telah ditambahkan, sementara bagian lain yang lebih relevan dengan kematian seorang Paus yang berkuasa telah dihilangkan.

Sebagai contoh, dia mengatakan permohonan untuk Keuskupan Roma dan Gereja-Gereja Timur telah dihapus.

Bacaan liturgi

Paus Fransiskus akan memimpin Misa Requiem, menyampaikan homili, dan merayakan Ritus Commendatio dan Valedictio (Pujian Akhir dan Perpisahan).

Perikop Injil untuk liturgi berasal dari Lukas (23:39-46), di mana Yesus, yang tergantung di kayu Salib, memberi tahu salah satu pria yang dikutuk bersama-Nya bahwa dia akan bersama-Nya di surga.

Kata-kata terakhir Yesus—“Bapa, ke dalam tangan-Mu aku menyerahkan nyawaku”—juga diceritakan dalam bagian itu.

Kata-kata itu tidak jauh berbeda dengan kata-kata terakhir dari Paus Emeritus Benediktus XVI: “Yesus, aku mencintaimu.”

Detail pemakaman

Pastor Bruni juga memberikan rincian benda-benda yang akan ditempatkan di peti kayu cemara dengan mendiang Paus Emeritus.

Ini termasuk Episkopal Pallia—pallium melambangkan yurisdiksi gerejawi prelatus dan hubungan khusus dengan Paus—serta koin peringatan dan medali yang diciptakan selama kepausannya, dan akta ("rogito" dalam bahasa Italia), sebuah teks tertulis yang menggambarkan kepausannya, disegel dalam silinder logam.

Di akhir Misa Requiem, jenazah Paus Emeritus akan dibawa ke Grottos di bawah Basilika Santo Petrus, di mana peti matinya akan ditempatkan di dalam peti mati seng, yang selanjutnya akan ditempatkan di dalam kotak kayu.

Benediktus XVI akan dimakamkan di makam tempat St. Yohanes Paulus II dimakamkan sebelum beatifikasinya, sesuai dengan keinginan terakhirnya.

Almarhum Paus Emeritus terus disemayamkan di Basilika Santo Petrus, di mana umat beriman dapat memberikan penghormatan dari pukul 07.00 hingga 19.00 pada hari Rabu, 04 Januari 2023.

Rabu (4/1) sore, jenazahnya akan ditempatkan di peti mati cypress menggunakan ritus tertentu.

Pada Selasa (3/1)  pagi, lebih dari 100.000 peziarah telah melawat mendiang Paus Benediktus XVI di Basilika Santo Petrus.

Dikasteri untuk Komunikasi, dengan dukungan dari Knights of Columbus, menyediakan fasilitas media dan tautan audio-video untuk memastikan siaran Misa Requiem mendiang Benediktus XVI ke seluruh dunia. (www.aktolikku.com)***

Editor: redaksi

RELATED NEWS