Keluarga Besar SVD Berduka, Pater Gabriel Mite SVD dan Pater Paskalis Berkmans SVD Telah Berpulang, RIP

redaksi - Kamis, 05 Agustus 2021 10:22
Keluarga Besar SVD Berduka, Pater Gabriel Mite SVD dan Pater Paskalis Berkmans SVD Telah Berpulang, RIPP Pasklias Berkhmans SVD (kiri) dan P Gabriel Mite SVD (kanan) (sumber: Istimewa)

JAKARTA (Floresku.com) – Komunitas para imam, bruder dan frater Serikat Sabda Allah (SVD) dan umat Katolik, khususnya di wilayah Keuskupan Ruteng dan Jayapura merasa berduka karena salah satu imam mereka telah berpulang pada Kamis, 5 Agustus 2021. Pada pukul 08.59 WIB akun facebook beridentitas OMK Paroki Rekas menuli status sebagai berikut: 

“Kabar duka kembali terdengar, Pater Gabriel Mite,SVD pergi untuk selama-lamanya menghadap Bapa di Surga pada hari ini,Kamis 5 Agustus 2021 di Rumah Sakit St.Rafael Cancar-Manggarai,Flores.

Terima kasih untuk segala tenaga, pikiran, hati dan jiwa bagi Paroki Rekas selama Pater menjalankan misi pelayanan beberapa tahun silam. Sekali lagi, terima kasih. Selamat Jalan dalam damai Pater Gebi. Doa kami senantiasa mengiringimu.Jadilah pendoa bagi kami semua yang tengah berziarah di dunia ini.”

Pater Gebi aaalah imam dari Paroki Boawae, ditahbiskan 1980. Sepanjang masa baktinya ia melayani di Provinsi SVD Ruteng.

Ucapan berbelansungkawa juga tampak di semua akun facebook para imam dan bruder SVD.

Pater Gabriel Mite meninggal dalam usia 72 tahun, 47 tahun dalam kaul SVD dan 40 tahun dalam imamat. Almarhum adalah  anggota Provinsi SVD Ruteng, dan meninggal di RS Cancar, pukul  04.30 WITA.

P Gabriel Mite SVD (Sumber: Facebook: Jack Gosi)
P Paskalis Berkmans SVD (tengah): (Sumber: FB-Paskalis Berkmans)

Pada waktu yang hampir bersamaan kabar duka juga datang dari Kesukupan Merauke, perihal berpulangnya Pater Paskalis Berkhmans SVD. Facebooker atas nama  Carolla Harbelubun sekitar pukul 09.00 WIB menulis akun dengan tajuk, “Perjuanganmu Sudah Berakhir”.

Secara emosional Carolla kemudian menulis, “Kalau ketemu selalu bilang Mama Susana Santy dan saya: kamu dua jangan menangis nanti orang pikir saya sakit berat. Selalu bilang sudah siap kalau Tuhan panggil. Hari ini Pastor sudah siap menghadapTuhan. Bilang kami dua jangan menangis, tapi hari ini Pastor buat kami manangis. Selamat jalan Pastor Paskalis Berkmans SVD........Misionaris SVD. Pastor koasi paroki Nasem Keuskupan Agung Merauke.”

Status berduka mengenai kepulangan imam asal Kloangrotat, Sikka itu pun mengalir di berbagai akun media sosial. Pater Paskalis ditahbiskan imam pada 1993.

Pater Paskalis meninggal dalam usia 58 tahun,  34 tahun dalam kaul SVD dan  28 tahun sebagai  imam.  Alrmhum adalah anggota Provinsi SVD Ende yang bertugas di Merauke.  Meninggal di RS Bunda Pengharapan, Merauke, Kamis, 5 Agustus 2021 pagi.  (MA)

Editor: Redaksi

RELATED NEWS