Perwakilan Komunitas Tenun Terfo Papua Belajar Tenun Ikat di Sentra Jata Kapa Maumere Selama 4 Hari

redaksi - Jumat, 19 November 2021 22:45
Perwakilan Komunitas Tenun Terfo Papua Belajar Tenun Ikat di Sentra Jata Kapa Maumere Selama 4 HariPerwakilan dari Komunitas Tenun Terfo dari Kabupaten Sarmi, Papua sedang melajar tenun ikat di Sentra Jata Kapa, Maumere, Flores. (sumber: Mardat)

MAUMEREA (Floresku.com) -  Sebanyak  9 (sembilan) orang perwakilan Komunitas Tenun Terfo dari  Kabupaten Sarmi, Provinsi Papua berkunjung ke Sentra Jata Kapa Maumere, Flores pada Jumat, 19 November 2021.

Mereka akan berada di Maumere selama 4  (empat) hari.  Kelompok tenun yang  dibawa oleh Izaskart Kim MPD, Kabid Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sarmi  datang ke Maumere untuk belajar Tenun.

Izaskart Kim  dalam sambutannya mengatakan  “Komunitas Tenun Terfo datang ke Maumere untuk belajar Tenun Ikat, mulai dari ikat motif. pewarnaan secara kimiawi,  pewarnaan alami sampai degan cara untuk menenun. Di Kabupaten Sarmi para kelompok tenun sangat kesulitan untuk membuat sarung. Oleh karena itu  saya membawa mama - mama dari Kelompok Tenun Terfo untuk belajar di Maumere,” ujarnya.

Kegiatan ini, jelaskanya, dilakukan atas rekomendasi dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sarmi Drs. Sarmi Sergius Nita,M.Si yang merupakan putra daerah Maumere. 

“Kami menilai kegiatan tenun di sini (Mamere, red) sudah sangat maju. Sarung - sarung Maumere sudah sangat terkenal sampai ke luar negeri. Oleh sebab itu kami datang ke sini dan kami sangat berterima kasih atas sambutan yang bagus sekali dari semua teman - teman di sini,” imbuhnya.

Letisia Dua Lotik pegawai Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Sikka  yang bertugas di Sentra Jata Kapa dalam sambutannya mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kunjungan dari Komunitas Tenun Terfo ,Kabupaten Sarmi,  Provinsi Papua.

“Kami sangat  senang dan mengapresiasi atas kunjungan ini.  Mari kita sama-sama berbagi pengalaman  dan ilmu dalam hal ini tenun ikat,” ujarnya.

'"Tentu saja kami di Maumere atau  teman-teman di Papua punya  kendala dalam hal mengembangan tenun ikat. Mari kita bisa saling melengkapi.  Kami di Sentra Jata Kapa siap memberikan ilmu yang sudah kami miliki t untuk ibu-ibu Kelompok Tenun Terfo untuk belajar proses membuat sarung tenun" katanya.

“Semoga kesempatan ini dapat dimanfaatkan  dengan baik sehingga nanti pulang ke Kabupaten Sarmi, teman-teman bisa menularkan atau mengajarkan kepadan kelompokkkelompok lain yang ada di Kabupaten Sarmi. Terima kasih banyak berlimpah untuk komunitas Tenun Terfo yang sudah mau datang belajar Tenun Ikat di Sentra Jata Kapa Maumere Flores,” tutupnya.

Hadir dalam kunjungan ini Endang Y Mehara, Kepala Seksi Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sarmi;  Aurelis Elenprino, Kepala seksi Pembinaan dan Pengembangan Produksi pada Dinas Perdakop  UKM Kabupaten Sikka;  dan Yoseph Piterson, Kepala Seksi Kemitraan Usahaan pada Dinas Perdakop dan UKM Kabupaten Sikka, (Mardat). ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS