KSP CU Florette Gelar RAT di Tempat Pelayan Ketang

redaksi - Selasa, 01 Maret 2022 10:40
KSP CU Florette Gelar RAT di Tempat Pelayan KetangSuasana RAT KSP CU Florette Tempat Pelayanan Ketang, Kecamatan Lelak. Acara RAT digelar di Aula Pater Thomas Khrump, Paroki Rejeng. (sumber: Rikhardus)

RUTENG (Floresku.com) --KSP CU Florette menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) di Tempat Pelayanan Ketang, Kecamatan Lelak, Kabupaten Manggarai, pada Sabtu 19 Februari 2022.

Kegiatan yang digelar di Aula Pater Thomas Khrump, Paroki Rejeng ini dihadiri oleh Badan Pegurus, Pengawas, Managemen, calon pengurus, calon pengawas dan 142 anggota KSP CU Florette. 

Semua peserta tampak antusias ketika mengikuti jalannya rapat dengan dua agenda, yaitu: pertama, mendengarkan dan membahas laporan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas untuk Tahun Buku 2021. Kedua, pemilihan badan pengurus dan pengawas baru periode, tahun 2022 sampai dengan tahun 2026.

Dalam sambutannya saat membuka acara tersebut,  Ketua Pengurus KSP CU Florette, FLorianus Kampul   menyampaikan terima kasih kepada seluruh anggota KSP CU Florette. 

"Terima kasih kepada seluruh anggota KSP CU Florette di Tempat Pelayanan Ketang yang sudah mendukung dalam membesarkan KSP CU Florette, khususnya juga kepada Para anggota yang menghadiri RAT meskipun datang dari tempat yang agak jauh," ungkapnya.

Florianus mengatakan bahwa meningkatnya simpanan anggota, baik simpanan saham (Simpanan Pokok, Simpanan Wajib, Simpanan Sukarela) maupun non saham (Sibuhar, Sindandik, Sisuka, simapan) dari tahun ke tahun merupakan bukti partisipasi anggota sangat baik walaupun masih ada anggota yang lalai membayar kewajiban bulannya karena kehilangan pendapatan atau penghasilan menurun selama masa pandemi Covid-19. 

Oleh karena itu, lanjutnya, keberhasilan KSP CU Florette ke depannya sangat bergantung pada Pendidikan Anggota.

"Hal ini sangat penting sehingga Pengurus baru yang terpilih nanti harus memberi perhatian serius pada Pendidikan anggota, tujuanya untuk meningkatkan pemahaman anggota tentang hidup berkoperasi dan mendorong anggota menjalankan bisnis," cetus Florianus.

Saat menyampaikan laporan pertanggunjawaban, Florianus menyebutkan bahwa jumlah anggota  KSP CU Florette di Tempat Pelayanan Ketang terus bertambah dari tahun ke tahun. 

“Pada tahun buku 2021, jumlah anggota meningkat menjadi 1.318 orang. Dan, kurang lebih 99 persen dari mereka bermatapencaharian sebagai petani. Akan tetapi, penambahan anggota pada tahun 2021 masih sedikit dari target penambahan anggota baru, sebanyak 135 orang yang dalam rencana kerja hanya mencapai 41 orang,” paparnya.

"Data ini tentu memacu kita semua pada tahun 2022, baik pengurus pusat maupun Koordinator-koordinator Tempat Pelayanan untuk lebih giat lagi melakukan promosi," ungkap Florianus.

Florianus mengatakan peningkatan anggota yang demikian menjadi indikasi bahwa masyarakat menaruh kepercayaan kepada KSP CU Florette untuk menyimpan uangnya. 

“Dari segi permodalan,  jumlah simpanan saham anggota bertambah menjadi 2.3 miliar rupiah yang bersumber dari Simpanan Pokok, Simpanan Wajib dan Simpanan Sukarela. Sedangkan, uang yang beredar di tangan anggota melalui pelayanan pinjaman kesejahteraan, musiman dan produktif per Desember 2021 mencapai 3.2 miliar rupiah dengan tingkat kelalain pengembalian pinjaman sangat rendah,” ujarnya.

Data  ini lanjut Florianus, menjadi bukti bahwa KSP CU Florette telah berhasil membantu untuk memenuhi kebutuhan keuangan anggota. 

Sejatinya, kata Florianus,  prinsip mendasar dari koperasi  adalah kumpulan orang bukan kumpulan uang.  'Aku susah Engkau bantu, Engkau susah Aku bantu' telah menjadi aksi nyata, bahkan,  telah menjadi budaya menolong yang dipraktekkan oleh setiap anggota KSP CU Florette yang tersebar di tiga Kabupaten, yaitu Manggarai, Manggarai Barat dan Manggarai Timur.

Dukungan anggota lain yang berada di 16 Tempat Pelayanan  terhadap kebutuhan keuangan dari anggota di Tempat Pelayanan  Ketang melalui pelayanan pinjaman dirasa luar biasa. 

"Dari total saham milik anggota di Tempat Pelayanan Ketang dibandingkan dengan jumlah uang yang beredar ditangan anggota yang dilaporkan tadi maka sebesar kurang lebih satu miliar rupiah merupakan uang milik dari anggota lain sehingga kita semua yang ada di TP ketang harus menjaga kepercayaan ini,” tegas Florianus yang adalah  salah satu anggota DPRD Kabupaten Manggarai dari Fraksi Partai PKB.

Sementara itu, Kosmas Takung selaku ketua pengawas menyampaikan penilaian kinerja KSP CU Florette berdasarkan hasil analisis PEARLS, terkait aspek proteksi, struktur keuangan yang efektif, kualitas asset, pertumbuhan dan likuiditas selama tahun buku 2021 dinilai 'Baik' dan 'Sehat' meskipun nilai pertumbuhan anggota simpanan non saham masih perlu ditingkatkan lagi.

"Kedepannya, diupayakan untuk mendorong anggota menyimpan non saham sebanyak mungkin dan menjadi prioritas kerja dari para pengurus terpilih dan menggerakan seluruh koordinator Tempat Pelayanan serta anggota untuk mencari anggota baru," cetusnya.

Dari aspek hukum,, lanjut Kosmas, KSP CU Florette merupakan salah satu badan usaha di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang dapat dipercaya karena telah memiliki Badan Hukum dengan nomor 000225/PAD/Dep.1/VII/2018 sebagai KSP CU Primer tingkat Provinsi, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) 02.925.651.8.924.0000, Surat Ijin Tempat Usaha : Nomor 503/DPMKUT/15/SITU/I/2021 dan Surat Tanda Daftar Perusahaan : Nomor 24.05.5.47.003. (Rikhardus/Jivansi). ***

RELATED NEWS