Kunker ke Nagekeo pada Selasa, 5 Desember, Presiden Jokowi Diagendakan Tinjau Lokasi Pembangunan Bandara Surabaya II di Desa Tonggurambang

redaksi - Minggu, 03 Desember 2023 20:25
Kunker ke Nagekeo pada Selasa, 5 Desember, Presiden Jokowi Diagendakan Tinjau Lokasi Pembangunan Bandara Surabaya II di Desa TonggurambangKepala Desa Tonggurambang, Toa Muallaf (tengah) sedang memimpin rapat Persiapan Kunjungan Presiden Jokowi, di Kantor Desa Tonggurambang, Minggu (3/12) sore. (sumber: John Mere)

TONGGURAMBANG (Floresku.com) - Presiden RI Ir Joko Widodo (Jokowi) diagendakan akan melakukan kunjungan kerjanya ke Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Selasa 5 Desember 2023. 

Selama berada di Nagekeo, Presiden  Jokowi dijadwalkan akan melaunching proyek rehabilitasi Bendung Soetami,  menyerahkan bantuan beras secara simbolis kepada masyarakat di Gudang Bulog, Mbay, dan mengunjungi lokasi bakal Bandara Surabaya II di Desa Tonggurambang.

Hari ini Minggu 3 Desember pukul 10:30 Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do dilaporkan memimpin rapat via zoom bersama protokoler kepresidenan membahas lebih lanjut soal kunjungan tersebut.

Suasana rapat Persiapan Kunjungan Presiden Jokowi di Kantor Desa Tonggurambang, Miggu (3/12) sore (Foto: John Mere)

Rapat di Kantor Desa Tonggurambang

Sementara itu, pada Minggu (3/12) pukul 14.00 hingga selesai, Kepala Desa Tonggurambang, Toa Muallaf memimpin Rapat Persiapan Kunjungan Presiden RI.

Hadir dalam rapat tersebut sekitar 70-an orang yang terdiri dari para pimpinan desa, tokoh-tokoh masyarakat, Forma (Forum Masyarakat Tonggurambang), dan warga masyarakat lainnya.

Rapat yang berlangsung di Kantor Desa Tonggurambang, Kecamatan Asesa itu membahas beberapa agenda pokok di antaranya:.

Pertama, melakukan kebersihan lingkungan dalam Desa Tonggurambang dan pemasangan umbul umbul di sepanjang jalur jalan yang akan dilewati Presiden RI beserta rombongan.

Kedua, merespon permintaan Bupati Nagekeo agar pada hari Senin, 4 Desember 2023, seluruh warga Desa Tonggurambang, khusus laki laki untuk bersama membersihkan areal Bandara Surabaya II.

“Kita akan bergotong royong untuk membersihkan area di sekitar Bandara. Sebab ada banyak ranting kayu yang masih berserakan,” ujar Kepala Desa Toa Muallaf. 

Ketiga, mengusahakan terjaganya keamanan dan ketertiban selama kedatangan Presiden RI ke Desa Tonggurambang.

Keempat, mengupayakan cara terbaik agar warga Desa Tonggurambang dapat berkeluh kesah  secara langsung kepada Presiden RI tentang berbagai masalah yang mereka alami selama ini.

Suasana rapat Persiapan Kunjungan Presiden Jokowi di Kantor Desa Tonggurambang, Miggu (3/12) sore (Foto: John Mere)

Kelima, pengalungan selendang pada Bapa Presiden sebagai ungkapan selamat datang di Desa Tonggurambang. 

“Kita mengharapkan supaya warga desa Tonggurambang diperkenankan oleh protokol pengawalan Presiden untuk melakukan pengalungan kepada Presiden RI. Hal ini diusulkan karena baru pertama kali Presiden datang ke Desa Tonggurambang” kata Kepala Desa Toa Muallaf penuh harap. 

Keenam, rapat menyepakati la bahwa seluruh warga desa Tonggurambang yang ingin menyambut kedatangan Presiden Jokowi wajib mengenakan pakaian adat masing-masing.

Bekerja hingga malam

Segala bentuk persiapan termasuk pembangunan Helipad sebagai tempat pendaratan Helikopter kepresidenan sudah dikerjakan menyambut orang nomor satu di Indonesia itu. 

Pantauan media ini, hingga berita ini diturunkan (pukul 21.00 Wita) masih tampak sejumlah alat berat dan truk sedang dioperasikan untuk mengeruk bukit cadas, di lokasi yang menjadi tempat kunjungan Presiden Jokowi di Bandara Surabaya II, dekat Kampung Tonggurambang. (John M./MA). ***

RELATED NEWS