Lanal Maumere dan KRI Escolar-871 Dukung Penuh Kegiatan Pengamanan Semana Santa di Larantuka

redaksi - Sabtu, 30 Maret 2024 06:58
Lanal Maumere dan KRI Escolar-871 Dukung Penuh Kegiatan Pengamanan Semana Santa di LarantukaKapal milik TNI AL yang ditempatkan di Lantamal VII Kupang ini telah berlabuh di Pelabuhan Pelni Larantuka dari Kamis 28 Maret 2024. (sumber: Mardat)

LARANTUKA (Floresku.com) - TNI AL Maumere dan KRI Escolar-871 mendukung penuh kegiatan pengamanan Semana Santa 2024 di Kabupaten Flores Timur, Jumad (29/3).

Kapal milik TNI AL yang biasanya ditempatkan di Lantamal VII Kupang ini telah berlabuh di Pelabuhan Pelni Larantuka dari Kamis 28 Maret 2024.

Komandan Lanal Maumere Kolonel Laut (P) Ady Dharmawan menerangkan,  pengamanan Semana Santa Tahun 2024 ini diperkuat oleh unsur TNI AL, dengan hadirnya KRI Escolar-871 dibantu dengan kekuatan pengamananan dari prajurit serta dua perahu karet bermesin 40 PK dari Pangkalan TNI AL Lanal Maumere.

Selain itu ada jajaran Lantamal VII Kupang serta Posmat Larantuka jajaran Lanal Maumere.

Pasukan itu melakukanpengamanan prosesi keagamaan umat Kristiani dalam perarakan laut di selat Gonsalu.

Lebih lanjut diterangkannya, kehadiran TNI AL sebagai unsur maritim turut bertanggungjawab atas keselamatan serta keamanan selama kegiatan prosesi laut berlangsung.

Sehingga memberikan rasa nyaman,  keamanan dan meminimalisir kecelakaan di laut.
TNI AL Kerahkan KRI Escolar-871 Prosesi perarakan laut dimaksud adalah prosesi keagamaan umat Kristiani pada perarakan patung Tuhan Yesus yang menggambarkan tentang kisah perjalanan masuknya Kristen yang dibawa oleh misi bangsa Portugis melalui selat Gonzalu Larantuka.

Kemudian, kata dia, patung tersebut diarak menuju Gereja. Ritual  tersebut dilaksanakan tiap tahun dan  dihadiri peziarah dari berbagai negara termasuk  peziarah lokal. (Mardat). ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS