Mahasiswa IKTL Larantuka Bantu Turunkan Angka Stunting di Ojan Detun, Wulanggitang, Flotim

redaksi - Jumat, 18 Maret 2022 15:24
Mahasiswa IKTL Larantuka Bantu Turunkan Angka Stunting di Ojan Detun, Wulanggitang, FlotimMahasiswa IKTL Larantuka bantu turunkan angka stunting di Ojan Detun, Fltim (sumber: Echa Y)

LARANTUKA (Floresku.com)- Sejumlah mahasiswa Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka (IKTL) yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) berikhtiar menurunkan angka stunting di Desa Ojan Detun, Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur.

Ketua tim KKN, Yohana Timu menuturkan, misi mulia itu dilakukan sebagai wujud nyata dari metode belajar kampus yang diinstruksikan oleh Rektor IKTL, Kristoforus Ado Aran.

"Kegiatan gempur stanting ini dilakukan sesuai Instruksi Rektor IKTL untuk membantu pemerintah menurunkan angka gagal tumbuh anak," pada Kamis (17/03).

Ia mengatakan, selama melaksanakan kegiatan, semua mahasiswa tetap aktif dan cepat berbaur dengan masyarakat setempat.

Yohana menjelaskan, sebelum turun lapangan, mereka menerima pembekalan penanganan stunting dari Dinas Kesehatan Kabupaten Flores Timur.

"Dinkes Flotim juga memberikan data bahwa ada 20 anak yang gagal tumbuh di Desa Ojan detun," kata mahasiswi murah senyum itu.

Saat melakukan proses pendampingan, ujar dia, mahasiswa KKN juga memberikan makanan tambahan, juga melaksanakan kelas bermain agar anak stunting tidak jenuh.

Berdasarkan hasil timbang berat badan, lima anak dinyatakan bebas stanting. Mereka mengaku senang berkat kekompakan mewujudkan misi mulia bersama petugas kesehatan bersama masyarakat setempat.

"Puji Tuhan saat penimbangan berat badan anak beberapa waktu lalu, beberapa anak sudah berstatus bebas stunting," akuinya. (Echa Y.) ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS