Menag Yaqut: Selain Jakarta, Yogyakarta dan Medan, Paus Fransiskus Akan Singgah di Maumere

redaksi - Rabu, 03 April 2024 07:25
Menag Yaqut: Selain Jakarta, Yogyakarta dan Medan, Paus Fransiskus Akan Singgah di Maumere Paus Fransiskus (sumber: Istimewa)

KOTA VATIKAN (Floresku.com - Menteri Agama (Menag) RI, Yaqut Cholil Qoumas lewat situs resmi Kemenag mengumumkan bahwa Paus Fransiskus dijadwalkan menungunjungi Indonesia pada 3 September 2024.

Menag Yaqut mengungkapkan, Paus Fransiskus menjadi paus ketiga yang pernah mengunjungi Indonesia, setelah Paus Paulus VI tahun 1970 dan Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1989 lalu.

Seperti Paus Yohanes Pauls II,  Yaqut menambahkan, Paus Fransiskus akan singgah di Jakarta, Yogyakarta, Medan dan Maumere, Flores.

Mengutip indonesiaexpat.id, pada 31 Maret 2024, Menteri Yaqut mengatakan pengumuman tersebut dibuat berdasarkan surat resmi yang dterimanya dari Vatikan.  “Surat tersebut menyebut bahwa Paus Fransiskus akan ke Indonesia pada 3 September 2024”.

“Ini adalah sebuah kehormatan tersendiri bahwa Paus Fransiskus mengunjungi kita, bangsa Indonesia,” ungkap Yaqut.

Sebelumnya, kepada koresponden America di Vatikan, Gerard O'Connell, pada pagi hari tanggal 25 Maret di Sekretariat Negara di Vatikan, Uskup Agung Paul R. Gallagher, Sekretaris Hubungan dengan Negara dan Organisasi Internasional Vatikan—yang dikenal sebagai menteri luar negeri Vatikan mengatakan,  “kunjungan pastoral Paus Fransiskus ke Indonesia, Singapura, Timor-Leste, dan Papua Nugini  akan dilakukan pada awal September ini.”

“Kunjungan kepausan ke Indonesia, Singapura, Timor Leste, dan Papua Nugini kini telah ditunda ke awal September,” lapor majalah Katolik bulanan yang diterbitkan oleh Jesuit Amerika Serikat itu.

Negara-negara 'pinggiran' di Asia

Mengutip Radio Veritas Manila  (28/3),  Paus Fransiskus telah lama memendam ambisi melakukan perjalanan ke negara-negara kecil dan jauh sejalan dengan idenya—pergi ke negara-negara pinggiran.

Menurut Uskup Agung Gallagher, ziarah Paus tahun ini diarahkan ke negara-negara Asia.

Sebelum pandemi COVID-19 terjadi, Paus berencana mengunjungi Indonesia dan Timor-Leste pada tahun 2020.

Namun, kunjungan tersebut ditunda karena pandemi tersebut. Kemudian, sumber Vatikan menyebutkan kunjungan tersebut akan dilakukan pada Agustus tahun ini.

Beberapa bulan yang lalu, delegasi Vatikan pergi ke Timor Timur untuk memeriksa persiapan kunjungan kepausan.

Diketahui, 97 persen dari 1,4 juta penduduk Timor-Leste menganut agama Katolik, menjadikannya negara paling Katolik di Asia.

Pada bulan Maret tahun ini, Nuncio Apostolik Vatikan untuk Timor-Leste, Monsinyur Marco Sprizzi, mengonfirmasi kunjungan Paus Fransiskus ke negara tersebut dijadwalkan pada September 2024

Dari Timor Leste Paus Fransiskus dijadwalkan mengunjungji Papua Nugini.

Dari sekitar 10 juta orang yang tinggal di Papua Nugini, hanya 26 persen yang menganut agama Katolik.

Sebaliknya, Indonesia memiliki jumlah umat Islam tertinggi di dunia, dan Singapura telah mendesak Vatikan untuk mengunjungi negara kota tersebut.

Kemungkinan besar, Paus Fransiskus juga akan mengunjungi Vietnam tahun ini juga. Hubungan antara Vietnam dan Tahta Suci telah membaik.

Pemerintah Vietnam tahun lalu memberikan izin kepada Takhta Suci untuk mendirikan kantor dan mengirim perwakilan residen. Ini adalah pertama kalinya hal ini terjadi sejak Perang Vietnam berakhir.

Paus dan Presiden Vietnam bertemu pada bulan Juli tahun lalu, dan presiden mengumumkan pada bulan Desember bahwa ia telah menulis surat kepada Paus Fransiskus secara resmi untuk meminta kunjungan.

Ketika reporter dari Amerika bertanya kepada Uskup Agung Gallagher, Sekretaris Hubungan dengan Negara dan Organisasi Internasional Vatikan, apakah Paus akan memasukkan Vietnam dalam rencana perjalanannya di bulan September, prelatus itu berkata, “Bisa saja.”

Uskup Agung Gallagher akan mengunjungi Vietnam pada bulan April dalam misi diplomatik.
Beberapa pihak mengklaim bahwa Paus Fransiskus akan menyambut baik tawaran presiden tersebut,  tetapi Vatikan lebih memilih kunjungan Paus setelah terjalinnya hubungan diplomatik formal.

Jika pemerintah Vietnam menginginkannya, hubungan diplomatik dapat dibangun dengan cepat, kata seorang pejabat senior Vatikan.

Hal serupa terjadi di Myanmar ketika Paus Fransiskus melakukan perjalanan ke sana pada tahun 2017, setelah menjalin hubungan di sana beberapa bulan sebelumnya.

Belgia dan Argentina

Selain ke negara-negara Asia, thun ini, Paus akan melakukan perjalanan ke Belgia dan Argentina, negara asalnya.

Baca Juga: Peringatan Orang Kudus Hari Ini, 03 April: Santo Sixtus I, Paus dan Martir

Paus Fransiskus belum mengungkapkan rencananya, meskipun Presiden Prancis Emmanuel Macron telah meminta agar ia melakukan perjalanan ke Paris untuk menghadiri pembukaan kembali Katedral Notre-Dame yang terkenal pada 8 Desember 2024.

Sejak menjadi Paus pada tahun 2013, Paus Fransiskus telah melakukan 44 kunjungan ke luar Italia dan mengunjungi 61 negara di dunia. (Sumber: Katolikku.com)***

Editor: redaksi

RELATED NEWS