Menyambut Hari Jadi Pramuka, Gudep SMPN 11 Ruteng Kakor Gelar Lintas Alam

redaksi - Minggu, 14 Agustus 2022 18:36
Menyambut Hari Jadi Pramuka, Gudep SMPN 11 Ruteng Kakor Gelar Lintas AlamGugus depan (Gudep) Pramuka SMP Negeri 11 Ruteng Kakor melakukan lintas alam, pada Sabtu 13 Agustus 2022. (sumber: jivansi)

KAKOR (Floresku.com)- Menyambut hari jadi gerakan Pramuka yang ke-61, gugus depan (Gudep) Pramuka SMP Negeri 11 Ruteng Kakor melakukan lintas alam, pada Sabtu 13 Agustus 2022.

Kegiatan yang dipadukan dengan perkemahan inipun dibuka dengan upacara bendera di pelataran Gereja Bunda Maria Segala Bangsa, Desa Bea Kakor, Kecamatan Ruteng, Manggarai.

Bertindak sebagai pembina upacara, Kepala Sekolah SMPN 11 Ruteng,

Yasintus Ratu, S.Pd, dalam amanatnya, Ketua Majelis Pembina Gugus (Kamabigus) itu mengharapkan para anggota Pramuka untuk menggantungkan cita-cita setinggi langit dan berusaha untuk belajar dengan penuh semangat.

"Teruslah mengembangkan diri, meningkatkan kreativitas dan melakukan inovasi sesuai dengan talentamu dalam kehidupan ini," tegasnya.

Saat melakukan lintas alam para pembina dan peserta berusaha menaklukkan bukit Golo Renda melewati hamparan sawah yang baru ditanam serta semak dan belukar di antara kampung Kakor dan Wae Kang, Kecamatan Ruteng.

Di puncak bukit itu, para peserta memuji dan memuliakan Tuhan di depan arca bunda Maria yang ditahtakan di gua Golo Renda. 

Kabut,  angin yang bertiup agak kencang dan rinai gerimis yang turun menjelang malam tidak menyurutkan semangat anggota Pramuka untuk menggelar api unggun di puncak bukit.

Menyikapi kondisi yang ada, kepada para peserta, Yasintus Ratu, S.Pd mengajak mereka untuk merasakan, mendengarkan dan menyatu dengan alam serta pada akhirnya mencintai alam dengan sepenuh hati.

"Dengarkanlah suara alam dan belajarlah dari alam. Katena alam merupakan sebuah buku yang tak akan pernah habis dibaca oleh insan manusia,". 

Usai api unggun dengan berbaris rapi dan obor di tangan sambil menyanyikan lagu-lagu perjuangan sepanjang jalan para peserta kembali ke kemah mereka di halaman SMPN 11 Ruteng Kakor.( Jivansi) ***

RELATED NEWS