Meriah, Perayaan Dies Natalis Unika Ruteng, Dihadiri Utusan Gubernur NTT dan Dua Bupati

redaksi - Minggu, 13 November 2022 20:29
Meriah, Perayaan Dies Natalis Unika Ruteng, Dihadiri Utusan Gubernur NTT dan Dua BupatiPemotongan tumpeng pada acara Dises Natalis Unika St Paulus Ruteng, Sabtu, 12 November 2022. (sumber: Jivansi)

RUTENG (Floresku.com) - Perayaan Dies Natalis ke-63 Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng, pada sabtu 12 November 2022 berlangsung meriah.

Momen ulang tahun Unika Ruteng itu dihadiri oleh sejumlah anggota Forkompimda Manggrai, Vikjen Keuskupan Ruteng, Ketua Yaspar, Rektor beserta jajaran pimpinan, dosen, pegawai dan mahasiswa Unika Santu Paulus Ruteng.

Turut hadir dalam acara tersebut, staf ahli gubernur Nusa Tenggara Timur, dr. Marius A. Jelamu, Bupati Manggarai, Herybertus G. L. Nabit dan Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi.

Perayaan yang diselenggarakan di Aula GUT Lt 5 Kampus Unika Ruteg itu, diawali dengan Misa Syukur. Vikjen Keuskupan Ruteng menjadi pemimpin atau selebran utama yang didampingi oleh puluhan imam lain sebagai konselebran dalam misa itu.

Dalam homilinya, Vikjen Keuskupan Ruteng, RD. Alfons Segar, Pr menegaskan pentingnya ketekunan dalam mencapai kesuksesan. Menurutnya, yang membuat Unika bisa tetap eksis hingga sekarang ini adalah karena ketekunan.

"Hal kunci yang membuat orang sukses adalah ketekunan. Unika bisa bertahan hingga saat ini adalah karena itu. Ketekunan itu mengandung tiga makna, yaitu: teguh dalam berkarya, fokus dan konsisten, serta ikhlas belajar dari kesulitan-kesulitan," urainya.

Sementara dalam sambutan seusai misa, Ketua Yaspar, RD. Ledobaldus R. Mujur, Pr. mengajak semua pihak untuk maju bersama dalam mewujudkan Unika yang transformatif, inovatif, adaptif, dan kolaboratif.

Melalui sambutannya, RD Rolin menyatakan komitmen Yaspar untuk mengembangkan Unika Ruteng menjadi centre of Excellence.

"Yaspar sebagai ibu yang melahirkan lembaga ini terus menyaksikan tahap-tahap perkembngan lembaga ini. Yaspar berkomitmen untuk mengembangkan Unkla menjadi centre of excellence melalui pengmbangan kelembagaan dan sumber daya manusia," katanya.

Secara terpisah, Rektor Unika Santu Paulus Ruteng dalam sambutannya mengungkapkan kegembiraannya atas usia baru lembaga yang dipimpinnya yang makin matang.

"Kita bergembira karena lembaga kita berusia makin matang. Kita bergembira karena Unika semakin besar baik dari sisi jumlah dosen dan mahasiswa, maupun dari sisi prestasi di tingkat lokal, dan nasional.
Kondisi yang demikian adalah buah dari kerja keras dan dukungan semua pihak yang sudah setia berjalan bersama Unika," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Manggarai, Herybertus G.L. Nabit mengungkapkan harapannya tentang keberadaan Unika dalam mendukung kebijakan pemerintah kabupaten Manggarai.

"Pemerintah Kabupaten Manggarai ingin mengembangkan kebijakan berbasis riset. Dan riset2 itu kami harapkan datang dr Centre of Excellence, Unika St Paulus Ruteng," unkapnya

Perayaan Dies Natalis ini kemudian dilanjutkan dengan acara resepsi yang dibuka dengan pemotongan tumpeng. Nasi tumpeng lalu diserahkan masing oleh Vikjen Keuskupan Ruteng, Ketua Yaspar, dan Rektor kepada utusan Gubernur, dua bupati dan undangan lainnya.

Editor: redaksi

RELATED NEWS