Meriah, Misa Malam Natal di Paroki St. Klaus Juga Dihadiri Wakil Bupati Manggarai

redaksi - Minggu, 26 Desember 2021 09:16
Meriah, Misa Malam Natal di Paroki St. Klaus Juga Dihadiri Wakil Bupati ManggaraiWakil Bupati Manggarai Heribertus Ngabut dan keluarga hadir dalam Misa Malam Natal di gereja paoki St Klaus, Kuwu, Jumat, 24 Desember 2021 (sumber: Jivansi)

KUWU (Floresku.com) - Perayaan malam Natal di Gereja Paroki St. Klaus, Kevikepan Ruteng, Kabupaten Manggarai berlangsung  meriah. Puluhan umat yang hadir terlihat begitu antusias dan penuh penghayatan mengikuti perayaan ekaristi malam Natal tersebut. 

Seluruh rangkaian perayaan berjalan dengan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, pada Jumat 24 Desember 2021.

Hadir dalam perayaan ini, Wakil Bupati Manggarai Heribertus Ngabut dan keluarga serta jajaran pemerintah dari Kabupaten Manggarai, puluhan umat wilayah Kuwu Paroki St. Klaus Kuwu.

RD Gabriel Harim,  dalam khotbanya mengatakan bahwa hingga saat ini warta Natal masih sangat aktual, masih sangat relevan dengan kehidupan kita. Bahasa natal, 'bahasa hambor', bahasa natal ini bahasa damai, bahasa sukacita dan tahun ini perayaan natal mengambil tema yg sangat bagus sekali dan menjadi permenungan kita bersama, yakni 'Kasih Kristus Menggerakan Persaudaraan'.

"Oleh karena itu saudara/i bapak umat beriman pesan natal yang paling penting sebagai lanjutan refleksi hambor 'riang natal' sebagai refleksi menggerakkan persaudaraan sangatlah penting agar kita menjaga harta hubungan, harta hubungan ini penting kita jaga,penting kita wariskan, penting kita lestarikan," cetus RD Gabriel Harim.

Lebih dari itu, lanjutnya, sangatlah penting agar harta batiniah dan harta rohani terus kita rawat dan kita wujudkan dalam persekutuan kita dengan Tuhan.

"Karna itu menjaga harta hubungan berarti menjaga hati,menjaga diri kita,menjaga juga harta rohani kita,menjaga juga harta hubungan sosial kita. Dan karna itu, harta hubungan sosial ini dibungkus atau dibingkai dalam satu prinsip demi perlunya sebuah kecerdasan sosial dalam hidup kita," ungkapnya.

Dikatakan RD Gabriel Harim lebih lanjut, membentuk harta secara rohani, mau tidak mau dan memang sudah diterangkan bahwa kita mesti selalu mengakui Tuhan yang terlibat dalam hidup kita.

"Saya selalu sampaikan bahwa hidup kita ini bukan google, 'mose dite ho te le google'. Kalau google, satu kali kita akses muncul banyak berita, satu kali saja kita akses banyak berita mau baca apa saja. Tapi hidup kita bukan google, kita ini jangan merasa kita paling hebat.Bukan itu bingkai persaudaraan. Kalau google tanya gampang saja. Tapi hidup kita ini penuh dengan kekurangan dan penuh dengan kelebihan dalam bingkai persaudaraan", imbuhnya.

Lebih jauh, RD Gabriel Harim mengajak seluruh umat paroki St. Klaus agar dalam semangat natal hendaknya saling merangkul dan saling mengisi

"Dalam semangat natal, saya ingin mengajak kita untuk saling merangkul satu sama lain. Mari kita membangun cara berpikir positif. Mari kita membangun persaudaraan kita dalam semangat sebagai 'ase ka'e' dan semangat sebagai saudara/i seiman tapi juga sebagai 'ase ka'e' sebagai orang manggarai yg sungguh-sungguh menghayati nilai-nilai budaya," lanjutnya.

Dukung Proses Pembangunan Pemerintah

Usai perayaan ekaristi, RD Gabriel Harim, dalam sambutannya menyampaikan selamat pesta natal kepada semua umat yang hadir dalam perayaan ekaristi dan juga ucapan terima kasih untuk panitia natal, petugas liturgi dan juga petugas keamanan serta petugas kesehatan dari puskesmas Wae Mbeleng.

"Selamat pesta natal buat kita semua, semoga Natal tahun ini memberi suka cita dan kegembiraan bagi kita semua. Dan terima kasih untuk semua pihak yang sudah terlibat dalam menyukseskan perayaan malam Natal ini," ungkapnya.

Lebih lanjut, RD Gabriel Harim mengungkapkan rasa senang dan juga terima kasih atas kehadiran Wakil Bupati Manggarai dan rombongan dalam perayaan misa malam Natal tersebut.

"Usai diberi informasi kemarin bahwa Pak Wakil akan ke sini dan ikut misa malam natal di Paroki St. Klaus, dengan senang hati saya sampaikan bahwa saya dengan senang hati menunggu kedatangannya Pak Wakil dan keluarga bersama rombongan dari Ruteng. Tentunya ini sesuatu yang sangat membahagiakan. Dan sebagai pastor Paroki, saya tenyunya dengan senang hati menerima kehadiran Pak Wakil dan keluarga serta rombongan pemerintahan Kabupaten Manggarai. 'Ai nenggo po nganceng cumang tau ite ho'. Jadi, sekali lagi, selamat Natal buat Pak Wakil dan keluarga serta rombongan dari Ruten," ungkap RD Gabriel Harim.

Mengakhiri sambutannya, RD Gabriel Harim menyampaikan ajakan kepada semua imat yang hadir dalam perayaan ekaristi agar secara bersama ikut mendukung program Pemerintah Kabupaten Manggarai.

"Tentu diharapkan agar kita sebagai masyarakat bisa ikut mendukung seluruh proses pembangunan di wilayah Kabupaten Manggarai yang sudah dinahkodai oleh Pak Bupati dan Pal Wakil Bupati Manggarai yang baru sekarang ini," pungkasnya.

Berdoa Agar Covid-19 Cepat Berlalu

Wakil Bupati Manggarai Heribertus Ngabut dalam sambutannya mengajak semua orang yang hadir untuk sama-sama berdoa agar badai pandemi Covid-19 bisa segera berlalu.

"Mari kita sama-sama berdoa agar kiranya melalui doa kita semua, Covid-19 bisa segera berlalu dari kita semua," ungkapnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, Bapa-Mama sekalian melalui teman-teman di Dinas Kesehatan, rumah sakit dan juga puskesmas dan tentunya dibantu oleh kita semua supaya protokoler kesehatan kita jalankan sebaik-baiknya. Kemudian, begitu besar taeget vaksinasi kita targetkan, masih ada seratusan lebih selisihnya yang masih kita gencar-gencarkan, baik tahap I maupun tahap II.

"Mohon bantuan dan perhahatia kita semua supaya pelaksanaan vaksinasi ini bisa berjalan dengan baik dan lancar," imbuh Wabup Hari.

Dikatakannya lebih lanjut bahwa, Covid-19 memang mencemaskan. Oleh karena itu, protokoler kesehatan tetap kita perhatikan.

"Saya minta juga pesta-pesta itu juga hati-hati. Masker tetap dipakai dan jaga jarak," lanjutnya.

Pada bagian akhir sambutannya, Wabup Hery menyampaikan ucapan selamat natal bagi seluruh umat Paroki St. Klaus-Kuwu.

"Suka cita selalu. Damai di bumi dan damai di hati. Terima kasih," cetusnya. Jivansi

Editor: redaksi

RELATED NEWS