Momen Pergantian Tahun di Kota Maumere Meriah, Ribuan Warga Turun ke Jalan, Kapolres Sikka Pun Turun Langsung Membubarkan

redaksi - Sabtu, 01 Januari 2022 11:15
Momen Pergantian Tahun di Kota Maumere Meriah,  Ribuan Warga Turun ke Jalan, Kapolres Sikka Pun Turun Langsung Membubarkan Kapolres Sikka turun langsung membubarkan massa warga Kota Maumere yang bereuforia merayakan momen pergantian tahun. (sumber: Mardat)

MAUMERE (Floresku.com) - Kapolres Sikka AKBP Sajimin turun langsung ke jalan-jalan untuk menghimbauan warga masyarakat Kota Maumere agar tidak melakukan euforia yang berlebihan termasuk melakukan konvoi di jalan raya pada malam pergantian tahun, demi terciptanya situasi yang aman dan kondusif.

Pantauan media ini, patroli gabungan dari unsur TNI/Polri sebelum waktu pergantian tahun, Jumat 31 Desember 2021, melakukan patroli disepanjang jalan dari Depan Gelora Samador,jalan Anggrek, menuju jalan Eltari,ke arah kota Uneng dan kearah Lingkar Luar dan berakhir di Polres Sikka.

Pada pukul 00.00, Sabtu, 01 Januari 2022, langit Kota Maumere dihiasi dengan ratusan kembang api menyambut Tahun Baru 2022.
Meski sudah dda imbauan dari pihak keamanan,  warga Kota Maaumere, Sikka tetap berkonvoi  di malam pergantian tahun.

Ribuan warga turun ke jalan untuk menyaksikan pertunjukan kembang api pada malam pergantian tahun.  Di sepanjang jalan, tampak ratusan warga tumpah ruah ke jalan guna menyaksikan kembang api hingga menyebabkan kemacetan. Belum lagi konvoi kendaraan bermotor dengan bunyi knalpot racing saling bersahutan dengan bunyi kembang api.

Konvoi kendaraan bermotor dengan bunyi knalpot racing tidak hanya terjadi di Jalan El Tari tetapi hampir di semua wilayah Kota Maumere dan sekitarnya.

Pantauan media ini sepanjang jalan Jenderal Ahmad Yani hingga Jalan Naiora. Di jalan tersebut tampak puluhan pemuda di Kota Maumere juga berdiri di tengah jalan dan menghentikan kendaraan yang melintas guna berjabat tangan dan menyampaikan ucapan Selamat Tahun Baru kepada setiap pengguna jalan. 

Pada awalnya aparat yang berjaga tampak tidak bisa berbuat banyak karena massa warga yang euforia dengan acara pergantian tahun itu, begitu banyak.  Mereka sangat antusias menyaksikan pesta kembang api.

Namun, berselang beberapa saat setelah pertunjukan kembang api sudah mulai berkurang ketika Kapolres Sikka AKBP Sajimin yang turun langsung melakukan patroli bersama aparat gabungan mulai membubarkan warga di sepanjang jalan di Jalan El Tari.

Kapolres Sikka, AKBP Sajimin yang ditemui sejumlah media usai melakukan patroli mengatakan, sebanyak 352 aparat gabungan dari unsur TNI Polri turun untuk mengamankan malam tutup tahun.

"Itu untuk memberikan pengamanan, pos PAM, gereja, memberikan himbauan, dan pengecekan Protokol Kesehatan (Prokes) baik menjelang misa malam tahun baru dan kegiatan masyarakat," ujarnya.

Kapolres Sikka juga menjelaskan bahwa dirinya yang turun langsung membubarkan warga yang berkumpul di sekitar jalan El Tari Maumere dan sekitarnya karena melihat jumlah warga yang turun ke jalan sudah terlalu banyak sehingga harus dipulangkan ke rumah masing-masing. (Mardat). ***

RELATED NEWS