Momentum Hari Sumpah Pemuda Ke-94 KNPI Mabar Gelar Diskusi Publik

redaksi - Sabtu, 29 Oktober 2022 11:57
Momentum Hari Sumpah Pemuda Ke-94 KNPI Mabar Gelar Diskusi PublikDiskusi publik KNPI di Raes Caffe Bumdes Gorontalo, Desa Gorontalo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Jumat (28/10) malam. (sumber: Robby)

LABUAN BAJO (Floresku.com) - Momentum Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022, Komite Nasional Pemuda Indonesia ( KNPI ) Kabuapaten Manggarai Barat menggelar diskusi publik yang bertajuk " Peran Pemuda Dalam Membingkai Kebhinekaan di Kota Super Premium Labuan Bajo".

Kegiatan tersebut, dihadiri oleh tokoh muda, tokoh masyarakat Labuan Bajo dan perwakilan dari pihak keamanan Polres Manggarai Barat yang digelar di Raes Caffe Bumdes Gorontalo, Desa Gorontalo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Jumat (28/10) malam.

Dalam sambutan pembuka kegiatan, ketua KNPI kabupaten Manggarai Barat, Hasanuddin mengatakan dalam sejarah bangsa ini, peran pemuda itu sangat penting, baik dari jaman kolonialisme maupun sampai sekarang bahwa keberadaan pemuda itu tidak dianggap sepele.

" Sejarah telah mencatat bahwa peran dari pemuda itu sangat penting dalam kemajuan bangsa ini, baik dari jaman kolonialisme maupun sampai sekarang, sehingga keberadaan Pemda itu tidak boleh dianggap remeh," ungkapnya.

Hasan menjelaskan, tujuan diadakannya diskusi tersebut untuk membahas peran pemuda yang ada di kabupaten Manggarai Barat dalam menyikapi berbagai banyak persoalan yang terjadi.

" Labuan Bajo sebagai kota super premium tentunya peran kita dalam membangun daerah ini sangat penting, apalagi dalam hal menjaga keberagaman yang ada, sehingga tanggung jawab kita saat ini adalah bagaimana kita bisa menjaga diri kita segala macam propaganda yang merusak Kebinekaan," ucapnya.

Sebagai pemuda kata dia, perluh adanya kritikan terhadap kebijakan pemerintah daerah yang tidak pro rakyat namun tentunya juga perluh ditawarkan solusi konkrit.

" Kita wajib mengkritisi setiap kebijakan pemerintah daerah namun kita harus mampu menawarkan solusi konkrit," ucapnya.

Hadir sebagai narasumber, Gabriel Pampur mengapresiasi terhadap kegiatan tersebut. Kata dia, dengan diadakannya kegiatan itu, para pemuda yang ada di kabupaten Manggarai Barat sedang berpikir move on

" Tentunya saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, dan ini bertanda bahwa pemuda i kita yang ada di Kabupaten Manggarai sedang berpikir move on untuk mengambil bagian dalam pembangunan daerah ini," ungkapnya.

Perkembangan saat ini kata dia, berada di tangan pemuda yang mampu bersaing secara akal sehat.

" Kita berpikir saat ini adalah kita orang Labuan Bajo, tetapi tidak berbuat apa-apa, lalu mengklaim kenapa mereka, dalam perkembangan pariwisata yang ada di Labuan Bajo, tentunya berbicara tentang kompetensi maka marilah kita untuk bersaing secara akal sehat," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPD Perindo Kabupaten Manggarai Barat Stanislaus Stan mengatakan dengan adanya diskusi seperti ini membuktikan bahwa peran pemuda di Labuan Bajo sudah ada

Dengan adanya diskusi seperti ini sebagai bukti bahwa peran pemuda dalam pembangunan daerah ini sudah ada.

"Dengan berdiskusi seperti ini sudah  saja menjadi titik star peran pemuda dalam mengasosiasikan dirinya dalam pembangunan daerah ini," ungkapnya.

Kata dia, Labuan Bajo sebagai kota super premium tentunya Kebinekaan itu harus dijaga agar rasa keamanan bagi para wisatawan itu terjamin.

" Kita juga perluh untuk menjaga keamanan yang ada di Labuan Bajo, sehingga Kebinekaan itu harus kita junjung tinggi sehingga setiap para wisatawan yang datang berkunjung ke Labuan Bajo merasa aman," ungkapnya. (Rbby). ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS