Orang Ende Bakal Tajir, Jika Cermat Manfaatkan 10 Peluang Usaha Ini

redaksi - Sabtu, 25 Februari 2023 12:01
Orang Ende Bakal Tajir,  Jika Cermat Manfaatkan  10 Peluang Usaha IniIlustrasi: Usaha Barber Shop (sumber: Istimewa)

ENDE (Floresku.com) - Kondisi ekonomi Tahun 2023 nasional diprediksi melemah karena kondisi perekonomian global yang tak menentu. 

Namun, bagi penduduk di Kabupaten Ende, aktivitas perekonomian bisa jauh lebih menggeliat apabila warganya cermat dan lihat memanfaatkan sejumlah peluang usaha yang masih jarang dieksekusi. 

Pasalnya, di Kabupaten Ende sendiri saat ini tumbuh pesat perkembangan seluruh bidang seperti industri, wisata, pendidikan dan lainnya, memunculkan banyak peluang usaha di Kabupaten Ende tahun 2023.

Berikut 10 dari sekian banyak peluang usaha di Kabupaten Ende yang  masih sangat terbuka lebar peluang untuk cuan.

1.Menjual kerajinan tangan

Rekomendasi peluang usaha di Kabupaten Ende 2023 yang selanjutnya ialah jualan kerajinan tangan.

Jika kamu mempunyai keahlian tertentu seperti kerajinan tangan, maka cobalah hal itu sebagai berjualan di rumah. Kerajinan tangan yang unik bisa laris hanya dengan modal sangat kecil.

Perlu kamu ketahui bahwa banyak sekali limbah domestik yang bisa menghasilkan karya melalui tangan kreatif

2. Bisnis kue basah

Peluang usaha di Kabupaten Ende 2023 sitem rumahan yang laris pertama adalah bisnis kue basah. Kue basah rata-rata dijual pada waktu pagi hari, namun selama masa pandemi, aktivitas ke pasar tidak sesering dulu.

Dengan adanya bisnis digital saat ini, membuat penjualan kue basah sedikit berbeda. Kini, kamu bisa menjual kue basah melalui aplikasi pesan antar atau menggunakan media sosial.

3. Jasa menjahit

Peluang usaha di Kabupaten Ende 2023 selanjutnya ialah membuka jasa menjahit. Jika kamu mempunyai keahlian menjahit, maka tidak ada salahnya untuk membuka bisnis yang satu ini.

Kamu bisa membuka jasa permak jeans, levis, atau bisa juga pakaian sobek. Apalagi, calon konsumen lebih banyak membutuhkan jasa tersebut dibandingkan membeli pakaian baru lagi.

4. Bisnis busana

Peluang usaha di Kabupaten Ende yang akan laris hanya dengan modal kecil lainnya adalah bisnis busana. Secara umum, bisnis busana yang cukup banyak mendatangkan pelanggan adalah perempuan.

Baca Juga: Manfaat Semangka Untuk Kesuburan Pria dan Wanita, Simak Untuk Kebahagiaan Pasanganmu

Baik itu busana anak-anak hingga dewasa, jenis busana untuk perempuan biasanya berpeluang besar terjual lebih banyak dan juga cepat.

Selain itu, faktor tren juga sangat berpengaruh pada bisnis busana ini. Untuk itu, kamu harus selalu pantau model baju mana yang akan laris di pasaran.

Cara melihat tren busana akan lebih mudah jika kamu selalu perhatikan di marketplace atau media sosial.

5. Bisnis makanan ringan

Peluang usaha di Kabupaten Ende 2023 selanjutnya ialah bisnis makanan ringan. Makanan ringan merupakan salah satu camilan terbaik yang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia tidak terkecuali oleh masyarakat Kabupaten Ende.

Maka tak heran jika bisnis makanan ringan adalah salah satu peluang usaha di Kabupaten Ende 2023 yang laris hanya dengan modal kecil cuan berlimpah.

Jika kamu Endem tahu bagaimana membuat makanan ringan, hal tersebut tidak menjadi masalah. Sebab, kamu bisa menjadi reseller atau dropshipper sehingga tidak perlu bersusah-susah membuat makanan ringan dari awal.

Agar dapat menarik pelanggan yang lebih banyak, sebaiknya kamu persiapkan variasi makanan ringan. Saat ini, penjualan makanan ringan lebih banyak di rumah dan sistem penjualannya adalah secara online.

6. Menjual pulsa dan paket internet

Internet sudah menjadi kebutuhan utama di zaman sekarang. Tidak hanya untuk media hiburan saja, pulsa dan paket internet juga dipakai untuk bisnis.

Apalagi, metode pembelajaran dan pekerjaan lebih banyak dialihkan secara daring selama pandemi. Maka dari itu, peluang usaha di Kabupaten Ende ini termasuk berjualan di rumah yang akan laris saat dilakukan.

 7. Jasa cuci motor atau mobil

Satu diantara banyaknya peluang usaha yang laris yakni membuka jasa cuci motor atau mobil. Untuk modal yang dibutuhkan untuk usaha ini yakni mesin kompresor agar dapat mencuci motor dan mobil.

Selain itu, kondisi pandemi saat ini membuat banyak orang beralih pada kegiatan olahraga seperti bersepeda, sehingga jasa cuci sepeda juga menjadi tren.

8. Usaha Pet Shop

Bagi Kamu para pecinta hewan dan tertarik untuk menjadikan hobi Kamu sebagai salah satu mata pencaharian, usaha petshop bisa dijadikan opsi yang tepat!Hewan adalah salah satu teman terbaik manusia.

Memelihara hewan dapat memberikan banyak manfaat bagi pemiliknya. Antara lain yaitu perasaan tenang dan dicintai, menurunkan stress, mengajarkan rasa tanggung jawab.

Dan yang tidak kalah penting yaitu mengajarkan kita rasa sayang kepada sesama makhluk hidup serta toleransi.

Tak heran, setiap tahunnya angka pertumbuhan orang yang memelihara hewan selalu mengalami kenaikan.

 9. Usaha Barbershop

Peluang usaha di Kabupaten Ende 2023 selanjutnya ialah jasa potong rambut atau biasa disebut Barbershop.

Bagi kebanyakan orang, penampilan merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan. Maka dari itu, membuka usaha barbershop bisa mendatangkan cuan yang sangat lumayan.

Terlebih, jika kamu mempunyai keahlian mencukur rambut dan sudah mempunyai peralatan yang dibutuhkan. Tentunya modal yang digunakan untuk membuka usaha ini akan lebih murah.

 10. Usaha Kue Tradisional

Setiap daerah pada umumnya mempunyai penganan khas yang mempunyai cita rasa tersendiri.

Oleh karena itu, jualan kue tradisional khas Kabupaten Ende merupakan usaha di Kabupaten Ende yang menguntungkan karena masih mempunyai permintaan yang tinggi.

Hal tersebut disebabkan jenis usaha di kampung selalu punya tempat di hati masyarakat Kabupaten Ende, ditambah dengan semakin berkembangnya teknologi kemasan yang dapat membuat kemasan pegangan tradisional lebih higienis dan menarik.

Usaha potensial di Kabupaten Ende ini juga mempunyai modal yang cukup terjangkau karena biasanya bahan baku utamanya masih banyak tersedia di lahan-lahan pertanian di Kabupaten Ende.  (Silvia) ***

 

Editor: redaksi

RELATED NEWS