Otoritas Jasa Keuangan: 'Masyarakat Jangan Cemas karena MIM 3 Triliun Bank NTT Bakal Terpenuhi

redaksi - Jumat, 13 Januari 2023 13:35
Otoritas Jasa Keuangan: 'Masyarakat Jangan Cemas karena MIM 3 Triliun Bank NTT Bakal TerpenuhiKepala OJK NTT Japarmen Manalu (sumber: Eman Krova)

ENDE (Floresku.com) - Regulator Perbankan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nusa Tenggara Timur menghimbau seluruh masyarakat NTT agar tidak cemas dengan kondisi Bank NTT saat ini. Sebab, pemenuhan Modal Inti Minimum (MIM) Bank NTT sesuai yang diisyaratkan POJK, bakal terpenuhi.

“Terkait dengan Bank NTT, kita sudah melakukan upaya-upaya. Jadi dalam rangka pembinaan pengawasan bank, kami melakukan yang namanya prudential meeting secara berkala. Dan ini sudah menjadi perhatian kita. Pada tahun 2022 modal inti Bank NTT adalah Rp 2,3 triliun, masih ada kekurangan sekitar Rp 647 miliar, "sebut Kepala OJK NTT, Japarmen Manalu seperti dilansir dari SelatanIndonesia.com, Kamis 12 Januari 2023.

"Tapi untuk memenuhi itu dilakukan dengan cara melalui tambahan modal setor dan oleh Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) itu memungkinka membentukya Kelompok Usaha Bank (KUB). Itu dilakukan melalui merger akusisi, dijual kepada investor dan satu lagi adalah ikut sertanya bank lain dalam bentuk KUB,” katanya lagi.

Disebutkan Japarmen, tentang penambahan modal setor sampai dengan sekarang belum dipenuhi, walaupun masih ada waktu. 

“Ini kan sekarang masih Januari, tapi kita tidak mau mengalami keterlambatan pada batas waktu yaitu 31 Desember 2024. Jadi kita dalam prudential meeting itu selalu mengingatkan langkah-langkah apa yang harus dilakukan,” sebutnya.

Japarmen menjelaskan, tentang skema KUB, yang sudah berminat serius adalah Bank DKI dan ditandai dengan penandatanganan MoU antara Bank NTT dengan Bank DKI di momentum Puncak Perayaan HUT ke 64 NTT di Desa Hameli Ate, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya pada 20 Desember 2022 lalu.

“Mereka sudah melakukan MoU tapi PKS kesepakatannya belum. Kita meminta supaya disusun ‘time schedule’ tahapan-tahapn yang akan dilakukan dan selalu melakukan evaluasi terhadap tahapan dimaksud.

Juga sembari secara paralel menjalin komunikasi dengan peminat KUB lainnya karena ada empat peminat sehingga yang terpilih adalah Bank yang paling banyak menghasilkan keuntungan bagi bank NTT. 

"Karens selain Bank DKI, kami sudah diinformasikan bahwa sudah ada Bank Jatim dan Bank Jabar serta BPD Bali juga berminat. Jadi ada empat BPD yang berminat untuk KUB bersama Bank NTT. Ibaratnya Bank NTT ini gadis desa yang cantik jelita sedang diperebutkan empat pemuda,” ujar Japermen.

Ia menambahkan, OJK akan terus melakukan komunikasi yang bagus dengan Bank NTT dan empat BPD ini untuk melihat mana yang lebih menguntungkan. 

Pihaknya akan melihat banyak banyak hal yang menjadi pertimbangan-pertimbangannya.

“Jadi, kesimpulannya bahwa informasi yang ada di masyarakat terkait dengan pemenuhan modal inti minimum Bank NTT itu sedang dalam proses. Dan, sampai saat ini masih  berjalan dengan baik dan kita sudah memberikan alternatif solusi. Jadi kalau misalnya Pemprov, Pemkab dan Pemkot tidak bisa melakukan setoran sampai dengan batas waktu, kita sudah menyediakan ruang alternatif melalui KUB. Jadi masyarakat NTT dan publik pada umumnya, tidak perlu khawatir mengenai Bank NTT,” tegasnya.

Japermen menambahkan, secara teknikal dan upaya-upaya yang dilakukan Bank NTT saat ini untuk memenuhi modal inti bank, OJK sangat optimis. 

“Sudah ada empat BPD yang sangat berminat bahkan salah satu diantaranya sudah menandatangani Nota Kesepahaman yaitu Bank DKI. Kalau kita maunya dua-duanya harus jalan yaitu tambahan modal disetor dan KUB juga harus jalan. Karena kita juga perlu menjaga posisi tawar diantara empat bank ini,” ujarnya. (Rian)****

Editor: redaksi
Tags MIMojkbank nttNTTBagikan

RELATED NEWS