Para Uskup di Zimbabwe Suarakan Kekhawatiran atas Kekeringan, Dampak El Niño

redaksi - Senin, 08 April 2024 16:31
Para Uskup di Zimbabwe Suarakan Kekhawatiran atas Kekeringan, Dampak El NiñoKekeringan di Zimbabwe (sumber: www.katolikku.com)

YOUNDÉ, Kamerun (Floresku.com)– Ketika fenomena iklim El Niño mengakibatkan kekeringan dan kekurangan pangan di beberapa negara Afrika, para uskup Katolik di Zimbabwe mengeluarkan seruan mendesak untuk menghindari apa yang mereka sebut sebagai risiko kelaparan yang serius.

Menurut Organisasi Meteorologi Dunia (WMO), El Niño mencapai puncaknya pada bulan Desember yang akan mengakibatkan suhu di atas normal hingga bulan Mei. Lonjakan suhu ini telah berdampak pada beberapa negara di Afrika Selatan, termasuk Malawi, Mozambik, Namibia, Zambia, dan Zimbabwe. Menurut Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO), peningkatan suhu telah memicu musim kemarau, curah hujan yang rendah dan tidak menentu, serta peningkatan suhu dan banjir. , yang semuanya menyebabkan rendahnya hasil panen.

Di Zimbabwe, pemerintah baru-baru ini memperkirakan bahwa kekeringan akibat El Niño telah menyebabkan 2,7 juta orang berisiko kelaparan. Dalam pernyataan yang dikeluarkan pada tanggal 4 April, anggota Konferensi Waligereja Zimbabwe (ZCBC) meminta organisasi dan lembaga kemanusiaan untuk mengumpulkan sumber daya. dan mencegah hilangnya nyawa akibat dampak buruk kekeringan.

“Perubahan iklim yang banyak dibicarakan sekali lagi menunjukkan dampak buruknya. Konsekuensi dari kekeringan sangat mengerikan, namun ketika kekeringan melanda orang-orang yang sudah berjuang, kehancurannya sungguh di luar imajinasi,” kata para uskup.

“Sebagian besar masyarakat di daerah pedesaan yang melakukan pertanian subsisten telah kehilangan sumber penghidupan mereka. Kondisi padang rumput yang kering akan berdampak negatif terhadap kawanan ternak di pedesaan. Sebagai sebuah bangsa, kita dihadapkan pada ancaman terhadap mata pencaharian dan kerawanan pangan,” kata mereka.

Para uskup menyerukan upaya bersama untuk mengatasi situasi ini.

“Kita semua mempunyai tugas dan kewajiban untuk membantu mereka yang membutuhkan, terlebih lagi mereka yang terkena dampak kekeringan. Kini saatnya kita bangkit dan menghadapi tantangan tersebut. Bersama-sama kita menjadi lebih kuat dan dapat memberi makan banyak orang. Ketika sedikit yang kita miliki dengan murah hati diserahkan ke tangan Tuhan, Dia melipatgandakannya, dan semua orang akan merasa kenyang,” kata mereka.

Presiden Zimbabwe Emmerson Mnangagwa telah menyatakan kekeringan yang disebabkan oleh El Nino sebagai bencana nasional. Menulis di huruf ‘X’, Mnangagwa berkata: “Warga Zimbabwe yang terkasih…kekeringan yang disebabkan oleh perubahan iklim memerlukan tindakan dan intervensi sebagaimana diatur dalam undang-undang kami. Untuk itu, dengan ini saya mendeklarasikan Keadaan Bencana secara nasional.”

Dalam konferensi pers tanggal 3 April, Mnangagwa mengatakan negaranya membutuhkan bantuan pangan senilai $2 miliar untuk membantu jutaan orang yang mengalami kelaparan.

“Tidak ada warga Zimbabwe yang harus menyerah atau mati karena kelaparan,” katanya.

Mnangagwa mengulangi bahwa lebih dari 2,7 juta orang, yang merupakan sekitar seperenam populasi negara, kekurangan akses terhadap pangan tahun ini karena buruknya hasil panen akibat kekeringan yang sedang berlangsung.

Ia menyerukan kepada badan-badan PBB, pengusaha lokal, dan organisasi amal keagamaan untuk bergabung dan memberikan bantuan kemanusiaan yang penting untuk mengatasi situasi kritis ini.

Dalam komentarnya kepada Crux, Pastor Issac Muzenda dari Keuskupan Mavingo menggarisbawahi perlunya informasi yang memadai agar masyarakat dapat mengatasi dampak El Niño.

“Sudah sewajarnya masyarakat mempunyai informasi yang lengkap mengenai permasalahan yang menimpa mereka, termasuk dampak El Niño,” ujarnya. “Dengan cara ini, saya berusaha sebaik mungkin untuk menjelaskan apa itu dan bagaimana dampaknya tidak hanya terhadap musim pertanian saat ini, namun juga mata pencaharian mereka dan kehidupan Gereja.”

Menggaungkan permohonan para Uskup, Muzenda meminta seluruh warga Zimbabwe untuk “memperlakukan satu sama lain dengan hati-hati.”

“Lembaga-lembaga Gereja, seperti Caritas, telah berpengaruh sebelumnya dan masih menjadi cara untuk menjangkau kelompok paling rentan di antara kita,” katanya kepada Crux.

Para uskup di negara tersebut juga memperingatkan terhadap politisasi krisis pangan, dengan menyatakan bahwa “kelaparan tidak mengenal perpecahan politik; warga negara inilah yang membutuhkan. Demikian pula, kami ingin menghimbau kepada mereka yang mungkin ingin mengambil keuntungan dari situasi ini untuk mendapatkan keuntungan, bahwa ini bukan saat yang tepat.”

Badan kemanusiaan Katolik Caritas telah mulai memobilisasi sumber daya untuk mengatasi krisis pangan, dengan para pejabatnya menilai dampak El Niño terhadap masyarakat, dan berencana untuk mendistribusikan bahan makanan seperti gula, kacang-kacangan, dan minyak sayur. (Sumber: www.katolikku.com). ***

RELATED NEWS