Pemdes Golo Tolang Gandeng UPTD Puskesmas Ketang Berikan Bansos untuk Pasien Covid-19

redaksi - Selasa, 08 Maret 2022 11:01
Pemdes Golo Tolang Gandeng UPTD Puskesmas Ketang Berikan Bansos untuk Pasien Covid-19Pemdes Golo Tolang dan UPTD Puskesmas Ketang Berikan Bansos untuk para pasien Covid-19 di Desa Golo Tolang. (sumber: Edvon)

BORONG (Floresku.com)-Setelah puluhan orang warga Desa Golo Tolang, Kecamatan Kota Komba Utara, Kabupaten Manggarai Timur (Matim) terkonfirmasi positif Covid-19, Pemerintah Desa (Pemdes) Golo Tolang bersama UPTD Puskesmas Ketang, datangi pasien Covid-19 untuk berikan bantuan sosial.

Ada pun jenis bantuan antara lain: masker, susu, dan telur ayam guna meningkatkan imun tubuh pasien Covid-19 selama menjalankan isolasi mandiri.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Golo Tolang, Lexianus Andung menjelaskan bantuan yang dibagikan merupakan respon cepat dari Pemdes.

Menurut Lexianus bantuan tersebut bersumber dari anggaran Dana Desa (ADD) 8 (delapan) persen. Sedangkan untuk rincian pembagian bantuan, itu berdasarkan jumlah sasaran yang terpapar Covid-19.

"Bantuan yang disalurkan merupakan bentuk tanggapan darurat dan respon cepat desa. Sebelumnya pemdes sudah bagikan masker dan semprot disinfektan ke rumah-rumah pasien yang terpapar Covid-19. Bantuan sosial  ini adalah bantuan untuk tambahan makanan,"Jelasnya, Senin, 07 Maret 2022.

Sementara itu Kepala Puskesmas Ketang, Dominikus Juma mengatakan pemberian bansos kepada pasien Covid-19 tersebut sudah menjadi kewajiban Pemdes.

Lebih lanjut ia jelaskan, petugas kesehatan terus mensosialisasikan kepada pasien Covid-19 selama menjalankan isolasi mandiri, memberikan obat serta melakukan kembali tes rapid antigen.

"Pemdes sudah bekerja dengan baik dalam penyerahan bansos untuk pasien yang terpapar covid. Begitupun dengan pihak Puseksmas obat-obatan terus disalurkan. Mohon masyarakat tetap patuhi protokol kesehatan," pungkasnya. (Filmon Hasrin). ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS