Pendamping PMI dan Ketua Dewan Pembina PADMA Indonesia, Gabriel Goa Desak Pemprov NTT Rebranding PMI

redaksi - Sabtu, 18 November 2023 21:33
Pendamping PMI dan Ketua Dewan Pembina PADMA Indonesia, Gabriel Goa Desak Pemprov NTT Rebranding PMIGabriel Goa (sumber: Dokpri)

JAKARTA (Floresku.com) - Terus bertambahnya angka kematian Pekerja Migran Indonesia asal.NTT dan kini jenazahnya berjumlah 135 hingga 18 November 2023 wajib menjadi atensi dan.aksi.serius Pemprov dan Pemkab se-NTT. 

Fakta membuktikan dari hasil investigasi PADMA INDONESIA (Pelayanan.Advokasi untuk Keadilandan Perdamaian Indonesia) di NTT bahwa setiap saat Calon Pekerja Migran berangkat ke luar NTT untuk mencari sesuap nasi tanpa dibekali ketrampilan bersertifikat di BLK dan diproses semua persyaratannya melalui Layanan Terpadu Satu Atap. 

Parahnya hanya ada beberapa BLK PMI di NTT yang memenuhi persyaratan dan berada di Kupang sedangkan di Sumba dan Flores belum ada. 

BLK Swasta yang memenuhi standar 3D(D ilatih, Disertifikasi dan Ditempatkan) yakni milik P3MI (Perusahaan Pengerah Pekerja.Migran Indonesia) di Kupang dan milik Tarekat Don Bosco di Tambolaka, Sumba Barat Daya. 

Bukan waktunya lagi saling menyalahkan tetapi selamatkan anak-anak NTT agar tidak mati sia-sia dengan kolaborasi pentahelix.

Pertama, melakukan sosialisasi pencegahan Human Trafficking melalui GEMA HATI MIA (Gerakan Masyarakat Anti Huma Trafficking dan Migrasi (Aman)) mulai dari desa melalui kebijakan Peraturan Desa Migrasi Aman. 

Kedua, mendesak Penjabat Gubernur NTT bersama semua Pemkab/Pemkot se NTT untuk melakukan gerakan Rebranding Pekerja Migran Indonesia asal NTT dengan menyiapkan SDM handal melalui BLK dan Pendidikan Vokasi Standar Nasional dan Internasional serta dilayani melalui Layanan Terpadu Satu Atap untuk mengurus semua persyaratan formil mulai dari KTP, Paspor, Perjanjian Kerja, Visa Kerja ,Check up Kesehatan, asuransi jaminan sosial dan bank atau Pos Giro penerima remitensi. 

Ketiga, melakukan pelindungan kepada Pekerja Migran Indonesia asal NTT baik melalui skema Mandiri dan P3MI yang terdaftar resmi di Kemnaker dan BP2M .serta melaporkan ke Perwakilan RI di Luar Negeri.

Keempat,menyiapkan Calon Pekerja Migran Indonesia asal NTT yang handal sekaligus menjadi Duta Pariwisata dan Misionaris Awam bekerjasama dengan para misionaris asal NTT yang tersebar di seluruh dunia. 

"Kami siap membantu Pak Penjabat Gubernur NTT untuk Rebranding PMI NTT ke.depan bisa menghasilkan remitensi bagi NTT sekaligus.menjadi Duta Pariwisata NTT dan Misionaris Awam ke seluruh dunia membantu para Misionaris asal NTT yang.sudah melayani di seluruh dunia.Diaspora NTT akan membangun dan memajukan NTT keluar dari kemiskinan dan gizi buruk,"tegas Grabrien Goa, Pendamping PMI. (Sil). ***

RELATED NEWS