Pesona Wisata Pantai Boler di Tapobali Lembata, Ada Gua Sarang Walet

redaksi - Minggu, 05 Juni 2022 20:28
Pesona Wisata Pantai Boler di Tapobali Lembata, Ada Gua Sarang WaletPesona destinasi wisata Pantai Boler di Tapobali Lembata (sumber: PS)

LARANTUKA (Floresku.com) - Kabupaten Lembata, NTT punya sejuta pesona alam yang memukau. Salah satunya Wisata Pantai Boler di Desa Tapobali, Kecamatan Wulandoni.

Pantai ini punya magnet yang bisa membuat pengunjung betah. Selepas menikmati gurat bebatuannya yang terpacak megah, pengunjung seolah-olah meninggalkan hutang agar suatu waktu bisa kembali bertandang.

Pantai ini berjarak 46 kilo meter dari jantung Kota Lewoleba dengan waktu tempuh sekitar 2 jam baik menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Di Pantai Boler, pengunjung dapat merasakan sensasi ombak yang membuncah indah akibat menabrak bebatuan. 

Hembusan angin disana mampu mengusir pikiran stres. Onggokan batu besar menyerupai dermaga menambah keanggunan pantai.

Selain itu, wisata ini sudah dilengkapi bangunan Lopo dan MCK. 

Tepat di depan tempat parkir, terdapat deretan ibu-ibu penjual tenun ikat dan anyaman lontar.

Tidak hanya menyuguhkan kemolekan wisatanya, Pantai Boler juga punya sebuah gua berukuran cukup besar. Gua itu adalah rumah bagi ribuan ekor burung walet.

Kepala Desa Tapobali, Gucek Ledung mengatakan, warga desanya memanfaatkan gua itu menjadi tempat budidaya sarang burung Walet yang harganya semakin meroket di pasaran lokal hingga nasional.

"Pemasaran sarang walet itu sampai ke luar wilayah kabupaten dan umumnya mereka datang beli langsung disini," ujarnya kepada wartawan, Minggu, 05 Juni 2022.

Uniknya, budidaya sarang Walet secara alamiah itu dilakukan oleh suku Tobil yang bermukim di Dusun Walet, salah satu dari tiga dusun di Desa Tapobali.

"Hanya suku Tobil yang mempunyai hak untuk mengelola dan mendapatkan hasil dari sarang walet," katanya. (PS). ***

RELATED NEWS