Polres Manggarai Gencar Perangi Covid-19 dengan Program Vaksinasi Hingga ke Tingkat Kecamatan

redaksi - Kamis, 21 Oktober 2021 21:23
Polres Manggarai Gencar Perangi Covid-19 dengan Program Vaksinasi Hingga ke Tingkat KecamatanKegiatan vaksinasi untuk warga di wilayah Kecamatan Cibal, khususnya yang berdomisili di Kelurahan Pagal dan sekitarnya. (sumber: Jivansi)

RUTENG (Floresku.com) - Polres Manggarai terus gencar memerangi penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat. Salah satu yang dilakukannya adalah dengan mefasilitasi kegiatan vaksinasi tahap I yang terselenggara hingga ke beberapa kecamatan di Kabupaten Manggarai, termasuk kegiatan vaksinasi untuk warga di wilayah Kecamatan Cibal, khususnya yang berdomisili di Kelurahan Pagal dan sekitarnya.

Demikian IPDA I Made Budiarsa selaku Paur Subag Humas dalam keterangan tertulisnya yang diterima jurnalis media ini pada Rabu 20 Oktober 2021 malam.

Dijelaskannya bahwa giat vaksinasi yang digelar di Mapolsek Cibal, Kecamatan Cibal, Kabupaten Manggarai tersebut terlaksana atas sinergitas antara Kapolsek Cibal dan Kepala Puskesmas Pagal untuk membantu masyarakat dalam rangka mencegah Penyebaran Covid-19.

Baca juga: Masyarakat Adat Siap Hadapi Provokator Pemicu Konflik Tanah Adat di Labuan Bajo

"Giat Vaksinasi ini dipimpin oleh dr. Robertus Robyanus Renta dan dr Maria K. S Endang Dangur. Dan hadir juga Kapolsek Cibal Iptu Heriberrus D.E Edot bersama anggota, Kepala Puskesmas Pagal Maria Ermelinda Pakar A.md. Kep, dan Pos Ramil 16 - 01 Pagal SERKA Urip Sob Baba dan anggota, Perwakilan Petugas dari Dinas Kesehatan Manggarai Kristina P. Jujut. A.md, Kep dan Yunita A. Obidaka S. Kep, para Perawat dan Bidan dari Puskesmas Pagal," jelasnya.

Lebih lanjut, IPDA I Made Budiarsa menyebutkan bahwa ada beberapa mekanisme dan capaian dalam pelayanan Vaksinasi antara lain, jumlah Loket yang tersedia: 4 Loket, jumlah Tenaga Kesehatan (Vaksinator): 25 orang dari Puskesmas Pagal, jumlah ketersedian Vaksin: 100 Vial, target penerima Vaksin: 1000 orang, jumlah penerima Vaksin: 360 Orang/hari ini, jenis vaksin: Astrazeneca.

Baca juga:Setelah Rumahnya Dilahap Si Jago Merah, Lusia Ja Dapat Bantuan dari Forkoma PMKRI Matim

Sementara itu, dalam keterangan tertulis yang sama, Kapolsek Cibal Iptu Heriberrus D.E Edot menyampaikan himbauannya kepada masyarakat yang hadir dalam kegiatan Vaksinasi agar mematuhi Protkoler kesehatan di massa pandemik Covid-19 saat ini dengan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak serta menjauhi kerumunan.

Pada tempat yang sama, dr Maria K. S Endang Dangur menjelaskan jenis Vaksin yang diberikan dalam kegiatan vaksinasi tersebut adalah 'Astrazeneca' yang merupakan bantuan dari Mabes Polri dan di titipkan di Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai.

"Untuk itu, bagi warga yang menerima Vaksin 'Astrazeneca', agar hadir kembali tiga bulan kemudian untuk menerima Vaksin Tahap Kedua," ungkap dr Maria K. S Endang Dangur.

Baca juga: Dishub Kabupaten Ende Lakukan Uji Coba Lampu Lalu Lintas di Perlimaan Eltari, Kota Ende

Lebih lanjut, dr Maria K. S Endang Dangur menjelaskan, Vaksin Astrazeneca ini tidak diperuntukan untuk Ibu Hamil. Dan reaksi dari Vaksin 'Astrazeneca' umumnya itu nyeri, bengkak, panas, pegal, dan juga rasa sakit pada seluruh tubuh.

"Hal ini merupakan reaksi yang wajar, berkisar 2 sampai 6 hari. Bagi Warga yang mempunyai rekam medis agar disampaikan secara transparan kepada dokter," cetusnya. (Jiveansi) ***

Editor: Redaksi

RELATED NEWS