Presiden Buka Kongres GP Ansor di Atas KM Kelud

redaksi - Jumat, 02 Februari 2024 13:22
Presiden Buka Kongres GP Ansor di Atas KM KeludPresiden Jokowi membuka Konggres XVI GP Ansor (sumber: Istimewa)

JAKARTA (Floresku.com) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka kegiatan Kongres Nasional XVI GP Ansor di Terminal Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (2/2). 

Kongres ini akan dilakukan di kapal KM Kelud yang diberangkatkan dari Jakarta menuju Semarang.

Tampak hadir dalam acara tersebut sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, di antaranya Sekretaris Kabinet Moedoko, Menteri Agama sekaligus Ketua Umum GP AnsorYaqut Cholil Quumas, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menghadiri Kongres XVI GP Ansor, di Jakarta, Jumat (02/02). 

Pemukulan rebaba tanda dibukannya Konggres XVI GA Ansor

Turut hadir pula Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH. Yahya Cholil Staquf; Panglima TNI Agus Subiyanto; Kapolri Listyo Sigit Prabowo; Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono; serta para pengurus dan seluruh kader Gerakan Pemuda Ansor seluruh Indonesia.

Kegiatan yang mengangkat tema dengan tema GP Ansor Peta Jalan NU Masa Depan ini dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo.

Dalam sambutannya, Kepala Negara mengapresiasi peran kemasyarakatan dan kebangsaan yang dilakukan GP Ansor. Terutama dalam mengkampanyekan moderasi beragama dan mengawal demokrasi politik.

"Wajah NU ke depan akan diwarnai kepemimpinan dan arah gerak GP Ansor hari ini. Orang muda hari ini adalah pemimpin dan penentu masa depan," kata Presiden dalam sambutannya.

Presiden menyebut, Pemilu 14 Februari mendatang merupakan agenda akbar nasional. Oleh karena itu, ia meminta semua pihak, termasuk GP Ansor, untuk mendukung dan berpartisipasi.

Para peserta Konggres XVI GA Ansor

"Komitmen kita jelas, pemilu harus demokratis, pemilu harus dipastikan berlangsung aman dan tertib. Yang penting menggembirakan, tidak meresahkan, tidak menakutkan, tidak mengkhawatirkan, dan persatuan dan keutuhan bangsa harus di atas segala-galanya," ujarnya.

"Hukumnya fardu ain, hukumnya wajib bahwa GP Ansor harus di garda terdepan untuk menjaga persaudaraan dan keutuhan Indonesia. Untuk aktif mendinginkan suasana apabila tensi naik, kalau dingin-dingin enggak usah".

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Negara mengajak para ulama, tokoh agama, cendekiawan dan keluarga besar Ansor untuk mensukseskan pemilu. Hal ini untuk menjamin keberlanjutan pembangunan yang sudah berjalan.

"Indonesia emas hanya bisa kita raih dengan konsistensi perjuangan, kesinambungan, melangkah tanpa henti. Tugas kita bukan hanya mengawal pemilu, tugas kita juga mengawal pemerintahan ke depan, agar mampu menjalankan tugas sebaik-baiknya," ucapnya.

Kongres XVI ini akan diikuti oleh 1.700 kader terbaik GP Ansor. Kongres ini mengusung tema “GP Ansor: Peta Jalan NU Masa Depan”.

Dengan tema ini, GP Ansor ingin mempertebal posisinya di kancah peradaban. Usai dibuka oleh Presiden, kapal KM Kelud akan bergerak menuju Tanjung Emas Semarang.

GP Ansor atau Gerakan Pemuda Ansor adalah salah satu Badan Otonom Nahdlatul Ulama yang bergerak di bidang kepemudaan dan kemasyarakatan. GP Ansor resmi berdiri sejak Muktamar NU ke-9 pada tanggal 24 April 1934 M / 10 Muharram 1353 H di Banyuwangi. (*)
 

RELATED NEWS