Prodi Sarjana Keperawatan Unika St Paulus Ruteng, Siap Melaksanakan OSCE Berskala Nasional

redaksi - Rabu, 20 Juli 2022 11:54
Prodi Sarjana Keperawatan Unika St Paulus Ruteng, Siap Melaksanakan OSCE Berskala NasionalSuasana acara pelaihan Objective Structured Clincal Examination (OSCE) . (sumber: Jivansi)

RUTENG (Floresku.com) - Program studi (Prodi) Sarjana Keperawatan, Unika St Paulus Ruteng melaksanakan Objective Structured Clincal Examination (OSCE) berskala nasional selama dua  Senin (18/7) dan Selasa (19/7) 2022  di Aula De Lelis Fakultas Ilmu Kesehatan.

Diketahui bahwa pemateri kegiatan pelatihan  OSCE kali ini adalah  pendiri ACT Center.

"Pemateri kegiatan ini adalah Moh.Afandi,S.Kp.,PhD, pendiri  Acceleration Consulting and Training Center (ACT Center)", tutur Ketua Panitia OSCE, Ns.Yohana Hepilita.,M.Kep saat dijumpai awak media ini di kampus tersebut.

Pantauan media ini di lokasi kegiatan, terdapat puluhan peserta yang ikut. 

Sebagian besar dari para peserta adalah dosen Prodi Sarjana Keperawatan dan beberapa perawat utusan dari BLUD RSUD Dr.Ben Mboi Ruteng.

Yohana Hepilita mengungkapkan bahwa tujuan terlaksananya kegiatan ini untuk melatih para peserta menjadi penguji dalam Ujian Kompetensi Perawat Indonesia.

"Jika telah mengikuti kegiatan tersebut, maka akan dipersiapkan menjadi penguji yang berstandar nasional", ungkap Yohana Hepilita.

Pratik di sela acara  pelaihan Objective Structured Clincal Examination (OSCE)  (Foto; jivansi)

Sementara itu, Ketua Prodi Sarjana Keperawatan, Ns. Olivia Suyen Ningsih,.M.Kep mengungkapkan bahwa OSCE ini juga nantinya akan diterapkan kepada mahasiswa untuk pengujian skillnya.

"Ke depannya, kami akan terapkan OSCE ini dalam menguji skill mahasiswa meski masih di tingkat lokal, tetapi dengan standar yang sudah sesuai," terang  Ns.Oliva Suyen Ningsih.,M.Kep.

Salah satu peserta, dosen Keperawatan Medikal Bedah pada Prodi Sarjana Keperawatan, Ns. Lidwina Dewianti Wea.,M.Kep mengungkapkan kesan yang baik setelah mengikuti kegiatan tersebut.

"Kami sangat senang dan bersyukur dapat mengikuti kegiatan ini. Kami dapat lebih memahami metode pengujian keterampilan mahasiswa secara lebih objektif, terstruktur dan terstandar," tutur Ns. Lidwina D.Wea.,M.Kep.

Diketahui kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan, Unika St.Paulus Ruteng.  Pater David Djerubu SVD, S.Fil., M.A.

Pater David menyambut dengan baik kegiatan ini dalam rangka peningkatan kompetensi para dosen. (Jivansi). ***

RELATED NEWS