Putin Butuh Tambahan 137.000 Tentara

MAR - Jumat, 26 Agustus 2022 18:19
Putin Butuh  Tambahan 137.000 TentaraPresiden Putin (tengah) dengan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu (kiri) serta Panglima militer Rusia Valery Gerasimov (sumber: TASS)

 

MOSKOW (Floresku.com) - Presiden  Vladimir Putin pada  Kamis 25 Agustus 2022 memerintahkan militer Rusia untuk menambah jumlah pasukan sebanyak 137.000 menjadi total 1,15 juta. 

Perintah ini diturunkan  di tengah aksi militer  Rusia di Ukraina yang masih terus berlangsung.

Keputusan Putin yang mulai berlaku pada 1 Januari itu  tidak merinci apakah militer akan meningkatkan kekuatannya dengan menyusun wajib militer dalam jumlah yang lebih besar, meningkatkan jumlah tentara sukarelawan, atau menggunakan kombinasi keduanya. 

Tetapi beberapa analis militer Rusia memperkirakan upaya ini akan sangat bergantung pada sukarelawan. Sikap  hati-hati yang mencerminkan kekhawatiran Kremlin tentang kemungkinan dampak dari upaya untuk meningkatkan wajib militer.

Sebagaimana dilaporkan Associated Press  Kamis 25 Agustus 2022, keputusan presiden akan meningkatkan jumlah keseluruhan personel militer Rusia menjadi 2.039.758. Jumlah ini  termasuk 1.150.628 tentara. Perintah sebelumnya menempatkan nomor militer masing-masing di 1.902.758 dan 1.013.628 pada awal 2018.

Kremlin mengatakan bahwa hanya tentara kontrak sukarela yang ambil bagian dalam apa yang mereka sebut sebagai "operasi militer khusus" di Ukraina. Mereka  menolak klaim bahwa mereka sedang mempertimbangkan mobilisasi.

Media dan organisasi non-pemerintah Rusia mengatakan pihak berwenang  telah berusaha  meningkatkan jumlah tentara yang terlibat dalam aksi militer di Ukraina. Salah satunya  dengan menarik lebih banyak sukarelawan, melibatkan kontraktor militer swasta dan bahkan menawarkan amnesti kepada beberapa tahanan dengan imbalan tur tugas militer.

Otoritas regional juga telah mencoba untuk membantu memperkuat barisan dengan membentuk batalyon sukarelawan yang akan dikerahkan ke Ukraina.

Wajib militer

Semua pria Rusia berusia 18-27 harus menjalani satu tahun di militer. Tetapi sebagian besar menghindari wajib militer karena alasan kesehatan atau penangguhan yang diberikan kepada mahasiswa. 

Militer Rusia mengumpulkan wajib militer dua kali setahun yakni  mulai 1 April dan 1 Oktober. Dalam beberapa tahun terakhir Kremlin telah menekankan peningkatan  tentara kontrak sukarela. Ini dilakukan  karena Moskow berusaha untuk memodernisasi tentara dan meningkatkan kemampuannya. 

Sebelum Kremlin mengirim pasukan ke Ukraina pada 24 Februari, militer Rusia memiliki lebih dari 400.000 tentara kontrak, termasuk sekitar 147.000 di pasukan darat. Jumlah wajib militer diperkirakan sekitar 270.000, dan sisanya adalah perwira dan bintara.

Analis militer mengatakan jika kampanye di Ukraina berlarut-larut, angka-angka itu jelas tidak cukup untuk menopang operasi di Ukraina, Rusia diperkirakan bertujuan membentuk militer berkekuatan 1 juta orang.

Tetapi banyak pengamat telah memperingatkan  mobilisasi  luas atau peningkatan jumlah wajib militer dapat memicu ketidakpuasan publik dan mengacaukan situasi politik di Rusia. 

Hal itu  juga terjadi selama perang separatis di Chechnya pada 1990-an dan awal 2000-an. Saat itu  wajib militer Rusia yang kurang terlatih dikirim ke medan perang dan menderita kerugian besar.

Pensiunan Kolonel Viktor Murakhovsky mencatat  keputusan Putin pada  Kamis mencerminkan tekanan untuk mengisi barisan di tengah aksi militer di Ukraina.

Dalam komentar yang dibawa oleh outlet berita online RBC  dia menyebut  Kremlin kemungkinan akan mencoba  tetap mengandalkan sukarelawan dan memperkirakan mereka akan bertanggung jawab atas sebagian besar peningkatan yang diperintakan  Kremlin.

Pakar militer Rusia lainnya Alexei Leonkov, juga mengatakan pihak berwenang tidak akan memperluas wajib militer dan akan  mempekerjakan lebih banyak tentara kontrak.

Menurutnya peralatan  militer baru  lebih kompleks, dan orang-orang yang mengoperasikannya membutuhkan pelatihan setidaknya selama tiga tahun.  Dekrit Putin tidak akan membantu itu, jadi tidak akan ada peningkatan jumlah wajib militer. 

 

Editor: MAR

RELATED NEWS