Serikat Media Siber Indonesia Sikka Resmi Terbentuk dan Terdaftar di Kesbangpol Kabupaten Sikka

redaksi - Senin, 04 April 2022 20:38
Serikat Media Siber Indonesia Sikka Resmi Terbentuk dan Terdaftar di Kesbangpol Kabupaten SikkaPengurus SMSI Sikka mendaftarkan organisasi SMSI secara resmi di Kesbangpol Sikka, Senin 04 April 2022. (sumber: Mardat)

MAUMERE (Floresku.com) - Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) resmi terbentuk di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. Hal ini dibuktikan dengan  terbitnya Surat Keputusan (SK) Pengesahan Pengurus SMSI Sikka. 

 SK bernomor : 004/KPTS/SMSI-DPW.NTT/III/2022 tentang Pengesahan Pengurus SMSI Kabupaten Sikka masa bhakti 2022-2027 diterbitkan oleh Pengurus DPW SMSI Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Setelah menerima SK tersebut, pada Senin 4 April 2022,  Pengurus DPD SMSI Kabupaten Sikka yang terdiri dari Ketua SMSI Sikka Gabriel Langga;  Sekretaris SMS Sikka, Wilhelmus Toka;  dan Bendahara SMSI Sikka Irma Suswanti langsung menuju ke Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sikka  untuk mendaftarkan organisasi SMSI  secara resmi di Kesbangpol.

Kedatangan mereka bertiga ini pun langsung disambut hangat oleh Kepala Dinas Kesbangpol Kabupaten Sikka Servatius Sewar.

Ketua DPD SMSI Kabupaten Sikka, Gabriel Langga menjelaskan  kedatangannya bersama teman-teman  dengan tujuan melaporkan keberadaan organisasi SMSI sekaligus menyerahkan berkas-berkas untuk memenuhi persyaratan pendaftaran organisasi kemasyarakatan di Kesbangpol Kabupaten Sikka.

“Tadi kedatangan kami langsung diterima oleh Kadis Kesbangpol Sikka. Tadi juga kami serahkan dokumen ke yang bersangkutan,”papar dia.

Dia pun menambahkan SMSI adalah organisasi perusahaan pers online atau Siber  yang sudah menjadi konstituen Dewan Pers. Organisasi ini berkantor pusat di Jakarta dan memiliki jaringan di setiap provinsi sampai ke kabupaten Kota yang ada di Indonesia.

“ Sesuai dengan AD/ART organisasi, SMSI bertujuan untuk mewujudkan ekosistem industri Media Siber yang sehat, mandiri dan bermartabat,” papar angga sapaan akrab.

Disampaikan lagi, selain mendata media siber di Kabupaten Sikka,  SMSI juga ke depannya akan melakukan verifikasi terhadap media-media siber yang bergabung dengan SMSI.

"Kita akan mendata perusahaan media yang ada di Kabupaten Sikka . Nantinya juga kita akan membantu perusahaan media siber anggota SMSI agar memenuhi syarat perusahaan media terverifikasi sebagaimana diminta oleh Dewan Pers," tutup Angga ini.

Sekretaris DPD SMSI Kabupaten Sikka, Wilhelmus Toka menambahkan tugas utama anggota SMSI kedepannya fokus dalam pendataan dan verifikasi media online, termasuk SMSI Kabupaten Sikka. 

“ Jadi urusan SMSI bukan hanya produk jurnalistik, tapi juga membangun perusahaan yang sehat secara ekonomi serta bermartabat,” terang Wiliam ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesbangpol Kabupaten Sikka Servatius Sewar mengucapkan terimakasih kepada organisasi SMSI yang sudah mendaftarkan organisasi media ini di Kesbangpol Kabupaten Sikka. 

Menurut dia, semua organisasi kemasyarakatan yang beraktivitas di Kabupaten Sikka wajib melaporkan kepada Kesbangpol agar kita bisa memantau setiap kegiatan-kegiatan yang dilakukan organisasi yang ada di daerah termasuk SMSI.

“Untuk di Sikka sendiri,organisasi baru pertama kali mendaftar ini adalah SMSI khusus dibidang media. Saya ucapkan terimakasih kepada SMSI yang sudah mendaftar,” ungkap Sewar ini.

Ia pun berjanji setelah ini pihaknya akan memberikan surat keterangan terdaftar (SKT). Selanjutnya bisa digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh SMSI yang ada di Kabupaten Sikka.

“Ketika dokumen yang diserahkan itu akan kita teliti. Secepatnya nanti kita berikan surat keterangan terdaftar,” pungka dia

Menurut dia lagi, dengan kehadiran SMSI di Kabupaten Sikka memberikan warna tersendiri terutama berkaitan dengan pemberitaan yang ditulis oleh teman-teman media. 

Maka dari itu ia berharap SMSI harus memberikan kontribusi bagi daerah dengan memberikan edukasi kepada masyarakat melalui kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah lewat pemberitaannya.

“Kita harapkan ada kerjasama yang baik antara pemerintah daerah dengan SMSI. Kita sebagai pemerintah siap bersinergi dengan SMSI,” ujar Sewar ini. (Mardat). ***

RELATED NEWS