Siapkan Dana Rp750 Miliar, Ditjen Diktiristek Resmi Buka Program Dana Padanan Kedaireka 2024

redaksi - Rabu, 04 Oktober 2023 07:21
Siapkan Dana Rp750 Miliar, Ditjen Diktiristek Resmi Buka Program Dana Padanan  Kedaireka 2024Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemdikbudristek RI, Nizam saat membuka penerimaan proposal Program Dana Padanan (Matching Fund) Tahun 2024 yang ditandai dengan Soft Launching secara daring pada Senin, 2 Oktober 2023. (sumber: Riki - Satkaara)

JAKARTA (Floresku.com)– Setelah sukses dengan penyelenggaraan di tiga tahun sebelumnya, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Kemendikbudristek RI melalui Kedaireka secara resmi membuka penerimaan proposal Program Dana Padanan (Matching Fund) Tahun 2024. Kegiatan tersebut ditandai dengan Soft Launching secara daring pada Senin, 2 Oktober 2023 oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemdikbudristek RI, Nizam.

Kegiatan Soft Launching turut dihadiri Sekretaris Ditjen Diktiristek yang diwakilkan oleh PPK Program Dana Padanan Didi Rustam serta insan Perguruan Tinggi dan Industri. Kemudian pemaparan substansi dan struktur proposal disampaikan oleh Tim Substansi Program Dana Padanan 2024 Setyawan P. Sakti.  

PPK Program Dana Padanan (Matching Fund) Didi Rustam memberikan paparan saat kegiatan Soft Launching Program Dana Padanan (Matching Fund) Tahun 2024 secara daring pada Senin, 2 Oktober 2023. (Sumber: Riki - Satkaara)

Alokasi pendanaan yang sudah disiapkan oleh Ditjen Diktiristek untuk Dana Padanan Kedaireka 2024 mencapai total Rp750 Miliar. 

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemdikbudristek RI, Nizam menyampaikan bahwa dana tersebut diharapkan dapat diserap secara optimal untuk menghasilkan karya-karya yang lebih gemilang dan sinergi inovasi pentahelix (semangat Kampus Merdeka) betul-betul berdampak pada kemajuan bangsa dan negara.

“Tema proposal yang diajukan masih difokuskan pada lima prioritas riset/rekacipta untuk mendukung transformasi ekonomi Indonesia. Yaitu Ekonomi Hijau, Ekonomi Biru, Ekonomi Digital, Penguatan Pariwisata, dan Kemandirian Kesejahteraan. Harapannya dengan tema-tema tersebut, Program Dana Padanan Kedaireka ini semakin menghilir dan masalah yang dialami industri segera menghulu ke agenda riset di perguruan tinggi, “ujar Nizam.

Tahapan Pengajuan Proposal Dana Padanan Kedaireka Tahun 2024

Insan perguruan tinggi bersama mitra DUDI dapat mengajukan proposal Dana Padanan Kedaireka Tahun 2024 melalui website www.kedaireka.id selama periode 1–31 Oktober 2023. 

Selanjutnya tahap Desk Evaluasi Proposal pada 1-10 November 2023 dan Pengumuman Hasil Desk Evaluasi Proposal pada 13-15 November 2023. 

Kemudian dilanjutkan dengan Presentasi Proposal pada 20-30 November 2023 dan Pengumuman Hasil Presentasi Proposal pada 2 Desember 2023.

Tahap berikutnya Verifikasi dan Evaluasi Kelayakan Anggaran pada 4-15 Desember 2023 dan Penetapan Penerima Pendanaan pada 20 Desember 2023.

Program Dana Padanan 2024 diluncurkan pada awal Oktober ini, agar proposal dapat segera dirancang, diajukan dan dievaluasi pada tahun ini juga. 

Sehingga pelaksanaan program pada 2024 dapat berjalan lebih optimal dan mempunyai waktu yang cukup untuk diimplementasikan.

Melalui program ini, dosen-dosen di tanah air diberi kesempatan berkolaborasi untuk menghasilkan karya reka cipta yang solutif dan inovatif di tengah kebutuhan dan tantangan masyarakat.

Nizam menambahkan, “Kami berharap Program Dana Padanan Kedaireka 2024 memberikan solusi bagi DUDI dan masyarakat serta berdampak terhadap kemajuan ekonomi, sosial, budaya dan teknologi di masyarakat maupun DUDI.

Komitmen dari para mitra DUDI juga kami harapkan betul-betul konkret, yang tentu disesuaikan dengan kapasitas dan bentuk nature dari masing-masing mitra tersebut. Hal ini untuk memastikan bahwa program yang diimplementasikan dapat digunakan untuk memajukan perekonomian kita dan sosial budaya masyarakat,” ujar Nizam.

Dana Padanan (Matching Fund) 2023 Diikuti Oleh 5.652 Proposal     

PPK Program Dana Padanan Didi Rustam menyampaikan bahwa pada pelaksanaan Dana Padanan (Matching Fund) 2023 melibatkan 5.652 proposal yang mendaftar. 

Dari jumlah proposal yang masuk, tahun 2023 mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya, yakni 1.273 proposal pada 2021 dan 4.767 proposal pada 2022.

“Dengan adanya animo insan Dikti yang cukup tinggi, kami melaksanakan proses seleksi yang terdiri dari beberapa tahap. Kemudian dari tahun ke tahun ada perbaikan layanan bagi insan Dikti dan para pengusul melalui proses yang lebih sederhana, efektif dan efisien. Hal ini dilakukan agar mendapatkan proposal yang lebih berkualitas.

Kemudian sebagai tindak lanjut dari Soft Launching Program Dana Padanan Kedaireka 2024 yang sudah dilakukan, Ditjen Diktiristek juga akan menyelenggarakan Grand Launching secara hybrid (luring & daring) dalam waktu dekat ini. 

Pada Grand Launching akan melibatkan dan mengundang insan perguruan tinggi, DUDI, mitra swasta, pemerintah (pusat maupun daerah) dan BUMN,” tutup Didi.  (SP). ***

RELATED NEWS