Simak, 5 Pelajaran Hidup dari Santo Paus Yohanes Paulus II

redaksi - Selasa, 22 Oktober 2024 08:49
Simak, 5 Pelajaran Hidup dari Santo Paus Yohanes Paulus IISanto Paus Yohanes Paulus II (sumber: www.britannica.com)

JAKARTA (Foresku.com) - Hari ini, 22 Oktober, gereja Katolik merayakan Pesta Santo Yohanes Paulus II.

Orang kudus yang bernama asli Karol Józef Wojtyła itu lahir 18 Mei 1920, Wadowice, Polandia—meninggal 2 April 2005, Kota Vatikan; dibeatifikasi 1 Mei 2011; dikanonisasi 27 April 2014; hari raya 22 Oktober.

Ia adalah uskup Roma dan kepala Gereja Katolik Roma dari 1978 hingga 2005. Ia adalah paus non-Italia pertama dalam 455 tahun dan yang pertama dari negara Slavia.

Masa kepausannya yang lebih dari 26 tahun merupakan yang terpanjang ketiga dalam sejarah. Sebagai bagian dari upayanya untuk mempromosikan pemahaman yang lebih besar antara negara-negara dan antara agama-agama.

Ia melakukan banyak perjalanan ke luar negeri, menempuh jarak yang jauh lebih jauh daripada yang telah dilakukan semua paus lainnya, dan ia memperluas pengaruhnya di luar gereja dengan berkampanye melawan penindasan politik dan mengkritik materialisme Barat.

Ia juga mengeluarkan beberapa permintaan maaf yang belum pernah terjadi sebelumnya kepada kelompok-kelompok yang secara historis telah dirugikan oleh umat Katolik, terutama orang Yahudi dan Muslim.

“Yesuslah yang Anda cari saat Anda memimpikan kebahagiaan; Dia menunggu Anda saat tidak ada hal lain yang dapat memuaskan Anda..."

Santo Yohanes Paulus II adalah salah satu tokoh paling berpengaruh dalam sejarah iman kita. Kata-katanya memiliki dampak yang bertahan lama pada Gereja Katolik dan dunia, dan kebijaksanaannya benar-benar abadi.

Paus Santo Yohanes Paulus II menjabat sebagai Paus dari tahun 1978 hingga ia meninggal pada tahun 2005. Selama masa kepausannya, ia berbicara tentang banyak topik.

Berikut ini adalah beberapa bagian kebijaksanaan favorit saya dari orang suci yang hebat ini!

Berikut adalah lima pelajaran hidup dari Paus Santo Yohanes Paulus II:

1.Anda Tidak Sendirian dalam Perjuangan Anda

“Tidak ada kejahatan yang harus dihadapi yang tidak dihadapi Kristus bersama kita. Tidak ada musuh yang belum ditaklukkan Kristus.

Tidak ada salib yang harus dipikul yang belum dipikul Kristus bagi kita, dan sekarang tidak dipikul-Nya bersama kita.” (8 Oktober 1995)

2.Anda Diciptakan untuk Berhubungan dengan Yesus

“Yesuslah yang Anda cari ketika Anda memimpikan kebahagiaan; Ia menunggu Anda ketika tidak ada hal lain yang dapat memuaskan Anda; Ia adalah keindahan yang membuat Anda begitu tertarik;

Ialah yang membangkitkan Anda dengan rasa haus akan kepenuhan yang tidak akan membiarkan Anda puas dengan kompromi; Ialah yang mendesak Anda untuk melepaskan topeng kehidupan palsu;

Ialah yang membaca dalam hati Anda pilihan-pilihan Anda yang paling tulus, pilihan-pilihan yang orang lain coba untuk cegah.

“Yesuslah yang membangkitkan dalam diri Anda keinginan untuk melakukan sesuatu yang hebat dengan hidup Anda, keinginan untuk mengikuti sebuah cita-cita, penolakan untuk membiarkan diri Anda terpuruk oleh hal-hal yang biasa-biasa saja, keberanian untuk mengabdikan diri Anda dengan rendah hati dan sabar untuk memperbaiki diri Anda dan masyarakat, menjadikan dunia lebih manusiawi dan lebih bersaudara.” (19 Agustus 2000)

3.Jangan Takut Membagikan Iman Anda

“Ini bukan saatnya untuk malu akan Injil. Inilah saatnya untuk mengkhotbahkannya dari atas atap. Jangan takut untuk keluar dari cara hidup yang nyaman dan rutin untuk menerima tantangan dalam memperkenalkan Kristus di kota metropolitan modern.” (15 Agustus 1993)

4.Potensi Penuh Anda Ditemukan dalam Kristus

“Ketika Anda bertanya-tanya tentang misteri diri Anda, lihatlah Kristus yang memberi Anda makna hidup. Ketika Anda bertanya-tanya apa artinya menjadi orang yang dewasa, lihatlah Kristus yang merupakan kepenuhan kemanusiaan.

Dan ketika Anda bertanya-tanya tentang peran Anda di masa depan dunia dan Amerika Serikat, lihatlah Kristus. Hanya di dalam Kristus Anda akan memenuhi potensi Anda sebagai warga negara Amerika dan sebagai warga masyarakat dunia.” (3 Oktober 1979)

5.Hidup Anda Memiliki Makna

“Petualangan terindah dan menggetarkan yang dapat terjadi pada Anda adalah pertemuan pribadi dengan Yesus, yang merupakan satu-satunya yang memberikan makna sejati bagi hidup kita.” (1 Maret 1979)

Santo Yohanes Paulus II, doakanlah kami! (Sandra/Katolikku.com).***

RELATED NEWS