SMK Tiara Nusa Jawang Manggarai Timur, Lebih dari 1000 Lulusannya Diserap Pasar Kerja

redaksi - Minggu, 04 Februari 2024 15:52
SMK Tiara Nusa Jawang Manggarai Timur, Lebih dari 1000 Lulusannya Diserap Pasar KerjaAfria Mes, S.Pd, Kepala SMK Tiara Nusa Jawang, Manggarai Timur (sumber: Istimewa)

KISOL (Floresku.com) – “SMK Tiara Nusa Jawang relatif masih muda, baru 10 tahun usiannya. Namun,  sudah lebih dari 1000 lulusannya diserap oleh pasar kerja”.

Demikian kata Kepala SMK Tiara Nusa, Afria Mes, S.Pd kepada media ini, usai pertandingan persahabatan sepakbola, antara klub SMK Tiara Nusa dan SMA  Seminari San Pio (Santo Pius XII) di Lapangan Seminari Kisol, Minggu (4/2) siang.

Situs web  smktiaranusaflores.sch.id  menyebutkan SMK Tiara Nusa didirikan pada tahun 2014 oleh Bapak Donatus Nguru, S.Pd.

Awalnya,  Afria  menjelaskan, SMK Tiara Nusa hanya memiliki beberapa program studi yang berfokus pada keahlian Teknik Komputer dan Jaringan dan Administrasi Perkantoran.

Ujian Praktik Food and Beverage Service Kelas XII APH SMK Tiara Nusa (Sumber: smktiaranusaflores.sch.id).

Namun  kemudian  SMK Tiara Nusa memiliki lima Program Studi yakni Tehnik Komputer dan Jaringan, Akuntansi, Administrasi Perkantoran, Perhotelan dan Usaha Perjalanan Wisata.

“Dalam tahun ajaran 2023/2024 ini, SMK Tiara Nusa menambah dua Program Studi baru, yakni Tata Boga dan Animasi ( Multimedia),” ujarnya.
Dengan penambahan dua Program Studi baru ini, maka  SMK Tiara Nusa memiliki 7 (tujuh) Jurusan atau Prodi. 

Mengutip Situs web  smktiaranusaflores.sch.id, penambahan dua Program Studi ini dikeluarkan melalui Surat Keputusan Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur Nomor : 848/6759/PK 2.1/2023 yang berbunyi Sehubungan dengan itu, kami memberikan rekomendasi/izin untuk menambah 2 (dua ) Kompetensi keahlian  yaitu Tata Boga dan Animasi (Multimedia) pada SMK Tiara Nusa Kabupaten Manggarai Timur untuk Tahun Pelajaran 2023/2024.

Menurut Afria, SMK Tiara Nusa memperoleh Akreditasi A dengan Nilai 94 (Unggul) yang diperpanjang secara otomatis hingga 24 oktober 2028.

“Suatu kebanggaan ketika SMK Tiara Nusa memperoleh nilai Akreditasi A (Unggul). Status ini tertera dalam Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (BAN-PDM) Nomor:106/BAN-PDM/SK/2023 tertanggal 24 Oktober 2023,” ujarnya.

Menurut Afria pula, hasil akreditasi dengan nilai A ini adalah suatu pencapain yang luar biasa dan telah melewati berbagai hal yang menjadikan SMK Tiara Nusa sebagai lembaga pendidikan yang sah dan meyakinkan demi masa depan pendidikan anak-anak bangsa kedepannya.

Melakukan kegiatan pelayanan

Afria mengungkapkan, selain menyelenggarakan pendidikan vokasi dengan porsi 30 persen teori dan 70 persen praktik, SMK Tiara Nusa menyelenggarakan beragama kegiatan ekstrakurikuler baik di bidang olahraga, dan kesenian-budaya, dan bidang kerohanian
“Di bidang olahraga cukup banyak anak yang berprestasi. Ada di antara mereka yang menjadi tim sepakbola Kabupaten Manggarai Timur,” ujarnya.

Sementara di bidang kerohanian, Afria menambahkan, SMK Tiara Nusa sering melakukan tugas pelayanan di paroki-paroki.

“Sebelum bertugas melayani di Paroki Santo Yoseph Kisol pagi ini, pada minggu-minggu sebelumnya kami melakukan di paroki-paroki yang lain,” katanya.

Melalui tour ke paroki-paroki di wilayah Kevikepan Borong, SMK Tiara Nusa membuat dirinya semakin dikenal akrab oleh umat Katolik atau warga masyarakat umumnya.

Ketika menyampaikan Kata Sambutan di akhir perayaan Misa di gereja Santo Yoseph Kisol, Afria mengatakan, SMK Tiara Nusa menargetkan tahun ajaran 2024/2025 nanti, SMK Tiara Nusa menargetkan jumlah siswa mencapai 1.200 orang.

“Untuk mendukung target tersebut, kami telah melakukan kerja sama dengan 23 rumah untuk menjadi asrama  para siswa,” ujarnya.

Bagi siswa lulusan SMP, terbuka untuk mendaftarkan  diri di lima program studi yang sudah lama ada, termasuk di dua program studi yang baru dibuka.

“Pelayanan pendaftaran berlangsung dalam agenda PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) Tahun Ajaran 2024/2025 yang dibuka maulai Tanggal 03 Mei 2024 sd 10 Juli 2024 di Kantor SMK Tiara Nusa atau bisa mengunjungi website kami di smktiaranusaflores.sch.id,” pungkas Afria.(MAP). ***
 

RELATED NEWS