Soal Kericuhan di Gedung DPRD Sikka 'Kulababong', Bupati Sikka: 'Itu Hanya Salah Paham'

redaksi - Kamis, 17 Februari 2022 21:39
Soal Kericuhan di Gedung DPRD Sikka 'Kulababong', Bupati Sikka: 'Itu Hanya Salah Paham'Ricug di Kulobabong, Gedung DPRD Sikka, Kamis, 17 Februari 2022 (sumber: Mardat)

MAUMERE (Floresku.com) --Fransiskus Roberto Diogo S.Sos.,M.si Bupati Sikka kepada media Floresku.com, Kamis,  (17/2) sore mengatakan, kericuhan yang terjadi usai sidang DPRD Sikka hari ini adalah hanya kesalapahaman.

Menurutnya, permasalahan yang terjadi bermula ketika sidang DPRD sudah ditutup dan diketuk palu oleh Ketua DPRD Sikka Donatus David.  Namun anggota DPRD Yosef Nong Soni tetap mau berbicara. Padahal sidang sudah ditutup.

Apalagi, dia berkata-kata dengan tidak etis kepada pimpinan DPRD dalam hal ini Ketua DPRD Sikka.

"Mungkin ini hanya kesalapahaman. Tadi setelah sidang ditutup, saudara Soni Anggota DPRD Sikka, dia menyerang, jadi itu 'kan sudah ditutup ya selesai. Dia berkata-kata yang tidak etis kepada pimpinan dalam hal ini Ketua DPRD Kabupaten Sikka. Ya ketua DPRD juga adalah sekretaris DPC PDIP yang mana sya adalah ketuanya. Ini sudah di luar sidang, kata-kata seperti itu tidak pantas dilontarkan oleh seorang Anggota DPRD yang terhormat," ungkap Bupati Sikka.

Dikatakan Bupati Robi Idong, dalam pengamatan dirinya, kata-kata yang tidak sopan dan etis ini sudah dilontarkan berkali-kali saat sidang, dimana saat sidang juga ada pimpinan Forkopimda. Seharusnya tidak mempertontonkan sesuatu yang buruk.

Fransiskus Roberto Diogo S.Sos.,M.si Bupati Sikka (Foto: Mardat)

"Kita mempertontonkan sesuatu yang buruk. Sehingga saya marah. Saya bilang, kok tiap kali kalau sidang,  Anda buat sesuatu yang tidak pantas. Kalau berani ini David juga siap duel sama engko supaya selesai masalah. Ajak duel tadi. Tapi dia (Yosef Nong Soni) tidak berani juga," ungkapnya.

Lanjut Bupati Robi Idong, dirinya memang meminta Anggota DPRR Yosef Nong Soni untuk duel dengan Ketua DPRD Sikka, Donatus David. Dia pun menanyakan kepada Donatus David dan Donatus David mengatakan bahwa dia siap.

"Maksud saya duel antara dia dengan David. Dan,  David ketika saya tanya. dia menyatakan siap. Kenapa tiap kali sidang kok berkata-kata yang tidak pantas. Itu memalukan. Kewibawaan daerah ini juga ada. Kita sidang omong yang baik-baiklah. Kenapa suara yang begitu keras sampai speaker-speaker juga mau pecah habis. Itu tidak ada manfaat. Suara besar itu tidak ada manfaat," ungkapnya.

Dikatakan Bupati Robi Idong, bersuara yang besar tidaklah bermanfaat, yang terpenting adalah isi pembicaraan.

"Isi pembicaraan itu yang diperlukan. Bukan teriak-teriak seperti itu. Kalau dia mau teriak-teriak rasa geram ya berantam saja. Supaya (dia) puas. Kenapa tidak bisa omong baik-baik," ungkapnya.

Ia juga mengatakan, dirinya hanya berbicara seperti itu dan kemudian dirinya keluar. Saat itu sudah di luar sidang.  

Terkait pernyataan anggota DPRD yang menyebut ada kalimat ancaman kepada anggota DPRD, kata Bupati Sikka, saat dirinya ke luar ruangan, ada Anggota DPRD Pilip Fransiskus yang keluar mengejarnya dan seolah menantang dirinya.

"Loh, saya keluar mereka kejar saya, Pilip itu kayak tantang begitu. Saya bilang kenapa mau duel? Loh kita ini urusan David dengan Soni, kenapa mau mereka mau provokasi-provokasi lagi," ungkap Bupati Robi Idong.

Menurutnya, dirinya tidak berurusan dengan pimpinan DPR Us Bapa. Masalah yang dipersoalkannya adalah terkait sikap Anggota DPRD Yosef Nong Soni yang sudah berulang-ulang bersikap tidak etis dengan Ketua DPRD Sikka.

"Saya tidak ada urusan dengan Us Bapa. Dan Sony punya perilaku ini sudah berulang-ulang terhadap Ketua DPRD Sikka. Entah dia dari partai manapun kita harus hormati itu. Ada tata cara dalam persidangan. Ini kesalapahaman dan itu diluar sidang," tegas Bupati Sikka.

Ditanya terkait sikapnya yang begitu merespon etika angota DPRD, Bupati Robi Idong mengatakan, sikap yang ditunjukkan oleh anggota DPRD dihadapan pimpinan Forkopimda adalah tidak pantas dan seperti anak kecil.

"Malulah kita sebagai kepala daerah. Karakter daerah ini juga ditunjukkan bagaimana perilaku kita dalam persidangan. Itu menggambarkan keterwakilan masyarakat Kabupaten Sikka. Kita masyarakat yang beradab bukan tidak beradab," tegasnya. (Mardat). ***

 

RELATED NEWS