Stanislaus Anggur Mencukupi Kebutuhan Keluarga dengan Berjualan Es Air Kelapa Muda

redaksi - Rabu, 20 April 2022 09:58
Stanislaus Anggur Mencukupi Kebutuhan Keluarga dengan Berjualan  Es Air Kelapa MudaStanislaus Anggur, wirausahawan 'Es Air Kelapa Muda' di Labuan Bajo. (sumber: Tedy N)

LABUAN BAJO (Floresku.com) - Stanislaus Anggur atau sering dipanggil Bapak Stanis, berasal dari Dusun Sano, Desa Momol, Kecamatan Ndoso, Kabupaten Manggarai Barat. Ia adalah seorang  wirausahawan yang menjual Es Air Kelapa Muda Asli di kota super premium Labuan Bajo.

Stanis mengakui bahwa dengan menjual Es Air Kelapa Muda itu, ia sanggup mencukupi kebutuhan keluarga, termasuk membiayai kebutuhan pendidikan anak-anak.

Meskipun biaya hidup di kota Labuan Bajo melambung tinggi, tetapi bagi Stanis itu bukan sesuatu yang menghalangi. Justru itu adalah tantangan agar dirinya semakin berinovasi,  memunculkan ide-ide baru untuk  mencukupi kebutuhan hidup keluarga.

Stanis adalah seorang ayah dengan dengan lima anak. Ia  sudah menjalani usaha berjualan Es Air Kelapa Muda selama 22 tahun, terhitung  sejak tahun 2000. 

Selama18 tahun ia menjalani usaha tersebut Sulawesi Selatan. Baru empat tahun terakhir ia menjalaninya di Labuan Bajo.

Baginya, Es Air Kelapa Muda adalah produk yang selalu dibutuhkan oleh siapapun. Apalagi saat siang hari, suhu udara Labuan Bajo sangat panas.  

Hal ini terbukti, ketika Stanis menjajaki beberapa tempat yang cukup ramai di Labuan Bajo, salah satunya di Kantor Pencatatan Sipil Manggarai Barat, Es Air Kelapa Muda miliknya sangat banyak diminati.

Di sisi lain, orang-orang itu meminati jualan  Stanis karena Es Air Kelapa Muda itu sangat enak dan segar.

Stanis menjual produknya dengan menggunakan sepeda motor dengan peralatan yang cukup sederhana. Wadah tempat menyimpan Es Air Kelapa Muda juga seadannya saja, terbuat dari kayu.

Stanis ingin sekali menggantikan tempat jualan itu dengan box yang agak modern agar lebih nyaman dan kelihatan lebih cantik dan menarik dipandang mata. 

Pasalnya para konsumen cenderung melihat cover sebelum membeli. Namun, hingga saat ini ia belum mampu untuk membeli box yang modern itu. 

Stanis berharap suatu saat nanti ia dapat membeli box yang modern agar produknya semakin laris. (Tedy N.) ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS