Ungguli Empat Pesaingnya, Maria M. Tijung Terpilih Menjadi Ketua OSIS SMPN 6 Poco Ranaka

redaksi - Rabu, 16 November 2022 13:26
Ungguli Empat Pesaingnya, Maria M. Tijung Terpilih Menjadi Ketua OSIS SMPN 6 Poco RanakaPemilihan Ketua OSIS Periode 2022/2023 SMPN 6 Poco Ranaka (sumber: Yosef Yuvendi)

RUTENG (Floresku.com) - Maria M. Tijung seorang siswa kelas VIII SMPN 6 Poco Ranaka akhirnya terpilih sebagai ketua OSIS sekolah tersebut usai unggul atas empat pesaing lainnya dalam ajang pesta demokrasi pemilihan ketua OSIS periode 2022/2023, pada Senin 14 November 2022.

Informasi yang diterima media ini menyebutkan bahwa Ayu, demikian ia disapa, unggul dengan perolehan suara sah sebanyak 205 suara dan mengalahkan para pesaingnya, yakni: Lusia D. M. Syukur dengan peroleh suara sah sebanyak 24 suara, Elisabet Naila dengan suara sah sebanyak 37 suara, Serena M. Penhur dengan suara sah sebanyak 59 suara dan Revelina Jehel dengan suara sah sebanyak 9 suara.

Mikael Hibur selaku Pembina OSIS menerangkan bahwa sejauh ini, seluruh tahapan pesta demokrasi dalam satuan pendidikan SMPN 6 Poco Ranaka sudah berjalan sesuai rencana, mulai dari penjaringan calon, pendaftaran, penetapan calon, penarikan nomor calon, pemaparan visi dan misi hingga pada proses pemilihan ketua OSIS

"Seluruh proses yang ada sudah kita lakukan hingga pada hari pemilihan. Dan syukur bahwa semuanya berjalan dengan lancar dan aman," ujarnya.

Diakuinya lebih lanjut bahwa melalui kegiatan ini, siswa-siswi diajarkan tentang bagaimana berdemokrasi yang sehat itu dijalankan dengan semua proses yang ada, sehingga pada saatnya nanti mereka tidak merasa asing lagi dengan yang namanya pesta demokrasi dalam artian dan cakupan yang lebih luas lagi.

"Ini bekal yang bagus buat peserta didik kedepannya," cetusnya.

Sementara itu, Ferdinandus Jemarus selaku Kepala SMPN 6 Poco Ranaka mengungkapkan harapannya agar peserta didik yang terpilih dalam kepengurusan OSIS kali ini bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

"Saya yakin dan berharap bahwa mereka yang terpilih melalui proses pemilihan yang sehat ini bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan penuh tanggung jawab," ungkap Kasek Feedinandus.

Lebih lanjut Kasek Ferninandus menegaskan, kegiatan ini sejatinya menjadi kegiatan rutin yang akan dilaksanakan pada tahun-tahun berikutnya, sehingga sedikit demi sedikit, peserta didik bisa belajar sistem demokrasi di Indonesia.

"Kegiatan pemilihan ketua OSIS ini juga sebagai aksi nyata dari Implementasi kurikulum merdeka. Selain itu, kegiatan ini merupakan penerapan pembelajaran demokrasi bagi peserta didik dengan tema suara demokrasi sembari memberikan pengalaman nyata bagi peserta didik terkait sistem demokrasi di Indonesia," ujar Kasek Ferdinandus.

"Hal ini juga penting untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang demokrasi dan menjadi wadah untuk mengasah kemampuan kepemimpinan bagi peserta didik," sambungnya.

Pada tempat yang sama, Maria M. Tijung sebagai Ketua Osis terpilih mengaku bangga dengan hasil yang ada dan berjanji untuk menjalankan amanat yang ada dengan baik.

"Saya bangga atas hasil yang pemilihan hari ini. Saya berjanji untuk menjalankan amanat ini dengan baik, tentu dalam kerja sama dengan teman-teman yang ada di sekolah ini," cetusnya.

Untuk diketahui, pemilihan OSIS diikuti oleh seluruh warga SMPN 6 Poco Ranaka, yakni peserta didik, Kepala Sekolah, Dewan Guru, dan Pegawai. Selain itu dicatat bahwa seluruh kepanitaan dalam proses pemilihan ketua OSIS ini diambil alih oleh pengurus OSIS SMPN 6 Poco Ranaka periode 2021/2022 di bawah pimpinan Yuliani Tesa Mema, didampingi oleh Kepala Urusan (Kaur) Kesiswaan Bapak Mikael Hibur dan Bapak Ferdinandus Ekson sebagai pendamping OSIS. Para pemilih antusias dalam mengikuti pemilihan ketua OSIS yang berlangsung selama satu hari tersebut.

Hasil pemilihan ketua OSIS selanjutnnya akan bertugas selama satu tahun yakni November 202 s/d Oktober 2023. Setelah proses pemilihan ketua OSIS, bersama Pembina OSIS yakni Bapak Mikael Hibur akan melengkapi struktur OSIS dengan memperhatikan kemampuan yang dimiliki oleh para siswa dalam suatu jabatan yang akan diemban. (Jivansi/Yosef Yuvendi). ***

RELATED NEWS