Wapres Ma'ruf Amin Optimistis, Indonesia Bisa Atasi Ketidakpastian Global

redaksi - Rabu, 24 Agustus 2022 18:57
Wapres Ma'ruf Amin Optimistis, Indonesia Bisa Atasi Ketidakpastian Global Wapres) Ma'ruf Amin (sumber: Infopublik.id)

JAKARTA (Floresku.com) - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin optimistis, Indonesia bisa menghadapi ketidakpastian global yang diyakini akan melanda dunia dalam beberapa waktu mendatang. 

Keyakinan tersebut karena Indonesia telah berhasil mengatasi krisis wabah global COVID-19 yang terjadi sejak dua tahun belakangan. Serangan COVID berdampak pada berbagai sendi kehidupan, dari mulai politik hingga perekonomian menjadi terdampak. 

"Kita memiliki pengalaman melewati salah satu krisis ekonomi terparah dalam sejarah dunia modern. Namun justru dari krisis tersebut kita mengalami transisi politik dan pemulihan ekonomi," kata Wapres Maruf Amin melalui siaran virtual pada Rabu (24/8). 

Keberhasilan itu pun, lanjut Wapres, membuahkan hasil Indonesia menjadi negara yang diperhitungkan dunia dalam hal penanganan krisis. 

Inovasi dan adaptasi dikatakan Wapres menjadi cara ampuh Indonesia menghadapi krisis. Hal tersebutlan yang menjadikan dampak dari krisis dapat diantisipasi dalam waktu yang relatif cepat. 

"Mereka yang berhasil adalah yang inovatif adaptif dan dengan berbagai model," kata Wapres. 

Wapres menambahkan, belum ada teori keilmuan secara akademis yang mampu mengantisipasi dampak dari ketidakpastian global secara efektif.  

Alhasil, pelambatan perekonomian global makin dipengaruhi oleh ketidakpastian global yang menghadang. 

"Tidak ada rumus baku untuk mengurai ragam persoalan bisnis sekaligus bahkan model perencanaan," tutur Wapres. 

RELATED NEWS