Antusias Warga Ramaikan HUT Paguyuban Nagekeo Batam Kelima

Sabtu, 02 September 2023 19:17 WIB

Penulis:redaksi

Editor:redaksi

Pentas.jfif
Pentas Etu pada perayaan HUT ke 5 di lapangan Tunas Regensi, Sagulung, Bata, Sabtu (02/9) (Rofin)

BATAM (Floresku.com) --Paguyuban Nagekeo Batam melangsungksn perayaan HUT kelima di Lapangan Tunas Regensi, Sagulung, Batam. Sabtu, 03 September 2023. 

Acara pembukaan diawali dengan pentas Etu dan Dero. Warga diaspora sangat antusias untuk hadir dalam acara tersebut.

Ketua Paguyuban Nagekeo Batam, Hilarius Ndona, kepada media ini mengatakan bahwa antusias warga yang hadir sangat luar biasa.

Ketua Paguyuban Nagekeo Batam, Hilarius Ndona (Foto: Rofin)

"Selamat ulang tahun Nagekeo Batam, Semoga tetap menjadi paguyuban yang bisa menjadi tempat berkumpul semua orang Nagekeo di Batam. Antusias warga diaspora Nagekeo di Batam sangat luar biasa. Mereka datang dari semua daerah yang masuk wilayah administrasi Kota Batam. Tidak hanya untuk menyaksikan Etu dan tarian Dero, ini juga jadi momen pertemuan antara semua keluarga Nagekeo di Batam", ungkap Hilarius.

Menurut Aris, sapaan akrab beliau, paguyuban ini sebenarnya sudah terbentuk sejak adanya pemekaran Kabupaten Nagekeo. Artinya usia paguyuban ini sudah lebih dari 5 tahun. 

Peserta Dero (Foto: Rofin)

Paguyuban ini juga membawahi beberapa komunitas dari berbagai daerah di Nagekeo

"Paguyuban Nagekeo sendiri sudah ada ketika Nagekeo mekar. Pembentukanya terjadi pada tahun 2008 di rumah Dokter Leo, Batam Center'. Paguyuban ini juga menjadi rumah besar bagi 15 komunitas dari berbagai daerah di Nagekeo", lanjut Aris.

Ketua Paguyuban Nagekeo dan segenap pengurus juga berharap agar semua diaspora Nagekeo Batam untuk bisa terlibat dalam setiap kegiatan.

'Semua persoalan orang Nagekeo di Batam itu juga jadi urusan paguyuban. Jadi saya minta tolong kepada semua orang Nagekeo di Batam untuk terlibat dan aktif dalam paguyuban ini.

Vincent, tokoh muda Rendu (Foto: Rofin)

Pada kesempatan yang sama, Vincent, tokoh muda Nagekeo asal Rendu, yang juga jadi juri dalam perlombaan pentas tari dero dan etu, juga mengungkapkan hal yang sama. Ia sangat antusias terlibat dalam paguyuban ini. 

Menurutnya, melibatkan diri dalam setiap kegiatan paguyuban akan mempererat tali persaudaraan. Selain itu, adanya paguyuban ini bisa memperkenalkan budaya orang Nagekeo di tanah rantau.

'Paguyuban ini menjadi rumah untuk kita orang Nagekeo di tanah Melayu, Batam. 

Selain kita bisa berkumpul bersama, kita juga bisa memperkenalkan budaya kita. Selamat ulang tahun Nagekeo Batam, semoga tetap menjadi rumah besar yang bermanfaat bagi diaspora Nagekeo di Batam, ungkap Vinsen.

Setelah berita ini diturunkan, acara masih berlangsung. Kabarnya Walikota Batam, Muhammad Rudi akan hadir. (Rofin). ***